Cara Mendapat Centang Biru Twitter, Perhatikan Syarat Terbarunya

Cara mendapat centang biru Twitter dilakukan dengan mengisi form melalui menu pengaturan, lebih mudah.

oleh Laudia Tysara diperbarui 21 Jun 2023, 00:10 WIB
Diterbitkan 21 Jun 2023, 00:10 WIB
Twitter
Ilustrasi Twitter. (Pexels.com/Brett Jordan)

Liputan6.com, Jakarta Program cara mendapat centang biru Twitter atau tanda verifikasi Twitter sudah dibuka kembali. Hal ini diperkuat dengan cuitan akun resmi Twitter pada 20 Mei 2021 yang menjelaskan cara mendapat centang biru Twitter untuk pengajuan verifikasinya.

"Ada cara baru mengajukan lencana biru yang akan diluncurkan selama beberapa minggu ke depan. Sekarang pengguna bisa mengajukan verifikasi melalui aplikasi secara langsung lewat pengaturan akun pengguna," jelasnya.

Untuk memulai cara mendapat centang biru Twitter ada beberapa hal yang perlu dijadikan perhatian. Tata cara mendapat centang biru Twitter sudah diperbaharui begitu juga syarat pengajuannya.

Kini cara mendapat centang biru Twitter tidak perlu menghubungi tim Twitter Verified melalui Direct Message. Melainkan prosesnya dilakukan dengan mengisi form melalui menu pengaturan Twitter.

Berikut Liputan6.com ulas cara mendapat centang biru Twitter dari berbagai sumber, Jumat (21/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Persyaratan Cara Mendapat Centang Biru Twitter

Kebijakan cara mendapat centang biru Twitter 2021 berbeda dengan kebijakan tanda verifikasi akun beberapa tahun yang lalu. Perubahan ini ada pada persyaratan informasi profil yang lebih longgar sebagai syarat mendapatkan verifikasi.

Persyaratan cara mendapat centang biru Twitter yang dimaksud antara lain:

1. Pengguna mencantumkan alamat email yang diverifikasi.

2. Pengguna mencantumkan nomor telepon yang diverifikasi.

3. Pengguna mengisi gambar profil dan nama tampilan.

4. Akun tidak dikunci atau di-private selama 12 bulan terakhir.

5. Pastikan akun asli dan memuat data diri asli.

6. Terakhir pastikan akun terkenal dan aktif digunakan minimal 6 bulan.

7. Siapkan identitas diri seperti KTP, SIM, atau Paspor.

Selain itu, akun harus memiliki kategori yang lebih terperinci dan terdefinisi untuk bisa menyelesaikan cara mendapat centang biru Twitter. Menyoal kategori untuk cara mendapat centang biru Twitter, dijelaskan oleh pihak Twitter mencakup pejabat pemerintahan yang sebelumnya telah diverifikasi Twitter, perusahaan, brand, dan organisasi nirlaba.

Label lain yang bisa melakukan cara mendapat centang biru Twitter adalah outlet media, jurnalis, tokoh dan organisasi hiburan, akun terkait olahraga, hingga kategori aktivis dan individu berpengaruh lainnya. Ke depan, Twitter menyebut, pihaknya terbuka untuk memperluas kategorinya dari waktu ke waktu.


Cara Mendapat Centang Biru Twitter

Twitter
Ilustrasi Twitter. (Sumber: Pixabay.com)

Cara mendapat centang biru Twitter memang sempat ditangguhkan pada tahun 2017 lalu. Hingga akhirnya dibuka kembali pada tahun 2021 ini. Untuk cara mendapat centang biru Twitter terbaru lebih mudah daripada yang dulu.

Verifikasi dilakukan melalui pengaturan akun Twitter dan bisa dilakukan mandiri. Mengenai cara mendapat centang biru Twitter 2021 ini diumumkan melalui akun resmi perusahaan asal San Francisco, California, AS, Rabu (20/5/2021).

Berikut cara mendapat centang biru Twitter:

1. Siapkan jaringan internet yang stabil.

2. Unduh aplikasi Twitter di PlayStore atau AppStore.

3. Login akun yang sudah dimiliki ke aplikasi Twitter.

4. Buka menu pengaturan Twitter atau bagian setting.

5. Lakukan verifikasi terlebih dahulu dengan menyiapkan syarat.

6. Bila sudah siap, klik Request Verification.

7. Lakukan pengisian formulir untuk mengajukan verifikasi akun atau agar mendapat centang biru.

8. Bila sudah diisi dengan lengkap dan valid, selesaikan dengan klik Submit Form.

9. Akan muncul pemberitahuan “Account Not Eligible for Review” saat data yang dimasukkan ada yang kurang.

Bagi pengguna yang sudah menyelesaikan cara mendapat centang biru Twitter tersebut, tunggu proses data tersebut. Juru bicara Twitter kepada The Average, Jumat (18/12/2020) menjelaskan bahwa proses peninjauan dilakukan baik oleh admin manusia ataupun sistem.


Akun Bisa Kehilangan Tanda Centang Biru Twitter

Perubahan lain yang dibarengi dengan cara mendapat centang biru Twitter 2021 adalah adanya pedoman akun yang sudah mendapat tanda verifikasi bisa kehilangan tanda tersebut jika akun tidak aktif atau melanggar kebijakan Twitter. Kebijakan ini perlu dijadikan perhatian dengan saksama.

"Kami tidak berencana menghapus tanda centang biru pada akun orang yang telah meninggal dunia. Kami juga tengah membangun cara untuk mengenang akun-akun tersebut pada 2021," jelas Twitter di blognya.

Untuk akun yang dijalankan oleh individu atau milik pribadi, Twitter menyebut, selama pemegang akun membuat perubahan sebelum 20 Januari 2021 untuk mengikuti persyaratan, tidak ada risiko kehilangan tanda centang biru yang sudah didapatkan.

Twitter juga berencana menginformasikan individu yang berisiko kehilangan tanda centang biru mereka sebelum mengambil tindakan menghapus tanda centang biru. Twitter menyebut, mereka berhak menghapus tanda centang biru pada sebuah akun. Twitter mengharuskan semua pengguna untuk tunduk pada Peraturan Twitter.

"Berdasarkan kebijakan kami, kami bisa menghapus tanda verifikasi dari akun yang melakukan pelanggaran berat atau berulang terhadap Peraturan Twitter. Kami akan terus mengevaluasi akun berdasarkan kasus per kasus dan melakukan perbaikan pada 2021," tambah Twitter dalam blognya.


Akses Centang Biru Twitter Dihilangkan pada Tahun 2017

Twitter
Ilustrasi Twitter. (Pexels.com/Tracy Le Blanc)

Perlu diketahui, fitur cara mendapat centang biru Twitter ini sempat digulirkan beberapa tahun lalu. Tepat dihentikan pada 2017, sebab Twitter diketahui telah memverifikasi akun yang berhaluan kelompok supremasi kulit putih.

Di samping itu, apabila fitur cara mendapat centang biru Twitter benar-benar hadir seperti saat ini, Twitter setidaknya mampu menjawab rasa penasaran pengguna mengenai kualifikasi mendapatkan verifikasi. Sebab, banyak pengguna tidak mengetahui kualifikasi yang dibutuhkan untuk centang biru.

Kondisi itu sempat pula diungkap oleh CEO Twitter, Jack Dorsey, yang menyebut sistem verifikasi itu 'rusak'. Inilah mengapa, dia sempat mengatakan ingin membuka status verifikasi untuk semua orang seperti yang sudah dibuka pada awal tahun 2021.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya