Miom adalah Pertumbuhan Tumor Jinak di Dalam Rahim, Kenali Jenisnya

Miom atau mioma dikenal juga dengan sebutan fibroid.

oleh Husnul Abdi diperbarui 24 Mei 2023, 23:50 WIB
Diterbitkan 24 Mei 2023, 23:50 WIB
Miom adalah
Miom adalah

Liputan6.com, Jakarta Miom adalah suatu kondisi yang biasanya terjadi di rahim. Kondisi ini cukup umum dialami oleh wanita dan biasanya menimbulkan gejala seperti nyeri dan pendarahan hebat. Namun, tidak jarang juga kondisi ini muncul tanpa menunjukkan gejala.

Miom adalah pertumbuhan tumor jinak di dalam rahim. Biasanya kondisi ini tidak bersifat kanker dan dapat diatasi. Hormon menjadi salah satu penyebab yang kerap kali dikaitkan dengan miom ini. Selain itu, ada berbagai faktor penyebab miom lainnya yang perlu kamu perhatikan.

Miom atau mioma dikenal juga dengan sebutan fibroid. Kondisi ini memang tidak berbahaya dan cukup umum terjadi pada wanita. Namun, kamu perlu mengenali berbagai faktor penyebab serta gejalanya agar tidak salah mengenali kondisi yang sedang kamu alami.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (20/12/2021) tentang miom.


Miom adalah

Miom adalah
Miom adalah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, miom adalah pertumbuhan suatu benjolan atau tumor jinak di dalam rahim. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mioma atau miom adalah pertumbuhan jaringan baru abnormal yang jinak yang berasal dari jaringan otot. Miom juga dikenal dengan sebutan mioma, leiomioma, mioma uteri, fibroma, atau fibroid.

Miom adalah adalah pertumbuhan non-kanker yang berkembang di dalam atau di sekitar rahim. Kondisi ini sangat umum terjadi pada perempuan selama tahun-tahun masa suburnya. Miom adalah benjolan yang bersifat jinak dan tidak menyebabkan kanker.

Miom memiliki ukuran beragam, mulai dari sekecil benih sampai massa besar yang dapat mendistorsi dan memperbesar rahim. Perempuan dapat memiliki satu atau beberapa miom atau fibroid. Dalam kasus ekstrem, beberapa fibroid dapat memperluas rahim sehingga mencapai tulang rusuk dan dapat menambah berat badan.

Ada empat jenis miom yang bisa tumbuh pada wanita. Empat jenis miom adalah sebagai berikut:

- Intramural. Ini adalah tipe yang paling umum. Fibroid intramural tertanam di dinding otot rahim.

- Fibroid subserosal. Meluas ke luar dinding rahim dan tumbuh di dalam lapisan jaringan rahim luar sekitarnya. Mereka dapat berkembang menjadi fibroid bertangkai, di mana fibroid memiliki tangkai dan bisa menjadi cukup besar.

- Fibroid submukosa. Jenis ini dapat mendorong ke dalam rongga rahim. Biasanya ditemukan di otot di bawah lapisan dalam dinding.

- Fibroid serviks. Fibroid serviks berakar di leher rahim.


Faktor Penyebab Miom

Mengenal Mioma Uteri pada Kehamilan
Mengenal Mioma Uteri pada Kehamilan

Masih belum jelas apa yang menjadi penyebab miom. Kondisi ini mungkin terkait dengan kadar estrogen. Selama tahun-tahun reproduksi, kadar estrogen dan progesteron lebih tinggi. Ketika kadar estrogen tinggi, terutama selama kehamilan, fibroid cenderung membengkak. Kondisi ini juga lebih mungkin berkembang ketika seorang wanita mengonsumsi pil KB yang mengandung estrogen. Selain itu, faktor genetik juga diperkirakan berdampak pada perkembangan fibroid. Ada juga bukti bahwa obesitas, daging merah, alkohol, dan kafein dapat meningkatkan risiko penyebab miom.

Penelitian dan pengalaman klinis menunjukkan ada sejumlah faktor yang bisa menjadi penyebab miom. Faktor penyebab miom adalah sebagai berikut:

- Hormon. Hormon Estrogen dan progesteron yang diproduksi oleh ovarium, menyebabkan lapisan rahim untuk beregenerasi selama setiap siklus menstruasi. Ini dapat merangsang pertumbuhan fibroid. Fibroid mengandung lebih banyak reseptor estrogen dan progesteron daripada sel-sel otot rahim yang khas. Fibroid cenderung menyusut setelah menopause karena penurunan produksi hormon.

- Perubahan genetik. Banyak fibroid mengandung perubahan gen yang berbeda dari sel otot rahim yang khas.

- Riwayat keluarga. Miom dapat diturunkan dalam keluarga. Jika ibu, saudara perempuan, atau nenek memiliki riwayat kondisi ini, mungkin juga seorang perempuan akan mengalaminya.

- Kehamilan. Kehamilan meningkatkan produksi estrogen dan progesteron dalam tubuh. Miom dapat berkembang dan tumbuh dengan cepat saat hamil. Miom dapat menyebabkan masalah selama kehamilan dan persalinan, dan mereka meningkatkan kemungkinan membutuhkan persalinan sesar.

- Ras. Meskipun semua wanita usia reproduksi dapat mengembangkan miom, wanita kulit hitam lebih mungkin memiliki miom daripada wanita dari kelompok ras lain. Selain itu, wanita kulit hitam memiliki miom pada usia yang lebih muda, dan mereka juga cenderung memiliki miom yang lebih banyak atau lebih besar, bersama dengan gejala yang lebih parah.


Gejala Miom

Gejala Miom
Gejala Miom

Miom adalah suatu kondisi yang terkadang dapat menimbulkan beberapa gejala. Gejala miom adalah sebagai berikut:

- Menstruasi berat. Menstruasi berat adalah gejala yang paling umum dari miom. Gejala ini umum dialami penderita fibroid submukosa, yang tumbuh di bagian dalam rahim, dan fibroid intramural yang tumbuh tertanam di dinding otot rahim.

- Seks yang menyakitkan. Miom submukosa dan intramural, khususnya, mengganggu operasi normal rahim, menariknya keluar dari bentuk dan membuat kontraksi atau tekanan menjadi menyakitkan. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan saat berhubungan seks, termasuk pendarahan jika miom terletak di dekat leher rahim.

- Infertilitas. Miom yang tidak diobati dapat berisiko mengganggu kesuburan. Miom dapat menyebabkan komplikasi selama kehamilan, mengakibatkan kunjungan tambahan ke dokter, komplikasi kesehatan bagi ibu dan anak, dan kemungkinan enam kali lebih besar untuk memerlukan operasi caesar darurat.

- Sakit panggul. Miom di dalam rahim dapat menyebabkan gejala seperti rasa penuh atau kembung. Fibroid submukosa, khususnya, dapat memberikan rasa berat di rahim. Miom juga dapat menyebabkan nyeri umum karena mengambil ruang yang dimaksudkan untuk rahim atau organ lainnya. Nyeri akut jarang terjadi tetapi dapat terjadi jika miom melebihi suplai darahnya atau secara signifikan menghambat fungsi organ lain yang tepat.

- Sakit punggung dan kaki. Nyeri punggung dan kaki paling sering terjadi pada miom rahim subserosal, yang tumbuh di bagian luar rahim. Jika miom terletak di bagian belakang rahim, sangat dekat dengan tulang belakang. Jika menjadi cukup besar dapat menekan atau mencubit saraf di daerah itu, menyebabkan nyeri miom. Ini juga dapat menyebabkan linu panggul saat miom menekan saraf linu panggul dan mengirimkan rasa sakit ke bagian belakang kaki.

- Sering buang air kecil. Jika miom rahim tumbuh di bagian atas rahim, ia berbagi ruang panggul dengan kandung kemih. Ini membatasi ukuran yang tersedia untuk kandung kemih, menyebabkan kebutuhan untuk buang air kecil meningkat.

- Sembelit. Jika miom terletak di dekat usus besar, hal itu dapat menghalangi pergerakan usus yang normal dan menyebabkan sembelit serta buang air besar yang menyakitkan. Jika kamu sering mengalami ISK, sembelit, atau menemukan darah dalam urin atau tinja, segera cari perawatan medis.

- Rahim membesar. Miom dapat menyebabkan pembengkakan di perut, membuat perut besar dan buncit. Hal ini tidak hanya dapat menyebabkan masalah pada penampilan, tetapi juga dapat mempersulit untuk menemukan pakaian yang sesuai dan merusak citra diri.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya