18 Penyebab Kaki Pecah-Pecah dan Kapalan, Komplikasi, dan Cara Mengatasinya

Penyebab kaki pecah-pecah dan kapalan berkaitan dengan penurunan minyak di permukaan kulit area telapak kaki.

oleh Laudia Tysara diperbarui 01 Jun 2023, 03:00 WIB
Diterbitkan 01 Jun 2023, 03:00 WIB
Mengatasi Tumit yang Kasar dan Pecah-Pecah
Ilustrasi Kaki Kapalan. Credit: pexels.com/Buenosia

Liputan6.com, Jakarta Memahami apa saja penyebab kaki pecah-pecah dan kapalan merupakan upaya pencegahan dan penanganan paling utama. Penyebab kaki pecah-pecah dan kapalan yang terjadi di telapak kaki area tumit umumnya dipengaruhi kulit kering dan penebalan.

“Hal ini mengakibatkan hilangnya kelembapan kulit sehingga mudah pecah-pecah kulitnya,” jelas dr. Devia Irine Putri melansir dari laman klikdokter.com.

Inilah mengapa penyebab kaki pecah-pecah dan kapalan adalah berkaitan pula dengan penurunan minyak di permukaan kulit. Sementara kondisi pecah-pecah dipicu oleh bantalan lemak di bawah tumit yang mengembang, akhirnya kapalan akan mengalami retak saat berjalan, lari, atau terlalu lama berdiri.

Berikut Liputan6.com ulas penyebab kaki pecah-pecah dan kapalan, komplikasi, dan cara mengatasinya dari berbagai sumber, Jumat (27/8/2021).


Penyebab Kaki Pecah-Pecah dan Kapalan Menurut Ahli

Kondisi kaki pecah-pecah membuat segala aktivitas menggunakan kaki menjadi terasa mengganjal. Telapak kaki terasa kering, kasar, pecah-pecah, nyeri, dan perih. dr. Devia Irine Putri menjelaskan penyebab kaki pecah-pecah dan kapalan melansir dari laman klikdokter.com:

1. Kulit kaki yang kering, termasuk karena penuaan atau usia merupakan penyebab kaki pecah-pecah dan kapalan. Semakin tua, kulit menjadi lebih kering, dan kurang elastis. 

2. Mengalami iritasi akibat sabun detergen atau penggunaan air dalam waktu lama juga penyebab kaki pecah-pecah dan kapalan.

3. Kondisi penyebab kaki pecah-pecah dan kapalan serupa bisa dialami oleh orang dengan masalah diabetes mellitus dan gangguan aliran darah.

“Akibatnya, tak jarang kakinya ikut kering dan mudah pecah-pecah,” dia menjelaskan.

4. Penyebab kaki pecah-pecah dan kapalan oleh infeksi jamur pada kaki bisa juga muncul dengan gambaran kaki pecah-pecah.

5. Kondisi palmoplantar keratoderma merupakan penyebab kaki pecah-pecah dan kapalan, ini sejenis kelainan penebalan kulit.

6. Penyebab kaki pecah-pecah dan kapalan lainnya Dehidrasi.

7. Termasuk masalah psoriasis berisiko menjadi penyebab kaki pecah-pecah dan kapalan.


Penyebab Kaki Pecah-Pecah dan Kapalan Lainnya

kaki-kezo
Ilustrasi kaki kapalan. Sumber: pexels.com

Penyebab kaki pecah-pecah dan kapalan umumnya juga dikaitkan dengan penurunan minyak di permukaan kulit. Salah satunya dipicu oleh faktor lingkungan, seperti:

8. Tinggal di daerah dengan kelembapan rendah.

9. Penyebab kaki pecah-pecah dan kapalan sangat dipengaruhi paparan sinar matahari langsung yang intens.

Tak hanya lingkungan, tetapi aktivitas sehari-hari bisa menjadi penyebab kaki pecah-pecah dan kapalan yang selama ini sering dianggap enteng. Berikut penyebab kaki pecah-pecah dan kapalan karena kebiasaan sehari-hari:

10. Menggosok kulit terlalu berlebihan merupakan penyebab kaki pecah-pecah dan kapalan.

11. Begitu pula mandi dengan air panas terlalu sering.

12. Risiko memakai sepatu yang tidak pas dengan ukuran tumit, yakni menjadi penyebab kaki pecah-pecah dan kapalan.

13. Penyebab kaki pecah-pecah dan kapalan paling sering diabaikan, berjalan tanpa alas kaki atau dengan sandal punggung terbuka.

14. Sering berdiri terlalu lama.

15. Malnutrisi atau kekurangan nutrisi tertentu, seperti vitamin A dan lemak juga penyebab kaki pecah-pecah dan kapalan.

16. Obesitas.

17. Gaya hidup tidak sehat, seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol termasuk penyebab kaki pecah-pecah dan kapalan yang wajib diwaspadai.

18. Terakhir dermatitis atopik dan infeksi jamur.


Komplikasi Telapak Kaki Pecah-Pecah dan Kapalan

Sebenarnya jarang sekali telapak kaki pecah-pecah menimbulkan komplikasi yang berbahaya bagi penderitanya. 

Akan tetapi, dalam kasus tertentu, celah luka di kaki ternyata bisa menjadi pintu masuk bagi bakteri, jamur, bahkan virus.

Meskipun sebagian besar bersifat lokal, infeksi ini dapat menyebar ke lapisan yang lebih dalam dan dapat menyebabkan selulitis.

Selain itu, orang dengan diabetes lebih mungkin mengembangkan infeksi kaki, terlebih jika mereka mengalami gangguan suplai pembuluh darah atau neuropati.


Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah dan Kapalan

Kulit kaki pecah-pecah
Ilustrasi kulit kaki pecah-pecah/Billie on Unsplash

Agar bisa terhindar dari masalah ini, simak obat alami untuk telapak kaki pecah-pecah. Obat alami untuk telapak kaki pecah-pecah ini mudah sekali ditemukan di rumah. Bisa gunakan bumbu dapur seperti garam, madu, tepung, dan minyak nabati.

Selain bumbu dapur, ada buah pisang, alpukat, air mawar, dan lain sebagainya. Berikut cara mengatasi kaki pecah-pecah dan kapalan secara alami:

1. Madu

Madu termasuk salah satu bahan alami yang banyak manfaatnya. Tidak hanya untuk kesehatan, madu cocok untuk kecantikan. Madu cukup efektif untuk mengobati telapak kaki pecah-pecah.

Caranya sangat mudah! Cukup mengoleskan madu pada bagian kaki yang pecah-pecah. Oleskan secara merata sampai sudut pecahannya.  Madu akan melembapkan kulit telapak kaki yang kering.

2. Garam

Garam bisa dijadikan obat alami untuk telapak kaki pecah-pecah. Bumbu dapur serbaguna ini akan menjaga kelembapan telapak kaki. Begitu juga membantu melancarkan peredaran darah di telapak kaki secara alami.

Campurkan garam sebanyak setengah cangkir ke air hangat di baskom. Baskom tersebut jadi tempat merendam kaki kamu nantinya. Sesudah tercampur rata, kamu dapat merendamkan kaki ke air garam hangat selama 10 menit.

Gunakan batu apung untuk menggosok-gosok bagian kaki dan rendam lagi selama 10 menit. Lalu keringkan dan gunakan pelembab untuk mengunci kelembapannya.

3. Pisang

Pisang bisa dipakai untuk mengobati telapak kaki pecah-pecah. Pastikan menggunakan pisang matang, ya! Pisang matang bisa membantu melembapkan kulit telapak kaki secara alami. Sifat pelembap pada pisang adalah solusi alami dan cepat dalam melembutkan telapak kaki.

Sediakan buah pisang matang, kemudian kamu hancurkan hingga menjadi adonan pasta. Setelah itu, bersihkan telapak kaki dan oleskan pasta pisang ini langsung pada bagian yang kering dan pecah-pecah di telapak kaki. Biarkanlah selama 10-15 menit supaya kulit telapak kaki dapat menyerapnya dengan sempurna.

Cucilah telapak kaki menggunakan air hangat, lalu rendamlah kaki pada air dingin selama 10 menit. Melakukan metode perawatan ini beberapa kali seminggu atau justru setiap hari akan membuat telapak kaki kembali lembut dan mulus.

4. Alpukat

Daging buah alpukat baik untuk memberikan kelembapan pada kulit telapak kaki. Jadi memang cocok dipakai untuk obat telapak kaki pecah-pecah.

Hal ini disebabkan karena di dalamnya terdapat banyak vitamin dan mineral. Segala sel-sel kulit mati penyebab kaki kusam, kering, kasar dan pecah-pecah otomatis akan terangkat ketika menggunakan alpukat.

Haluskan daging buah alpukat, lalu balurkan secukupnya pada telapak kaki yang kering serta pecah-pecah. Saat mengoleskan, pijat lembut pada area telapak kaki hingga merata. Tunggu selama beberapa menit, lalu bilas kaki dengan air biasa hingga bersih.

5. Tepung Beras

Tepung beras bisa dijadikan sebagai eksfoliator. Hal ini yang menjadikannya cocok untuk obat alami telapak kaki pecah-pecah. Hanya perlu menjadikannya scrub untuk menjaga kesehatan kulit telapak kaki.

Buatlah scrub dari tepung beras dengan mencampurkan segenggam tepung dengan madu. Lalu tambahkan cuka sari apel beberapa sendok teh. Aduk-aduk sampai merata dan terbentuk adonan pasta kental.

Apabila kondisi telapak kaki pecah-pecah cukup serius, tambahkan minyak almond manis atau minyak zaitun sebanyak 1 sendok makan. Sebelum dioles dengan pasta tepung beras ini, pastikan sudah merendam lebih dulu kaki  dalam air hangat selama 10 menit. Metode perawatan ini akan bekerja secara maksimal jika dilakukan setiap hari atau setidaknya 3-4 kali dalam seminggu.


Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah dan Kapalan Lainnya

6. Oatmeal

Oatmeal sudah sejak ratusan tahun lalu digunakan sebagai penyembuh iritasi dan peradangan kulit. Untuk hasil maksimalnya bisa dengan mencampur minyak zaitun.

Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu dengan siapkan wadah, lalu tuang satu sendok makan oatmeal dan satu sendok makan minyak zaitun. Aduk hingga memiliki tekstur seperti pasta.

Selanjutnya, lumuri telapak kaki yang pecah dengan pasta oatmeal.  Biarkan meresap hingga setengah jam lalu bilas bersih. Agar hasilnya lebih maksimal, bisa mempraktikkannya dua sampai tiga hari sekali.

7. Jeruk Nipis

Jeruk nipis bisa dipakai sebagai obat alami telapak kaki pecah-pecah. Jeruk nipis ini mampu menghaluskan kembali kulit telapak kaki yang kering dan kasar.

Bagi pemilik kulit sensitif, penggunaan jeruk nipis akan memberikan sedikit efek rasa perih. Langkah penggunaan cukup mudah! Sediakan 1-2 buah jeruk nipis tua, belah menjadi dua.

Gosokkan bagian dalam jeruk nipis secara langsung pada bagian kulit telapak kaki yang kering dan pecah-pecah. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

8. Minyak Nabati

Minyak yang berasal dari bahan nabati bisa gunakan sebagai obat alami untuk telapak kaki pecah-pecah. Jenis minyak nabati seperti, minyak zaitun, minyak almond, minyak wijen, tea tree oil, hingga minyak kelapa. Hal ini karena kandungan vitamin E di dalamnya, yang mampu menyembuhkan dan mencegah kaki pecah-pecah.

Oleskan saja minyak nabati ke telapak kaki yang pecah-pecah secara merata. Manfaatkan juga sifat licin dari minyak untuk memijat telapak kaki pecah secara perlahan. Lakukan setiap malam sebelum tidur agar telapak kaki lembab secara alami.

Lalu, gerakan memijit tersebut juga akan membantu merangsang sirkulasi untuk mempercepat penyembuhan. Setelah diumuri dan dipijit, bisa membungkus dengan kaus kaki dan diamkan semalaman.

9. Air Mawar

Campuran air mawar dan gliserin cocok untuk obat alami telapak kaki pecah-pecah. Dalam air mawar ada kandungan vitamin E, C, D, A serta B3 yang begitu tinggi. Memiliki sifat antioksidan, antiseptik, dan anti-inflamasi.

Siapkan kedua bahan dalam takaran yang sama misal 1:1 dan campurkan sampai rata. Setelah itu, oleskan ke bagian kaki yang pecah-pecah beserta area lain yang kiranya kering dan kasar. Lakukan perawatan kaki ini setiap sebelum tidur agar hasilnya maksimal.

10. Minyak Nabati

Minyak yang berasal dari bahan nabati bisa gunakan sebagai obat alami untuk telapak kaki pecah-pecah. Jenis minyak nabati seperti, minyak zaitun, minyak almond, minyak wijen, tea tree oil, hingga minyak kelapa. Hal ini karena kandungan vitamin E di dalamnya, yang mampu menyembuhkan dan mencegah kaki pecah-pecah.

Oleskan saja minyak nabati ke telapak kaki yang pecah-pecah secara merata. Manfaatkan juga sifat licin dari minyak untuk memijat telapak kaki pecah secara perlahan. Lakukan setiap malam sebelum tidur agar telapak kaki lembab secara alami.

Lalu, gerakan memijit tersebut juga akan membantu merangsang sirkulasi untuk mempercepat penyembuhan. Setelah diumuri dan dipijit, bisa membungkus dengan kaus kaki dan diamkan semalaman.

Air Mawar

Campuran air mawar dan gliserin cocok untuk obat alami telapak kaki pecah-pecah. Dalam air mawar ada kandungan vitamin E, C, D, A serta B3 yang begitu tinggi. Memiliki sifat antioksidan, antiseptik, dan anti-inflamasi.

Siapkan kedua bahan dalam takaran yang sama misal 1:1 dan campurkan sampai rata. Setelah itu, oleskan ke bagian kaki yang pecah-pecah beserta area lain yang kiranya kering dan kasar. Lakukan perawatan kaki ini setiap sebelum tidur agar hasilnya maksimal.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya