7 Keutamaan Membaca Bismillah, dari Membuka Rezeki Hingga Menghapus Dosa

Keutamaan membaca bismillah dijelaskan dalam beberapa hadis.

oleh Husnul Abdi diperbarui 20 Apr 2023, 20:00 WIB
Diterbitkan 20 Apr 2023, 20:00 WIB
lafal Bismillah
lafal Bismillah (sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Keutamaan membaca bismillah sangatlah besar untuk umat Islam, sehingga dianjurkan untuk dibaca setiap akan melakukan suatu kegiatan. Membaca bismillah dapat membuat kegiatan yang akan kamu lakukan jadi berjalan lancar.

Bacaan Basmalah ini dilafalkan setiap harinya oleh seluruh umat Islam, di antaranya pada saat salat, saat membaca Al-Quran, serta saat akan memulai suatu kegiatan. Bacaan ini menjadi bagian dari zikir umat Islam kepada Allah SWT.

Keutamaan membaca bismillah dijelaskan dalam beberapa hadis. Hal ini tentunya akan membawa kebaikan dan keberkahan kepada kegiatan atau aktivitas yang kamu lakukan. Oleh karena itu, dengan mengetahui keutamaan membaca bismillah, seorang muslim hendaknya dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/4/2023) tentang keutamaan membaca bismillah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Pembatas dengan Setan

Ilustrasi Islami, muslim, berdoa
Ilustrasi Islami, muslim, berdoa. (Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay)

Keutamaan membaca bismillah yang pertama yaitu dapat membuat pembatas antara manusia dan setan. Dengan mengawali segala hal dengan Bismillahirrahmanirrahim, setan tidak dapat mengganggu aktivitas yang dilakukan.

Dengan begitu, umat Muslim akan terhindar dari perlilaku buruk dan menyimpang dari agama. Bahkan sebuah hadis menyebutkan bahwa:

“Apabila seorang hamba membaca kalimat bismillah, niscaya setan hancur sebagaimana hancurnya timah di atas api.” (HR.Muslim)

2. Pembuka Rezeki

Kalimat Bismillahirrahmanirrahim akan membuat segala tujuan bisa lancar dilakukan dan mendapatkan keberkahan di setiap langkahnya. Jadi, keutamaan membaca bismillah berikutnya yaitu sebagai pembuka rezeki.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “ Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanir rahiim’, amalan tersebut terputus berkahnya.” (HR. Al-Khatib).

3. Mencegah Musibah

Keutamaan membaca bismillah selanjutnya adalah mencegah musibah atau petaka. Dari Ali bin Abi Thalib, Rasulullah SAW pernah bersabda, “Wahai Ali maukah aku (Muhammad) ajarkan kepadamu kalimat menghadapi petaka?’ Ali kemudian mengiyakan. Rasulullah kembali melanjutkan sabdanya, “Jika menghadapi petaka maka ucapkanlah: bismillahirrahmanirrahim wa la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil adhim. Niscaya dengan kalimat itu, Allah akan menghilangkan petaka apapun yang Dia kehendaki.” (Imam Nawawi)

Dengan selalu membaca Bismillahirrahmanirrahim, seorang Muslim akan senantiasa mendapat perlindungan dari Allah.


4. Melindungi saat Tidur

Melindungi saat Tidur
Melindungi saat Tidur (Foto oleh Kampus Production: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-dengan-t-shirt-hitam-berbaring-di-tempat-tidur-7556587/)

Melansir Dream, salah satu keutamaan membaca Bismillah, sebagaimana disampaikan Imam Muhammad Nawawi Al-Jawi yang menukil dari Imam Ahmad As-Showi dalam kitabnya “ Kasyifatussaja” yaitu sebagai berikut:

“Di antara keistimewaan yang dimiliki basmalah, ketika seseorang membacanya sebanyak 21 kali sebelum tidur, maka pada malam itu ia akan terselamatkan dari gangguan setan, dari kemalingan, dari mati mendadak, dan bencana yang lainnya.”

5. Menghapuskan Dosa-Dosa Kecil

Keutamaan membaca bismillah berikutnya yaitu sebagai penghapus dosa. Membaca bismillah dapat menghapus semua dosa-dosa kecil yang telah dibuat oleh seorang muslim. Hal ini tercantum dalam sebuah hadis, yang artinya:

“Barangsiapa yang membaca kalimat bismillah, maka tak tersisa sedikitpun dari dosa-dosa yang kecil.” (HR. Muttafaqun Alaih)

6. Diselamatkan dari 19 Malaikat Penjaga Neraka

Keutamaan membaca bismillah juga berkaitan dengan kehidupan di akhirat nanti. Hadis selanjutnya, sabda Nabi Muhammad SAW:

"Siapa yang ingin supaya Allah selamatkan dia dari 19 malaikat penjaga neraka maka hendaklah membaca bismillahirrahmanirrahim niscaya Allah buatkan untuknya yang membaca dari setiap satu huruf itu dengan sebuah surga."

7. Dilimpahkan Keberkahan oleh Allah SWT

Keutamaan membaca Bismillah banyak diriwayatkan di antaranya sabda Nabi Muhammad SAW berikut:

Ketika ayat Bismillahirahmanirrahim diturunkan, awan-awan lari ke timur, angin tidak bergerak namun laut bergelombang, binatang-binatang dengan penuh perhatian mendengarkan apa yang terjadi, setan-setan dirajam atau dilempari panah api dari langit dan Allah bersumpah demi kemulian-Nya dan kebesaran-Nya bahwa menyebut nama-Nya atas sesuatu niscaya Allah limpahkan berkah pada sesuatu itu (HR Ibnu Marwah).


Bismillah Tulisan Arab dan Artinya

Arti Bismillah
Arti Bismillah (sumber: pixabay)

Setelah memahami keutamaan membaca bismillah, kamu tentu wajib memahami arti dan maknanya. Berikut bacaan bismillah dan artinya:

Bacaan bismillah Arab:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Arti bismillahirrahmanirrahim adalah:

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"

Setiap muslim dianjurkan untuk membaca Bismilah setiap akan memulai aktivitas atau kegiatan. Arti Bismillah secara umum adalah untuk meniatkan segala sesuatu yang dilakukan atas nama Allah. Bismilah juga bisa berarti memohon restu atau kelancaran pada Allah.

Bismillahirrahmanirrahim merupakan lafal yang ada di semua surat Al-Quran, kecuali surat At-Taubah. Ada 144 lafal Bismillahirrahmanirrahim yang disebutkan di Al-Quran.


Makna Bismillahirrahmanirrahim Menurut Para Ulama

Ilustrasi Islam, muslim
Ilustrasi Islami, muslim. (Photo by Paras Upadhyay on Pexels)

Para ulama menafsirkan lafal Bismillahirrahmanirrahim menjadi empat hal penting, meliputi:

- Awalan Bi, memiliki makna kekuasaan dan pertolongan. Orang yang melafalkan bismilah sebelum memulai seusatu meniatkan perbuatannya atas dasar kekuasaan dan pertolongan Allah.

- Bismillahirrahmanirrahim erat kaitannya dengan kalimat tauhid yaitu “la ilaha illa Allah”. Kalimat tauhid merupakan kalimat mulia yang membesarkan Allah. Dengan mengucapkan bismillah, seseorang senantiasa mengagungkan Allah di tiap tindakannya.

- Bismillahirrahmanirrahim diucapkan sebagai bentuk pengakuan bahwa Allah merupakan sang penguasa alam semesta yang agung.

- Bismillahirrahmanirrahim mengandung dua sifat Allah yaitu ar-rahman dan ar-rahim. Ar-rahman berarti Allah Maha Pengasih, dan Ar-rahim berarti Allah maha penyayang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya