Rezeki Doa Pagi Hari, Simak 5 Bacaan Doanya

Rezeki doa pagi hari adalah amalan pembuka pintu rezeki dan melancarkannya.

oleh Laudia Tysara diperbarui 09 Mar 2023, 17:20 WIB
Diterbitkan 09 Mar 2023, 17:20 WIB
Ilustrasi berdoa, doa
Ilustrasi berdoa, doa. (Photo by Alena Darmel/Pexels.com)

Liputan6.com, Jakarta - Rezeki doa pagi hari tidak perlu diragukan lagi kelimpahan dan keberkahannya yang akan didapatkan. Ini amalan pembuka pintu rezeki dan melancarkannya. Tidak hanya berupa harta atau kekayaan, rezeki doa pagi hari juga perihal kemudahan yang setiap hari dirasakan.

Diriwayatkan oleh Imam Muslim, dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Tiap-tiap sendi badan manusia harus bersedekah setiap hari yang matahari terbit. Memperbaiki perselisihan antara dua orang adalah sedekah, membantu seseorang yang menunggang binatang atau memikul beban kepadanya adalah sedekah, dan kalimat yang baik adalah sedekah. Dan setiap langkah yang dijalankan ke arah masjid untuk shalat fardhu adalah sedekah". (HR. Muslim)

Misalnya saja, kesehatan, merasakan kenyang setelah makan, kasih sayang dari keluarga dan orang yang dicintai, serta kesuksesan. Itu artinya, rezeki doa pagi hari pasti mendatangkan keberkahan dalam segala hal, baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang rezeki doa pagi hari dan bacaan doanya, Kamis (9/3/2023).


Melancarkan dan Membuka Pintu Rezeki

Perubahan Struktural Perekonomian hingga Tingginya Kemiskinan
Ilustrasi rezeki. Credit: pexels.com/Alexander

Rezeki doa pagi hari adalah pasti dilancarkan dan dibukakan jalan sebanyak-banyaknya untuk mendapatkannya. Hasil dari rezeki doa pagi hari adalah bisa membuka pintu rezeki dan memperlancar rezeki yang diberikan oleh Allah SWT.

Adanya rezeki bukan hanya berupa harta dan kemuliaan saja, namun juga perihal kemudahan yang setiap hari dirasakan. Misalnya saja, kesehatan, merasakan kenyang setelah makan, kasih sayang dari keluarga dan orang yang dicintai, atau bisa juga dengan mendapatkan senyuman dari teman sekolah atau teman kerja. Itu semua merupakan beberapa rezeki yang bisa dirasakan.

Allah SWT berfirman:

"Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)." (QS. Hud: 6)

Mengawali hari dengan doa pagi yang tulus dan ikhlas adalah cara untuk membuka pintu rezeki yang lebih luas. Dalam rezeki doa pagi, manusia memohon pada Allah SWT agar memberikan kelancaran dalam segala urusan, termasuk dalam hal rezeki.

Dalam buku berjudul 20 Amalan Rezeki dalam Berbisnis oleh Yunus Mansur, dikisahkan bahwa Rasulullah SAW hanya mengirim pasukan untuk berperang pada pagi hari. Hal ini membuat perang menjadi penuh keberkahan dan kemenangan karena pasukan tetap memiliki semangat tinggi dalam membela agama Islam.

Amalan rezki doa pagi juga mengajarkan manusia untuk mengandalkan dan bergantung sepenuhnya pada Allah SWT sebagai sumber dari segala rezeki. Memohon kekuatan dan kemampuan untuk berusaha dan berikhtiar dalam mencari rezeki. Namun demikian, manusia diingatkan bahwa segala rezeki yang diperoleh berasal dari Allah SWT, bukan semata-mata dari usaha dan kerja keras manusia.

“Ya Allah berkahilah untuk umatku waktu pagi mereka.” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i, Ibnu Majah)

Dalam Islam, rezeki doa pagi yang diberikan oleh Allah SWT juga berupa keberkahan dalam segala hal, baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat. Ini mengapa banyak sumber menyebut, rezeki doa pagi menjadi sarana untuk memperoleh keberkahan dan kebahagiaan yang abadi di dunia dan akhirat.


Doa Pembuka Pintu Rezeki

Doa Setelah Salat Hajat
Ilustrasi Berdoa Credit: freepik.com

Berikut adalah kumpulan bacaan doa pembuka pintu rezeki yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Doa Memohon Keberkahan Rezeki

 

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma inii as'aluka antarzuqnii rizqan halaalan waasi'an thayyiban min ghairi ta'abin walaa musyaqqotin walaa dhairin walaa nashabin innaka'alaa kulli syai'in qadiir.

Artinya:

"Ya Allah, aku minta kepada-Mu akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik tanpa repot dan kemelaratan dan tanpa keberatan dan sesungguhnya Engkau maha atas segala sesuatu."

 

2. Doa Dihindarkan dari Kemalasan

Imam an-Nawawi dalam kitabnya Al Adzkar (Kitab Induk Doa dan Zikir) ini bacaan doa di pagi hari memohon dihindarkan dari sifat malas melakukan sesuatu di pagi hari dan sampai petang.

 

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

Ashbahnā wa ashbahal mulku lillāhi wal hamdu lillāhi, lā ilāha illallāhu wahdahū lā syarīka lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'alā kulli syai'in qadīr. Rabbi, as'aluka khaira mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba'dahā, wa a'ūdzu bika min syarri mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba'dahā. Rabbi, a'ūdzu bika minal kasli wa sū'il kibari. A'ūdzu bika min 'adzābin fin nāri wa 'adzābin dil qabri.

Artinya:

"Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur."

 

 

3. Doa Memohon Rida Allah

Bacaan doa ini berasal dari kitab Al-Adzkar Nawawi karya Imam Nawawi yang bunyinya:

 

وَعَنْهُ ، عَنِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، أَنَّهُ كَانَ يَقُوْلُ إِذَا أَصْبَحَ : (( اللَّهُمَّ بِكَ أصْبَحْنَا ، وَبِكَ أمْسَيْنَا ، وَبِكَ نَحْيَا ، وَبِكَ نَمُوتُ ، وَإلَيْكَ النُّشُورُ )) . وَإِذَا أَمْسَى قَالَ : (( اللَّهُمَّ بِكَ أمْسَيْنَا ، وبِكَ نَحْيَا ، وَبِكَ نَمُوتُ . وَإلْيَكَ النُّشُورُ )) . رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِي ، وَقَالَ : (( حَدِيْثٌ حَسَنٌ))

Artinya:

"Dari Abu Hurairah ra, dari Nabi saw beliau berkata ketika pagi hari mengucapkan, ‘Allahumma Bika Asbahna, Wa Bika Amsayna Wabika Nahya Wabika Namuutu Wailaikannusyuur’ (Ya Allah, Berkat-Mu kami bisa menikmati pagi hari, karena berkah-Mu kami bisa berada di sore hari, karena-Mu pula kami bisa hidup, dan dengan-Mu kelak kami wafat. Hanya kepada-Mu kelak kami akan kembali)."

 

4. Doa Pembuka Pintu Rezeki

Ini doa pagi hari untuk memohon berkah dan perlindungan agar mudah dibukakan pintu rezeki:

 

اللَّهُمَّ بِكَ أصْبَحْنَا ، وَبِكَ أمْسَيْنَا ، وَبِكَ نَحْيَا ، وَبِكَ نَمُوتُ ، وَإلَيْكَ النُّشُورُ

Allahumma Bika Asbahna, Wa Bika Amsayna Wabika Nahya Wabika Namuutu Wailaikannusyuur

Artinya: Ya Allah, Berkat-Mu kami bisa menikmati pagi hari, karena berkah-Mu kami bisa berada di sore hari, karena-Mu pula kami bisa hidup, dan dengan-Mu kelak kami wafat. Hanya kepada-Mu kelak kami akan kembali

 

Doa ini berasal dari kitab Al-Adzkar Nawawi karya Imam Nawawi yang bunyinya sebagai berikut:

Artinya:

“Dari Abu Hurairah ra, dari Nabi saw beliau berkata ketika pagi hari mengucapkan, ‘Allahumma Bika Asbahna, Wa Bika Amsayna Wabika Nahya Wabika Namuutu Wailaikannusyuur’ (Ya Allah, Berkat-Mu kami bisa menikmati pagi hari, karena berkah-Mu kami bisa berada di sore hari, karena-Mu pula kami bisa hidup, dan dengan-Mu kelak kami wafat. Hanya kepada-Mu kelak kami akan kembali).”

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya