Penelitian adalah Pengamatan Ilmiah, Ketahui Metode dan Manfaatnya

Penelitian adalah studi yang cermat dan terperinci.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 30 Jun 2023, 01:10 WIB
Diterbitkan 30 Jun 2023, 01:10 WIB
Ilustrasi penelitian
Ilustrasi (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Penelitian adalah studi yang cermat dan terperinci. Penelitian menggunakan subjek berupa masalah atau perhatian tertentu yang kemudian diamati menggunakan metode ilmiah. Penelitian adalah proyek yang bisa berupa apa saja.

Penelitian adalah istilah yang sering digunakan ketika berbicara tentang sains. Ini karena para ilmuwan menggunakan penelitian selangkah demi selangkah untuk membuktikan apa yang benar dan salah. Dalam penelitian, peneliti mencoba dan mempelajari sesuatu dengan melakukan eksperimen.

Penelitian adalah proses yang dilakukan dengan mengubah masalah menjadi pertanyaan. Penelitian adalah langkah yang dilakukan dengan maksud penelitian untuk menjawab pertanyaan itu. Penelitian adalah proyek yang dimulai dengan suatu masalah yang berasal dari suatu pengamatan.

Dalam dunia akademis, penelitian dilakukan ketika membuat skripsi, tesis, atau jurnal. Berikut pengertian tentang penelitian, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(20/01/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Arti penelitian

Basic Research
Ilustrasi Penelitian Credit: pexels.com/Dunn

Penelitian atau dalam bahasa Inggris, research, berasal dari kata Prancis Kuno recercher, yang berarti "mencari," atau "mencari dengan cermat". Ketika melakukan penelitian, seseorang sedang mencari pengetahuan dan fakta. Penelitian dilakukan dengan enyelidiki fakta-fakta dari subjek tertentu dan mempelajari dan merekam apa yang mereka dipelajari.

Menurut KBBI, penelitian adalah pemeriksaan yang teliti atau penyelidikan. Penelitian juga berarti kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum.


Apa itu penelitian?

Hantavirus Ternyata Bukan Virus Baru
Ilustrasi Penelitian Credit: pexels.com/pixabay

Penelitian adalah pertimbangan studi yang cermat mengenai perhatian atau masalah tertentu dengan menggunakan metode ilmiah. Menurut sosiolog Amerika Earl Robert Babbie, penelitian adalah penyelidikan sistematis untuk menggambarkan, menjelaskan, memprediksi, dan mengendalikan fenomena yang diamati. Ini melibatkan metode induktif dan deduktif.

Penelitian melibatkan penggunaan metode ilmiah untuk melakukan studi yang cermat dan terperinci tentang masalah atau masalah tertentu. Penelitian dilakukan dengan mengubah masalah menjadi pertanyaan. Hal ini dilakukan dengan maksud penelitian bisa menjawab pertanyaan itu.


Bagaimana penelitian dilakukan?

Deskriptif
Ilustrasi Penelitian Credit: unsplash.com/Sono

Untuk mulai meneliti sesuatu, seseorang harus memiliki masalah, kekhawatiran, atau isu yang berubah menjadi pertanyaan. Ini bisa datang dari mengamati dunia, penelitian sebelumnya, literatur profesional, atau dari rekan-rekan. Penelitian benar-benar dimulai dengan pertanyaan yang tepat, karena pertanyaan harus dapat dijawab.

Memiliki pertanyaan menciptakan keadaan internal 'Saya perlu mengetahui sesuatu'. Penelitian dimulai dengan suatu masalah yang berasal dari suatu pengamatan.


Macam-macam metode penelitian

ilustrasi penelitian
ilustrasi penelitian (sumber: iStockphoto)

Berdasarkan pengumpulan data, macam-macam metode penelitian dibagi menjadi dua, kualitatif dan kuantitatif. Berikut penjelasannya:

Metode penelitian kualitatif

Penelitian kualitatif adalah proses mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data non-numerik. Penelitian kualitatif diungkapkan dengan kata-kata. Ini digunakan untuk memahami konsep, pemikiran atau pengalaman.

Data kualitatif didefinisikan sebagai data non-numerik, seperti teks, video, foto atau rekaman audio. Jenis data ini dapat dikumpulkan dengan menggunakan catatan harian atau wawancara mendalam, dan dianalisis menggunakan teori dasar atau analisis tematik.

Metode penelitian kuantitatif

Penelitian kuantitatif melibatkan proses pengumpulan dan analisis data numerik secara obyektif untuk menggambarkan, memprediksi, atau mengontrol variabel yang menarik. Penelitian kuantitatif diekspresikan dalam angka dan grafik. Ini digunakan untuk menguji atau mengkonfirmasi teori dan asumsi.

Metode kuantitatif umum meliputi eksperimen, observasi yang dicatat sebagai angka, dan survei dengan pertanyaan tertutup. Jenis penelitian ini dapat digunakan untuk menetapkan fakta yang dapat digeneralisasikan tentang suatu topik.


Manfaat penelitian

Studi Kasus
Ilustrasi Penelitian Studi Kasus Credit: pexels.com/Startup

Memperluas basis pengetahuan

Alasan paling jelas untuk melakukan penelitian adalah manusia akan belajar banyak. Selalu ada lebih banyak untuk dipelajari tentang suatu topik, bahkan jika sudah berpengalaman di dalamnya. Proses penelitian membuka peluang baru untuk pembelajaran dan pertumbuhan.

Memberi informasi terbaru

Penelitian mendorong seseorang menemukan informasi terbaru yang tersedia. Dalam bidang-bidang tertentu, terutama bidang ilmiah, selalu ada informasi dan penemuan baru. Dengan info terbaru, seseorang akan lebih siap untuk berbicara tentang suatu subjek dan membangun ide.


Manfaat penelitian

Penelitian Terapan
Ilustrasi Penelitian Terapan Credit: pexels.com/Thunder

Mengetahui apa yang sedang terjadi

Salah satu manfaat penelitian adalah membuka mata terhadap apa yang sedang terjadi. Dalam jenis penelitian seperti kedokteran, penelitian mungkin mengidentifikasi penyakit, mengklasifikasikan gejala, dan menemukan cara untuk mengatasinya.

Membangun kredibilitas

Melakukan penelitian memberi seseorang dasar yang kuat di mana ia dapat membangun ide dan pendapat. Setelah melakukan penelitian, akan lebih sulit bagi seseorang untuk menyanggah apa yang dikatakan. Penelitian harus difokuskan pada sumber-sumber terbaik. Ketika penelitian bagus, orang-orang lebih cenderung memperhatikan.


Manfaat penelitian

Ilustrasi penelitian.
Ilustrasi penelitian. (iStockphoto)

Mengasah ketajaman berpikir

Penelitian membantu menyaring informasi berkualitas rendah dan berkualitas tinggi. Semakin banyak penelitian yang dilakukan pada suatu topik, semakin baik seseorang membedakan mana yang akurat dan mana yang tidak. Seseorang juga akan menjadi lebih baik dalam membedakan area abu-abu di mana informasi mungkin secara teknis benar tetapi digunakan untuk menarik kesimpulan yang meragukan.

Mendorong rasa ingin tahu

enelitian membuka peluang untuk berbagai pendapat dan ide-ide baru. Ini juga membangun keterampilan cerdas dan analitis. Proses penelitian menghargai rasa ingin tahu.

Menjangkau banyak orang

Penelitian digunakan untuk membantu meningkatkan kesadaran akan masalah seperti perubahan iklim, diskriminasi rasial, ketidaksetaraan gender, dan banyak lagi. Penelitian juga memerlukan melampaui data mentah dan berbagi kisah kehidupan nyata yang memiliki dampak lebih pribadi pada orang-orang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya