20 Cara Menumbuhkan Kumis Secara Alami, Ketahui Penyebab Kumis Pria Tak Tumbuh

Cara menumbuhkan kumis secara alami untuk pria.

oleh Laudia Tysara diperbarui 22 Jun 2023, 11:40 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2023, 11:40 WIB
Ilustrasi pria idaman wanita (Pixabay)
Ilustrasi pria berkumis (Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Maskulinitas pria biasanya dinilai dari kumis yang dimilikinya. Padahal tidak semua pria bisa memiliki ketebalan kumis yang sama. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Namun, cara menumbuhkan kumis secara alami masih bisa dijadikan solusinya.

Penyebab dari kumis pria yang tidak tumbuh atau bahkan tumbuh tipis tidak ada kaitannya dengan maskulinitas. Pria tetaplah maskulin walau tidak punya kumis. Faktor penyebabnya adalah keturunan, hormon, dan folikel yang dimiliki. Untungnya, cara menumbuhkan kumis secara alami tidak begitu menyulitkannya.

Cara menumbuhkan kumis secara alami ini dinilai lebih aman dilakukan. Alih-alih mengonsumsi obat herbal yang dijual di pasaran, lebih baik manfaatkan rempah yang dimiliki di rumah. Nah, agar bisa segera mempraktikkannya, coba simak penjelasannya.

Berikut Liputan6.com ulas cara menumbuhkan kumis secara alami dari berbagai sumber, Jumat (17/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Menumbuhkan Kumis Secara Alami

teh herbal
ilustrasi teh herbal/Photo by Drew Jemmett on Unsplash

Minyak Kemiri

Asam linolenic (asam lemak omega-3) yang terkandung dalam minyak kemiri dapat merangsang pertumbuhan rambut Anda. Minyak kemiri memang sudah sejak lama digunakan dan dipercaya sebagai cara untuk menghitamkan rambut, menyuburkan rambut, dan menguatkannya. Maka tentu tidak salah jika minyak kemiri dapat diaplikasikan sebagai cara menumbuhkan kumis dengan kemiri.

Oleskan minyak kemiri pada kumis sebelum tidur, biarkan semalaman. Lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

Minyak Almond

Kandungan magnesium yang kaya membuat minyak almond cocok sebagai cara menumbuhkan kumis yang efektif. Magnesium berfungsi sebagai penyubur dan menjaga kesehatan rambut Anda. Oleskan minyak almond pada kumis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

Teh

Teh dapat menguatkan akar rambu kumis Anda sehingga kumis tidak mudah rontok dan dapat tumbuh lebih lebat lagi. Cara menumbuhkan kumis dengan teh adalah mendiamkan 1 gelas teh semalaman lalu oleskan dengan menggunakan cotton bud pada kumis Anda.

Lemon

Jeruk yang kaya akan anti-oksidan dan vitamin C adalah lemon. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Cara menumbuhkan kumis dengan lemon yakni dengan mengoleskan perasan lemon pada wajah Anda. Dengan ini, kumis Anda agar segera menjadi segar dan lebat karena lemon merangsang pertumbuhan folikel rambut.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu rambut kumis agar tidak mudah rontok dan menyuburkan. Cara menumbuhkan kumis secara alami menggunakan jeruk nipis mudah saja. Anda cukup membelah jeruk menjadi dua bagian lalu oleskan pada kumis secara merata. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

 


Cara Menumbuhkan Kumis Secara Alami

Penggunaan Minyak Zaitun Sebagai Makeup Remover
Ilustrasi Minyak Zaitun Credit: freepik.com

Minyak Kelapa dan Lemon

Campuran dua hal ini akan membuat pertumbuhan rambut kumis Anda semakin cepat dan lebat. Cara menumbuhkan kumis dengan dengan minyak kelapa dan lemon adalah dengan mencampurkan 1 sdm minyak kelapa dan 1 sdm perasan lemon. Oleskan pada kumis.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung nutrisi seperti vitamin A dan E. Vitamin A merangsang pertumbuhan rambut, sedangkan vitamin E akan senantiasa memelihara kesehatan rambut.

Dengan kombinasi ini, maka Anda akan mempunyai kumis yang lebat dalam waktu yang singkat. Yang perlu Anda perhatikan adalah Anda harus menggunakan minyak zaitun yang benar-benar alami, tidak tercampur dengan bahan-bahan kimia. Oleskan saja minyak zaitun sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

Susu Sapi Segar

Banyaknya vitamin, mineral, dan nutrisi pada susu sapi segar dapat menumbuhkan kumis mata menjadi lebat. Cara menumbuhkan kumis dengan susu sapi adalah merendam 2 kapas dalam susu sapi segar kemudian kompreskan pada kumis Anda selama 30 menit.

Kelopak Bunga Sepatu

Ekstrak kelopak bunga sepatu membantu merangsang pertumbuhan rambut Anda. Cara menumbuhkan kumis dengan kelopak bunga sepatu adalah petik satu bunga, lalu ulek kelopaknya saja hingga benar-benar halus lalu oleskan pada kumis Anda. Diamkan selama 30 menit lalu bilas.

Biji Rami

Minyak rami yang mengandung omega 3 dan asam lemak linoleat bisa jadi nutrisi Anda untuk menempuh cara menumbuhkan kumis. Oleskan minyak biji rami sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.


Cara Menumbuhkan Kumis Secara Alami

Ilustrasi kerokan pakai bawang merah (iStockphoto)
Ilustrasi bawang merah (iStockphoto)

Biji Fenugreek

Biji fenugreek, sama seperti minyaknya memang sangat berkhasiat sebagai cara menumbuhkan kumis alami. Cara menumbuhkan kumis dengan biji fenugreek adalah dengan menumbuk halus biji lalu campur dengan air hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada kumis. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas sampai bersih menggunakan air dingin.

Lidah Buaya

Tidak perlu dipungkiri lagi khasiat lidah buaya yang memang terkenal untuk menyuburkan rambut Anda. Cara menumbuhkan kumis dengan lidah buaya pun mudah saja. Oleskan gel lidah buaya pada kumis Anda. Diamkan selama 1 jam lalu bilas dengan menggunakan air dingin sampai gel bersih dan hilang.

Bawang Merah

Seringkali memang bawang merah membuat mata Anda perih dan kemudian menangis. Namun nyatanya, tidak hanya sebagai bumbu dapur, bawang merah juga dapat digunakan sebagai penyubur rambut.

Cara menumbuhkan kumis dengan bawang merah adalah dengan mengulek atau menumbuk atau memblender 2 siung bawang merah hingga halus kemudian oleskan ke kumis Anda. Diamkan selama 30 menit atau hingga mata Anda tidak kuat lagi menahan perih. Bersihkan sampai bersih dengan menggunakan air dingin.

Bawang Bombay

Selain bawang merah, bawang bombay yang merupakan bumbu dapur juga dapat digunakan sebagai penyubur pertumbuhan rambut kumis Anda yang efektif dan cepat. Cara menumbuhkan kumis dengan dengan bawang bombay pun sama, yaitu dengan menghaluskan bawang merah menggunakan blender atau menguleknya hingga benar-benar halus. Lalu oleskan pada kumis. Hati-hati jangan sampai terkena mata karena akan menyebabkan rasa pedih.

Kuning Telur

Vitamin A, B, dan E yang terkandung dalam kuning telur akan membuat rambut kumis Anda menjadi kuat dan sehat. Cara menumbuhkan kumis dengan kuning telur yakni ambil bagian kuning telur kemudian oleskan pada kumis Anda. Diamkan selama 30 menit lalu bilas sampai bersih menggunakan air dingin.


Cara Menumbuhkan Kumis Secara Alami

20150801-Ini Rahasia Bikin Awet Muda dan Anti Keriput Meski Usia Bertambah-Minyak Wijen
Ilustrasi minyak wijen (huffingtonpost.com)

Jarak

Minyak jarak terbukti ampuh sebagai cara menumbuhkan kumis secara alami selanjutnya. Caranya pun mudah. Oleskan minyak jarak pada kumis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

Kelapa

Minyak kelapa berfungsi sebagai kondisioner alami dan membantu proses pertumbuhan kembali rambut. Minyak kelapa mengandung protein yang tinggi yang dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Selain itu, minyak kelapa juga dapat melindungi rambut dari hal-hal yang dapat membuat rambut rusak. Dari sini maka minyak kelapa dapat Anda gunakan sebagai cara menumbuhkan kumis pula. Oleskan minyak kelapa pada kumis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

Jojoba

Minyak jojoba berfungsi sebagai bahan alami untuk menjaga kelembapan rambut Anda. Minyak ini akan membentuk lapisan lilin yang tipis pada setiap helai rambut, sehingga dapat melindungi dari sinar matahari.

Dengan demikian rambut pada kumis dapat tumbuh dengan alami dan cepat, dan jadi salah satu cara menumbuhkan kumis yang sehat. Oleskan minyak jojoba pada kumis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

Esensial Rosemary

Rosemary dipercaya untuk merangsang pertumbuhan rambut agar rambut dapat tumbuh dengan cepat. Hal ini dikarenakan minyak rosemary bertugas untuk merangsang folikel yang membuat rambut tumbuh panjang dan lebat serta mencegah kerontokan.

Dengan menggunakan minyak esensial rosemary sebagai cara menumbuhkan kumis, maka kumis yang Anda inginkan dapat tumbuh dengan cepat. Oleskan minyak esensial rosemary pada kumis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

Wijen

Sama seperti deretan minyak yang sudah kami sebutkan di atas, minyak wijen juga dapat jadi media cara menumbuhkan kumis. Pasalnya, minyak wijen merangsang pertumbuhan folikel agar rambut kumis dapat tumbuh dengan cepat dan juga minyak wijen berguna untuk melindungi kumis Anda dari paparan sinar UV. Oleskan minyak wijen pada kumis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.


Penyebab Kumis Pria Tidak Tumbuh

pria
ilustrasi pria/Photo by Benjamin Parker on Unsplash

Genetik

Sebelum susah payah menumbuhkan kumis dan jenggot, coba perhatikan kondisi keluarga Anda. “Apakah ayah punya kumis? Apakah kakek punya jenggot? Jika tidak, kecil kemungkinan bagi Anda untuk menumbuhkan kumis atau jenggot,” jelas dr. Seruni dikutip dari KlikDokter.

Hormon Testosteron Rendah

Selain berperan menggerakkan gairah seksual, hormon testosteron juga penting untuk menumbuhkan rambut di tubuh, termasuk wajah. Dengan kata lain, apabila Anda memiliki kadar testosteron rendah, otomatis hal tersebut akan memengaruhi pertumbuhan bulu-bulu di tubuh, tak terkecuali di wajah. 

Jadi, jenggot atau kumis akan sangat sulit tumbuh. Hal ini sulit dilakukan walaupun Anda telah puluhan kali mengoleskan ramuan penumbuh rambut di wajah atau bagian tubuh lainnya.

Folikel Rambut Sedikit

Jumlah folikel rambut di wajah yang sedikit membuat kumis atau jenggot tidak akan tumbuh. Nah, obat herbal yang dijual di pasaran biasanya hanya berfungsi untuk meningkatkan atau memperlancar pertumbuhan rambut. Apabila jumlah folikel sedikit, maka sama saja, hasilnya tidak akan maksimal.

Hal ini sama saja dengan genetik yang sebabkan jumlah folikel rambut tidak bisa ditambah. Pada setiap orang pasti memiliki jumlah folikel yang berbeda. Sehingga membuat ketebalan kumis dan jenggot berbeda-beda pada setiap pria.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya