IMF adalah Dana Moneter Internasional, Sejarah, Tujuan, dan Peran

IMF adalah organisasi internasional yang berfokus pada keuangan.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 30 Mei 2023, 05:20 WIB
Diterbitkan 30 Mei 2023, 05:20 WIB
IMF
IMF (IMF)

Liputan6.com, Jakarta IMF adalah organisasi internasional yang berfokus pada keuangan. IMF terdiri dari negara-negara di seluruh dunia. IMF adalah organisasi yang mempromosikan pertumbuhan ekonomi global dan stabilitas keuangan, mendorong perdagangan internasional, dan mengurangi kemiskinan. 

Dalam perannya, IMF adalah organisasi yang membantu sejumlah negara keluar dari krisis. Sumber keuangan IMF adalah kuota negara anggota. IMF adalah organisasi yang memberi saran dan membantu terkait masalah keuangan negara anggota.

IMF adalah pihak yang bertanggung jawab atas penciptaan dan pemeliharaan sistem moneter internasional. Peran lain IMF adalah menilai sektor keuangan dan kebijakan regulasi suatu negara. Berikut penjelasan tentang IMF, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(18/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal IMF

Rapat Tahunan IMF dan World Bank di Washington DC
Menteri Keuangan Sri Mulyani menghadiri rapat tahunan IMF dan World Bank di Washington DC, Senin (18/10/2021)

IMF adalah singkatan dari International Monetary Fund atau dalam bahasa Indonesia diartikan menjadi Dana Moneter Internasional. Misi utama IMF adalah menjamin stabilitas sistem moneter internasional. IMF mendorong stabilitas keuangan internasional dan kerjasama moneter.

IMF adalah organisasi yang bekerja untuk mendorong kerja sama moneter global, mengamankan stabilitas keuangan, memfasilitasi perdagangan internasional, mempromosikan lapangan kerja yang tinggi dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, dan mengurangi kemiskinan di seluruh dunia. Saat ini ada 190 negara yang terdaftar dan turut dalam berjalannya IMF.

 


Sejarah IMF

Bergandeng Tangan, Pertemuan IMF-Bank Dunia Resmi Ditutup
Ketua Panitia IMF-Bank Dunia Luhut Binsar Pandjaitan (dua kiri), Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde, Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim, Menkeu Sri Mulyani, dan Gubernur BI Perry Warjiyo saat penutupan, Bali, Minggu (14/10). (Liputan6.com/AnggaYuniar)

IMF didirikan pada Juli 1944 dalam Konferensi Bretton Woods di New Hampshire, Amerika Serikat. Sebanyak 44 negara yang hadir saat itu berupaya membentuk sebuah kerangka kerjasama ekonomi internasional guna mencegah terulangnya devaluasi mata uang kompetitif yang telah mengakibatkan Depresi Besar tahun 1930-an.

Kini jumlah anggota IMF adalah 190 negara. Indonesia menjadi anggota IMF pada tanggal 15 April 1954 dan mengundurkan diri dari keanggotaan, efektif tanggal 17 Agustus 1965. Indonesia kemudian diterima kembali sebagai anggota IMF pada 21 Februari 1967.


Tujuan IMF

dolar ke rupiah
Nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar, selalu mengalami perubahan setiap saat terkadang melemah terkadang juga dapat menguat.

IMF bertanggung jawab atas penciptaan dan pemeliharaan sistem moneter internasional, sistem di mana pembayaran internasional antar negara berlangsung. Tujuan IMF adalah:

- Mendorong kerjasama moneter internasional;

- Memfasilitasi perluasan dan pertumbuhan perdagangan internasional yang seimbang;

- Mendorong stabilitas nilai tukar;

- Membantu pembentukan sistem pembayaran multilateral; dan

- Menyediakan sumber bantuan (yang disertai dengan sistem safeguard yang memadai) kepada negara anggota yang mengalami masalah necara pembayaran.


Peran IMF: pengawasan

Ilustrasi gambaran perekonomian
Ilustrasi gambaran perekonomian. Foto ilustrasi : pexels.com/@n-voitkevich

IMF adalah organisasi yang memantau kebijakan negara anggota serta perkembangan ekonomi dan keuangan nasional, regional, dan global melalui suatu sistem yang disebut pengawasan. IMF memberi saran kepada negara anggota dan mendorong rancangan kebijakan-kebijakan yang mampu meningkatkan stabilitas ekonomi, mengurangi kerentanan terhadap krisis ekonomi dan keuangan, dan memperbaiki standar hidup.

IMF memonitor secara rutin kekuatan sektor keuangan nasional untuk mengidentifikasi risiko dan mencegah krisis. IMF juga memberi penilaian berkala mengenai prospek global dalam laporan Outlook Ekonomi Dunia (World Economic Outlook), pasar keuangan dalam Laporan Stabilitas Keuangan Global (Global Financial Stability Report), perkembangan keuangan pemerintah dalam Monitor Fiskal (Fiscal Monitor), dan mengenai posisi sektor eksternal negara-negara terbesar dalam Laporan Sektor Eksternal (External Sector Report), serta serangkaian outlook ekonomi kawasan.


Peran IMF: bantuan keuangan

Denyut Ekonomi Afghanistan usai Berkuasanya Taliban
Seorang pedagang penukaran uang Afghanistan menunggu pelanggan di pasar Sarai Shahzada, menyusul pembukaan kembali bank dan pasar setelah Taliban mengambil alih kekuasaan di Kabul, pada Sabtu (4/9/2021). (AP Photo/Wali Sabawoon)

Peran IMF adalah menyediakan pinjaman kepada negara anggota yang sedang ataupun yang berpotensi mengalami masalah neraca pembayaran adalah tanggung jawab utama IMF. IMF memberikan dukungan keuangan dan bekerja sama dengan pemerintah agar supaya biaya yang dikeluarkan adalah pengeluaran yang bertanggung jawab.

Program pinjaman bagi tiap negara dirancang melalui kerjasama erat bersama IMF serta didukung oleh dana IMF, sedangkan kelanjutan pinjaman tergantung pada efektifitas penerapan penyesuaian kebijakan dalam program pinjaman tersebut.


Peran IMF: Pengembangan kapasitas

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde menyimak diskusi Pemberdayaan Wanita di Dunia Kerja pada rangkaian Pertemuan Tahunan IMF World Bank Group 2018 di Bali, Selasa (9/10/2018). (www.am2018bali.go.id)
Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde menyimak diskusi Pemberdayaan Wanita di Dunia Kerja pada rangkaian Pertemuan Tahunan IMF World Bank Group 2018 di Bali, Selasa (9/10/2018). (www.am2018bali.go.id)

IMF adalah organisasi yang bekerja sama dengan negara-negara anggota untuk memodernisasi kebijakan dan institusi ekonomi mereka. IMF menyediakan bantuan teknis dan pelatihan untuk membantu negara-negara anggota membangun institusi ekonomi yang lebih baik serta memperkuat kapasitas SDM-nya.

Bantuan ini mencakup, antara lain, cara merancang dan menerapkan kebijakan yang lebih efektif di bidang perpajakan dan administrasi, manajemen anggaran belanja, kebijakan moneter dan nilai tukar, pengawasan dan peraturan sistem perbankan dan keuangan, kerangka legislatif, dan statistik ekonomi.


Sumber keuangan IMF

Ilustrasi pendanaan startup, funding startup, dolar, uang dolar, uang
Sumber keuangan IMF Kredit: Gerd Altmann via Pixabay

IMF bekerja untuk membantu negara yang membutuhkan pinjaman dana. Dari mana sumber dana IMF untuk membantu negara-negara ini?

Sumber keuangan IMF adalah kuota negara-negara anggotanya. Kuota anggota mencerminkan ukuran dan posisi negara dalam ekonomi dunia. IMF didanai oleh negara anggotanya.

Negara-negara anggota membayar sesuai dengan ukuran ekonomi mereka, dan hak suara didasarkan pada kuota ini. Dari 195 negara di dunia, 190 negara menjadi anggota IMF. Saat ini yang berada pada peringkat pertama kuota tertinggi adalah Amerika Serikat, disusul Jepang, Tiongkok, Jerman, dan Prancis. Sementara Indonesia berada pada peringkat 20.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya