Viral Warga Makassar Gotong Royong Angkat Rumah untuk Pindahan, Alasannya Tak Terduga

Meski kewalahan, warga tetap semangat memindahkan rumah dengan digotong.

oleh Dyah Mulyaningtyas diperbarui 02 Mar 2023, 13:33 WIB
Diterbitkan 02 Mar 2023, 13:33 WIB
Viral Warga Makassar Gotong Royong Angkat Rumah untuk Pindahan, Alasannya Tak Terduga
Viral Warga Makassar Gotong Royong Angkat Rumah untuk Pindahan, Alasannya Tak Terduga (Sumber: TikTok/@_agushulu_)

Liputan6.com, Jakarta Mendengar kata pindahan rumah, tentu yang ada di benak adalah pindah ke rumah baru dan meninggalkan kediaman lama. Seseorang pun akan memindahkan semua barang-barang perabotan dan dibawa dengan truk ke rumah baru. Namun baru-baru ini viral di media sosial puluhan warga tampak gotong royong untuk memindahkan rumah.

Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @_agushulu_ belum lama ini memperlihatkan proses pindah rumah. Bukan membongkar bangunan rumah satu per satu, mereka tampak mengangkat rumah tersebut secara gotong royong untuk memindahkannya.

Rupanya tradisi mengangkat rumah itu dinamakan kale balla. Diketahui, tradisi turun temurun di Sulawesi Selatan itu dilakukan dengan memindahkan rumah secara beramai-ramai oleh masyarakat.

Dalam keterangan video rumah tersebut dipindahkan dari Wajo-Makassar. Berikut kisah selengkapnya dilansir Liputan6.com dari TikTok @_agushulu_, Kamis (2/3/2023).


Alasannya Tak Terduga

Viral Warga Makassar Gotong Royong Angkat Rumah untuk Pindahan, Alasannya Tak Terduga
Viral Warga Makassar Gotong Royong Angkat Rumah untuk Pindahan, Alasannya Tak Terduga (Sumber: TikTok/@_agushulu_)

Uniknya, proses pindah rumah tersebut dengan mengangkat rumah. Terlihat rumah kayu warna kuning yang diangkat oleh warga untuk berpindah rumah. Proses pindah rumah tersebut tampak tak mudah.

Dilakukan gotong royong, terlihat puluhan warga ikut menggotong rumah tersebut. Beberapa kali warga yang menggotong rumah ini berhenti untuk istirahat sebelum meneruskan kembali.

Uniknya caption yang tertulis dalam video menyebut alasan kenapa rumah tersebut dipindahkan. Keterangan dalam video bahwa pindah rumah hanya karena t idak mau satu kampung dengan Syarifa.

"Terpaksa pindah rumah dari Wajo-Makassar alasan tidak mau lagi satu kampung sama Syarifa," tulis keterangan dalam video itu.

Syarifa adalah wanita asal Wajo, Sulawesi Selatan, yang belum lama ini ramai dibicarakan di media sosial karena menolak lamaran seorang pria India. Pria bernama Asib Ali ditolak keluarga karena sang anak sudah dijodohkan.


Viral dan Menuai Komentar Warganet

Namun, belum diketahui secara pasti pindahan rumah yang dibagikan akun TikTok @ _agushulu_ benar karena tidak mau satu kampung dengan Syarifa atau adanya alasan lain. Video yang memperlihatkan warga mengangkat rumah panggung itu lantas viral di media sosial. Lebih dari 6 juta pengguna sudah menonton video tersebut dan mendapat banyak komentar.

"difinisi sesungguhnya pindah rumah" komentar salah satu warganet.

"Buset baru tau kalo rumah bisa di bopong" komentar salah satu warganet.

"inget dulu klw ada yg pindah rumah,kita ngikut2 angkat😂salam bugiss" komentar salah satu warganet.

"kekompakkan masyarakatnya, luar biasa..." komentar salah satu warganet.

"dulu ibu nya nenek gw juga pernah pindah rumah tapi cmn di geser ke samping dikit" komentar salah satu warganet.

"rumahnya pingin jalan2😂" komentar salah satu warganet.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya