6 Doa Agar Ganteng Seperti Nabi Yusuf, Wajah Berseri-seri

Doa agar ganteng seperti Nabi Yusuf ini dinukilkan dari Al-Qur’an dan hadis sahih.

oleh Laudia Tysara diperbarui 15 Jun 2023, 11:43 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2023, 17:00 WIB
Muslim Afghanistan Berburu Berkah Lailatul Qadar
Umat muslim Afghanistan membaca Alquran di sebuah masjid di Kabul, Rabu (6/6). Selama sepuluh hari terakhir Ramadan, umat muslim melakukan itikaf dengan melakukan dzikir, berdoa, dan salat sunnat untuk menantikan malam Lailatul Qadar. (AP/Rahmat Gul)

Liputan6.com, Jakarta - Seorang muslim yang ingin memiliki wajah ganteng atau tampan, dianjurkan untuk membaca doa. Seperti membaca doa agar ganteng seperti Nabi Yusuf yang dinukilkan dari Al-Qur’an dan hadis sahih.

Ada enam doa agar ganteng seperti Nabi Yusuf yang dihimpun dari buku berjudul Kitab Doa Terampuh Para Nabi yang dikompilasi oleh Siti Nur Aidah dan Tim Penerbit KBM Indonesia, Kisah Para Nabi oleh Ibnu Katsir, Kitab Doa Mustajab Terlengkap: Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya oleh Ustadz H. Amrin Ali Al-Kasyaf, serta Takdir dan Mukjizat Manusia Tertampan Yusuf Alaihi Salam.

Menurut penjelasan dalam buku-buku tersebut, membaca doa agar ganteng seperti Nabi Yusuf ini dengan penuh keyakinan dan tekad yang kuat akan menghasilkan pengaruh yang luar biasa. Setelah membacanya, disarankan pula untuk meniupkan napas ke kedua telapak tangan dan mengusapkannya pada wajah.

Tindakan tersebut diyakini sebagai proses pengaliran energi spiritual, menghasilkan aura positif yang memancar dari wajah bagi pembaca doanya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang doa agar ganteng seperti Nabi Yusuf yang dimaksudkan, Jumat (19/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Membuka Aura

Satu Juta Jemaah Dapat Beribadah Haji Tahun Ini
Umat Muslim berdoa selama bulan puasa Ramadhan di sekitar Ka'bah, tempat suci umat Islam, di kompleks Masjidil Haram di kota Saudi Mekah (9/4/2022). Pengumuman tersebut diterbitkan melalui surat Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi. (AFP/Abdel Ghani Bashir)

Dalam buku berjudul Kitab Doa Terampuh Para Nabi yang dikompilasi oleh Siti Nur Aidah dan Tim Penerbit KBM Indonesia, terdapat sebuah doa agar ganteng untuk membuka aura agar mendapatkan kasih sayang. Doa ini terinspirasi oleh kisah Nabi Yusuf.

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي

Allahumma 'alnii nuuru yusufa ala wajhii fa man ro aanii yuhibbunii mahabbatan

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah Nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta memiliki cinta kasih kepada ku."

2. Ketika Bercermin

Dalam buku berjudul Kisah Para Nabi oleh Ibnu Katsir, terdapat sebuah hadis yang mengisahkan peristiwa Isra Mi'raj. Dalam hadits tersebut, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa saat beliau Isra Miraj melewati Nabi Yusuf, beliau melihat bahwa Nabi Yusuf diberikan separuh dari semua ketampanan yang ada.

Ini doa Nabi Yusuf ketika bercermin:

اَلَّلهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

Allahumma kamaa hassanta khalqii fa hassin khuluqi.

Artinya: "Ya Allah, sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku."

3. Dibaca di Pagi Hari

Dalam buku berjudul Kitab Doa Mustajab Terlengkap: Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya oleh Ustadz H. Amrin Ali Al-Kasyaf, dijelaskan doa agar ganteng ini baiknya dibaca di pagi hari sebelum matahari terbit, berbunyi:

اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ، كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنْ خَطَايَايَ، كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. اللَّهُمَّ مِنْ خَطَايَايَ بِالثَّلْجِ، وَالْمَاءِ، وَالْبَرَدِ

Allahumma baa'id baini wa baina khathaayaaya, kama ba'adta bainal masyriqi wal maghrib. Allahumma naqqini min khathaayaaya, kama yunaqqats tsaubul abyadhu minad danasi. Allahumma min khathaayaaya bits tsalji, wal maa-i, wal baradi.

Artinya: "Ya Allah, jauhkanlah antara diriku dan kesalahan-kesalahanku, sebagaimana telah engkau jauhkan antara arah timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah diriku dari dosa-dosa, sebagaimana pakaian putih yang terbebas dari kotoran. Ya Allah, cucilah diriku dari dosa-dosa dengan e, air, dan embun pagi."

Doa agar ganteng tersebut akan membuat wajah seorang pria menjadi lebih bercahaya atau cerah. Dianjurkan pula untuk membaca doa ini dengan dengan membaca istighfar sebanyak 3 kali sebagai pelengkapnya.


4. Mencerahkan Wajah

Aktivitas Muslim Kashmir di Bulan Suci Ramadan
Muslim Kashmir sedang berdoa selama bulan ramadan di sebuah tempat suci di Srinagar, Kashmir yang dikuasai India, 7 Mei 2019. Saat ini umat Islam di seluruh dunia sedang menjalankan ibadah di bulan Ramadan dengan menahan lapar, haus, dan hawa nafsu mulai fajar hingga senja. (AP/Mukhtar Khan)

Doa mencerahkan wajah atau doa agar ganteng ini baiknya dibaca atau diamalkan setiap hari. Masih mengutip dari sumber buku yang sama, dijelaskan seseorang yang mau mengamalkannya setiap hari akan selalu dihindarkan dari aura negatif dan berdampak pada kecerahan wajah yang selalu positif.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ، وَأَعُوْذُ بِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوْبَتِكَ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْكَ، لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ، أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ

Allahumma inni a'udzubika biridhaaka min sakhatika wa a'udzubika bimu'aafaatika min 'uqubatik. Wa a'uudzubika mink. Laa uhshii tsanaan 'alaik. Anta kama atsnaita 'ala nafsik.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dengan keridhoanMu dari amarahMu. Aku berlindung kepadaMu dengan ampunanMu dari siksa Mu. Aku berlindung kepadaMu dari siksa Mu. Aku tidak mampu memuji dariMu. Engkau adalah sebagaimana Engkau memuji diriMu sendiri."

5. Memohon Kesempurnaan

رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَا إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Robbana at-mimlana nuurona waghfirlana innaka ala kulli syai’in qadir

Artinya: “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Doa agar ganteng dengan memohon kesempurnaan diri ini dinukilah dari Al-Qur’an At-Tahrim ayat 4 dengan kutipan sumber buku yang masih sama.

عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لا تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلِيقٍ

“Dari sahabat Abu Dzar ra, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, ‘Jangan kamu meremehkan suatu perbuatan baik sekecil apapun meski kamu hanya bertatap muka dengan saudaramu dengan wajah cerah dan ceria,’” (HR Muslim).

6. Wajah Menjadi Berseri-seri

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي

Allaahummaj‘alnii nuuru yusufa ala wajhii fa man ro aanii yuhibbunii mahabbatan.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah Nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum dan memiliki cinta kasih kepadaku.”

Dalam buku berjudul Takdir dan Mukjizat Manusia Tertampan Yusuf Alaihi Salam, disarankan untuk membaca doa agar ganteng tersebut sebanyak tiga kali setelah melaksanakan sholat lima waktu.

Setelah membaca doa agar ganteng, disarankan untuk meniupkan nafas ke kedua telapak tangan dan mengusapkannya pada wajah. Maka dengan melakukan langkah ini, diharapkan wajah akan terlihat lebih berseri-seri dan bercahaya. Dalam keadaan ini, diyakini bahwa jodoh akan segera datang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya