Geografi Adalah Studi Bumi Beserta Segala Interaksi, Pahami Cabang Ilmunya

Geografi adalah studi tentang bumi dan segala sesuatu yang ada di atasnya seperti penduduk, fauna, flora, iklim, udara, dan segala interaksinya.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 24 Mei 2023, 20:00 WIB
Diterbitkan 24 Mei 2023, 20:00 WIB
Geografi Adalah Studi Bumi Beserta Segala Interaksi, Pahami Cabang Ilmunya
Ilustrasi Bumi. (dok. Pixabay.com/skeeze)

Liputan6.com, Jakarta Geografi adalah studi tentang bumi dan segala sesuatu yang ada di atasnya seperti penduduk, fauna, flora, iklim, udara, dan segala interaksinya. Ilmu ini juga mempelajari tentang berbagai hal di permukaan bumi, di luar buni, bahkan benda-benda di ruang angkasa pun turut menjadi objek kajian geografi.

Sebab geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu Geo yang berati bumi dan Graphein yang berati tulisan. Sehingga saat digabungkan menjadi tulisan bumi atau deskripsi bumi. Secara umum ilmu Geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan, dan perbedaan keruangan atas fenomena fisik, dan manusia di atas permukaan bumi.

Sementara dari segi terminologi pengertian geografi secara umum adalah ilmu yang dipakai untuk mendeskripsikan atau menggambarkan keadaan permukaan bumi. Dengan perkembangan ilmu geografi membuat ilmu tersebut memiliki bidang kajian yang semakin luas. Kajian ilmu geografi dewasa ini menyentuh beragam aspek, mulai fisik bumi hingga manusia.

Untuk lebih rinci, berikut ini pengertian geografi menurut para ahli beserta cabang ilmunya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (20/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Geografi Adalah Studi Bumi Beserta Segala Interaksi, Pahami Cabang Ilmunya
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Ada beragam definisi mengenai geografi yang disampaikan oleh para ahli baik dari luar negeri maupun dalam negeri, yaitu:

Ferdinan Von Richthofen

Mengatakan geografi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari sifat-sifat serta gejala dari permukaan bumi dan juga penduduknya. Selain itu geografi juga menjelaskan tentang hubungan sebab akibat maupun adanya gejala dan sifat-sifat itu secara bersamaan.

Sidney E. Ekblaw dan D.J.D. Mulkurne

Geografi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari mengenai bumi beserta isinya yang dapat memengaruhi bagaimana cara kita hidup, makanan apa yang kita konsumsi, baju atau pakaian yang kita kenakan, rumah untuk kita berlindung, serta semua aktivitas rekreasi yang kita rasakan.

Halim Khan

Mengatakan bahwa ilmu geografi adalah lingkungan alam dan sosial merupakan wilayah untuk melakukan kegiatan, mendeskripsikan, menganalisis, dan menikmati tingkah laku manusia di bumi yang bermanfaat bagi kelangsungan hidupnya.

Bintarto

Geografi adalah suatu cabang ilmu yang mencitrakan, menjelaskan sifat-sifat dari bumi, melakukan analisis dari gejala alam dan penduduk, serta mempelajari corak yang khas mengenai penghidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu.

Karl Ritther

Karl Ritther memberikan definisi geografi ada suatu telaah mengenai bumi sebagai tempat hidup manusia. Studi geogragrafi mencakup berbagai macam fenomena di permukaan bumi.

Lobeck

Menurut Lobeck, geografi adalah ilmu yang mempelajari hubungan-hubungan yang terbentuk antara kehidupan dengan lingkungan.

Preston E. James

Preston E. James mengungkapkan bahwa geografi  adalah induk dari segala ilmu pengetahuan atau mother of all science. Ia menilai karena semua studi mencoba mempelajari bumi, maka semua analisis awalnya berasal dari geografi. Dari geografi, kemudian bercabang ke studi-studi lainnya.


Cabang Ilmu Geografi

Geografi Adalah Studi Bumi Beserta Segala Interaksi, Pahami Cabang Ilmunya
Ilustrasi Bumi Credit: pexels.com/Amber

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa cabang ilmu geografi dibagi pdalam beberapa kajian. Berikut ini masing-masing penjelasannya, yaitu:

1.  Geografi Fisik

Geografi fisik, ilmu geografi yang mempelajari gejala fisik yang berasal dari permukaan bumi yaitu tanah, air, dan udara yang dengan berbagai prosesnya. Mempelajari gejala alamiah permukaan bumi yang menjadi sebagai tempat hidup manusia. Dalam cabang ilmu geografi ini, juga dibedakan dalam beberapa kajian, diantaranya:

a. Geologi adalah mempelajari tentang suatu ilmu bumi berdasarkan struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, komposisinya dan proses pembentukannya, sistem tata surya atau gurun terluas di dunia.

b. Ilmu tanah adalah mempelajari sifat-sifat fisik tanah dan segala sesuatu yang berhubungan dengan jenis tanah yang ada di alam.

c. Geomorfolog merupakan mempelajari mengenai proses secara ilmiah mengenai permukaan bumi dan proses-proses yang terjadi pada bagian-bagian dari bumi, termasuk yang berhubungan dengan bentuk lahan.

d. Oseanografi merupakan ilmu yang mempelajari secara detail mengenai samudera dan lautan seperti struktur salinitas, pencampuran, arus rekayasa laut,ombak, hingga sedimen kelautan.

e. Meteorologi dan Kilimatologi merupakan mempelajari mengenai gejala cuaca dan iklim di indonesia serta iklim di seluruh dunia, termasuk proses terjadinya pelangi.

2. Geografi Manusia

Mengkaji aspek keruangan yang dijadikan sebagai tempat terjadinya aktivitas manusia, di antaranya aktivitas manusia yang juga meliputi ekonomi, kependudukan, sosial dan budaya dan aktivitas politik. Dalam cabang ilmu geografi ini juga dibedakan dalam beberapa kajian, yaitu:

a. Geografi ekonomi merupakan mempelajari berupa struktur keruangan aktivitas ekonomi. Titik berat Kajiannya pada aspek keruangan struktur ekonomi masyarakat yang meliputi dalam bidang industri, pertanian, transportasi, komunikasi, perdagangan, jasa dan lain sebagainya.

b. Geografi permukiman merupakan cabang ilmu geografi manusia yang mempelajari perkembangan permukiman di suatu wilayah yang ada di seluruh permukaan bumi. Termasuk mencari tahu faktor apa yang mempengaruhi perkembangan dan pola permukiman serta bentuk permukimannya.

c. Geografi politik merupakan mempelajari aspek keruangan pemerintah atau kenegaraan yang meliputi hubungan regional dan internasional, pemerintah atau kenegaraan di permukaan bumi. Dijadikan sebagai dasar perkembangan dan hubungan kenegaaraan.

d. Geografi sosial merupakan mempelajari hubungan sosial dengan struktur keruangan yang membahas mengenai ilmu sosial. Geografi sosial mengkaji mengenai kesehatan dan perlindungan, kriminalitas dan kemiskinan, dan variasi pergerakan sosial.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya