12 Contoh Cerita Non Fiksi Pendek, Cocok Dibaca Anak SD

Kumpulan contoh cerita non fiksi.

oleh Laudia Tysara diperbarui 27 Mei 2023, 12:15 WIB
Diterbitkan 27 Mei 2023, 12:15 WIB
Perpustakaan Nasional RI
Siswa Sekolah Dasar (SD) membaca buku di ruang baca Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Jakarta, Selasa (18/2/2020). Selain megah dan memiliki koleksi lengkap, Perpusnas juga menyediakan ruangan perpustakaan untuk anak-anak, layanan untuk penyandang disabilitas dan lansia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Memahami cerita non fiksi, baiknya dengan membaca langsung contoh cerita non fiksi pendek atau panjang. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud RI) memberikan penjelasan bahwa cerita non fiksi adalah tulisan berbasis data dan fakta sebenarnya yang dapat disajikan dengan berbagai gaya bahasa, baik formal maupun nonformal.

Dalam konteks cerita non fiksi, gaya bahasa formal merujuk pada penggunaan bahasa yang terstruktur dan terorganisir dengan baik, mengikuti aturan tata bahasa yang baku, serta menggunakan kosakata yang lebih serius dan kaku. Tulisan dengan gaya bahasa nonformal dapat berbentuk argumentasi, eksposisi, atau deskripsi, tergantung pada tujuan dan konteks ceritanya.

Ada dua belas contoh cerita non fiksi yang akan diulas kali ini. Contoh cerita non fiksi ini dirangkum dari modul Kemdikbud RI, buku berjudul Filosofi, Teori, dan Konsep Bahasa dan Sastra Indonesia oleh Dr. Ali Mustadi, M.Pd, ‎M. Habibi, M.Pd, dan buku berjudul Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7 oleh Heriyanto, S.Pd., M.Pd.

Berikut Liputan6.com ulas tentang 12 contoh cerita non fiksi pendek yang dimaksudkan, Sabtu (27/5/2023).


1. Perkembangan Sepak Bola

Cuaca Panas, Para Murid SD di Aceh Gunakan Kipas Angin Mini saat Belajar
Seorang siswa sekolah dasar menggunakan kipas angin portabel untuk menyejukkan ruangan kelas saat cuaca panas di Banda Aceh pada 15 Mei 2023. (AFP/CHAIDEER MAHYUDDIN)

Sepak bola berasal dari Tiongkok pada abad kedua dan ketiga SM. Di masa Dinasti Han, masyarakat Tiongkok dan Jepang bermain menendang bola kulit ke jaring kecil. Kemudian, sepak bola berkembang menjadi olahraga modern di Inggris. Pada tahun 1863, peraturan sepak bola modern dibuat dan Asosiasi Sepak Bola Dunia FIFA didirikan pada tahun 1904.

2. Pendiri Facebook

Mark Zuckerberg meluncurkan Facebook dari kamar asrama Harvard pada 4 Februari 2004. Inspirasi awalnya berasal dari direktori mahasiswa "The Facebook" di Phillips Exeter Academy. Setelah kuliah, Zuckerberg memperluas Facebook ke sekolah lain dan pada tahun 2010, pengguna Facebook mencapai 500 juta.

3. Sejarah Monumen Nasional

Monumen Nasional atau Monas didirikan untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia melawan kolonial Hindia Belanda. Dibangun dari tahun 1961 hingga 1975, Monas memiliki tinggi 132 meter dan terletak di Jakarta Pusat. Di bagian dasar monumen, terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia dengan 51 diorama yang menampilkan sejarah Indonesia.

4. Sejarah Indonesia

Pada tahun 1998, Presiden Soeharto mengundurkan diri setelah tuntutan pengunduran diri dari rakyat dan gerakan mahasiswa. Krisis ekonomi yang parah, dimulai dari krisis moneter di Thailand, juga menjadi faktor penting dalam penurunan Soeharto. Kekuasaan yang dianggap otoriter dan mengekang kebebasan berekspresi dan berpendapat juga memainkan peran dalam pengunduran dirinya.


5. Biografi Albert Einstein

Puisi
Puluhan siswa SD menulis surat cinta untuk Inggit Garnasih. Foto: (Huyugo Simbolon/Liputan6.com)

Albert Einstein, seorang jenius kelahiran Jerman pada 14 Maret 1879, dikenal sebagai fisikawan terkenal. Meskipun ia memiliki sifat pendiam dan cenderung menyendiri, Einstein memiliki prestasi akademik yang gemilang. Dia berhasil lulus dari Eidgenössische Technische Hochschule dan menjadi warga negara Swiss pada tahun 1900. Pada 1921, ia menerima Penghargaan Nobel dalam Fisika karena kontribusinya pada efek fotolistrik dan fisika teoritis. Einstein meninggal pada 18 April 1955, meninggalkan warisan karya yang mengubah dunia.

6. Revolusi Rusia 1917

Revolusi Rusia dimulai pada 8 Maret 1917 di Petrograd, dipicu oleh kelaparan, penurunan moral, dan tuntutan distribusi roti. Duma segera membentuk Pemerintahan Sementara dan tiga hari kemudian Tsar Nicholas II turun tahta. Revolusi ini melibatkan partai politik dan kelompok yang mendukung kemerdekaan dan demokratisasi. Perubahan besar terjadi di Rusia, dari monarki absolut menjadi rezim proletarian berdasarkan doktrin Marxis.

7. Penemu Handphone

John F. Mitchell dan Dr. Martin Cooper dari Motorola mendemonstrasikan handphone pertama pada tahun 1973. Handphone ini beratnya sekitar 1 kg. Pada tahun 1983, diluncurkan DynaTAC 8000x sebagai handphone pertama yang tersedia di pasaran. Sejak itu, handphone menjadi populer di seluruh dunia dan terus mengalami perkembangan. Android, sistem operasi yang dikembangkan oleh Google pada tahun 2008, mendominasi pasar smartphone sejak pertengahan tahun 2013.

8. Tragedi Trisakti

Tragedi Trisakti terjadi pada 12 Mei 1998 saat demonstrasi mahasiswa menuntut pengunduran diri Soeharto. Empat mahasiswa Universitas Trisakti di Jakarta tewas dalam penembakan tersebut, sementara banyak lainnya terluka. Nama-nama mahasiswa yang meninggal adalah Elang Mulia Lesmana, Heri Hertanto, Hafidin Royan, dan Hendriawan Sie. Tragedi ini digambarkan secara detail dalam karya Langit Merah Jakarta karya Anggie D. Widowati.


9. Perdagangan dan Pelayaran di Selat Malaka

Kegiatan di sekolah saat PPKM level 1
Sejumlah siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar secara tatap muka saat PPKM level 1 di SD Pangudi Luhur, Jakarta, Rabu (25/5/2022). Pemerintah pusat menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 untuk wilayah aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selama dua pekan, terhitung sejak 24 Mei sampai 6 Juni 2022. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Selat Malaka adalah pelabuhan terkenal di Indonesia yang menjadi tempat persinggahan dan dermaga bagi pedagang dari berbagai negara seperti Arab, Gujarat, Persia, Indonesia, dan China. Pedagang melintasi Selat Malaka untuk perjalanan ke India, Teluk Persia, Laut Merah, dan Eropa.

Malaka menjadi pusat perdagangan yang menghubungkan Indonesia dengan India, Persia, Suriah, Arab, dan wilayah lainnya. Perdagangan rempah-rempah dari Indonesia menjadi salah satu aspek penting dalam sistem perdagangan ini.

10. Buku Sapiens A Brief History of Humankind

Buku ini mengungkapkan penciptaan dan evolusi manusia, menjelajahi bagaimana ilmu biologi dan sejarah membentuk pemahaman kita tentang manusia. Dulu ada enam spesies manusia di Bumi, tetapi sekarang hanya Homo sapiens yang tersisa.

Dr. Yuval Noah Harari menghadirkan pendekatan historis dan sains yang unik dalam bukunya, mendorong kita untuk melihat masa depan manusia yang telah mulai mengubah hukum seleksi alam yang mengatur kehidupan selama empat miliar tahun terakhir.

11. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan sebuah candi yang menjadi peninggalan kerajaan Dinasti Syailendra pada masa pemerintahan raja Samaratungga. Dibangun pada abad ke-8, candi ini menarik banyak perhatian karena misteri yang mengitari sejarahnya.

Meskipun asal usul nama candi ini masih menjadi teka-teki, banyak masyarakat yang mempercayai bahwa nama "Borobudur" berasal dari kata "samaratungga" yang berarti gunung lereng berteras. Candi Borobudur telah menjadi salah satu keajaiban arsitektur dunia yang menggambarkan kemegahan dan keindahan budaya dan agama pada masa lalu.

12. Tsunami Aceh

Pada tanggal 26 Desember 2004, sebuah gempa dahsyat mengguncang wilayah Aceh dan diikuti oleh serangan tsunami yang menghancurkan segalanya di sekitarnya. Tinggi ombak mencapai 20 meter dan menyebabkan kehancuran yang tak terbayangkan.

Bukan hanya infrastruktur yang rusak, namun masyarakat juga mengalami trauma yang mendalam akibat bencana ini. Tsunami Aceh menjadi salah satu bencana alam paling mematikan dalam sejarah, dengan lebih dari 17.000 korban tewas dan ribuan bangunan yang hancur.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kemudian menetapkan hari berkabung nasional sebagai tanda penghormatan terhadap para korban, satu hari setelah kejadian tragis tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya