Nilai X Adalah Representasi Suatu Nilai dalam Persamaan Satu Variabel, Ini Contoh Penerapannya

Nilai x adalah nilai yang digunakan untuk merepresentasikan angka yang belum diketahui dalam sebuah persamaan matematika.

oleh Dinda Hafid Hafifah diperbarui 02 Agu 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2023, 17:00 WIB
Matematika
Ilustrasi Matematika (sumber: unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Nilai x adalah nilai yang digunakan untuk merepresentasikan angka yang belum diketahui dalam sebuah persamaan matematika. Nilai x biasanya dicari untuk menyelesaikan persamaan dalam pelajaran matematika.

Nilai x sering kita temui pada pembelajaran matematika. Nilai x adalah penyelesaian x tentang menemukan nilai x dalam persamaan satu variabel yaitu x atau dengan variabel lain seperti mencari x dalam bentuk y. Nilai x  juga membuat perhitungan lebih cepat dan lebih mudah dimana kita bisa mengibaratkan suatu angka dalam nilai x variabel.  Nilai x berfungsi sebagai panduan untuk referensi umum. Nilai x digunakan untuk setiap penjualan properti, pembelian, hipotek, akuntansi, transfer internal, dan pelajaran matematika lainnya.

Pada rumus dan volume perhitungan setiap nilai x  adalah cukup rumit tetapi sebenarnya konsep di baliknya sangat mudah. Selanjutnya, kami menggunakan algoritme yang merupakan rumus matematika untuk memproses data mentah menjadi informasi empat dimensi yang mencakup atribut properti, deret waktu, elemen lokasi, dan keluaran seperti nilai sewa di tingkat unit.

Nilai x adalah salah satu bagian dari pelajaran matematika yang sangat berguna pada kehidupan sehari hari. Dimana nilai x dapat memperhitungkan nilai rumah untuk penumpukan properti dan luas tanah sebagai perumpaman nilai dalam perhitungan tersebut.

Berikut ini adalah rumus yang menggunakan nilai x sebagai persamaan dalam pemelajaran matematika yang liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (02/8/2023)


1. Dalam rumus statistika

Ilustrasi matematika
Ilustrasi matematika. (Photo by Annie Spratt on Unsplash)

Pengetahuan yang berhubungan dengan cara-caara pengumpulan data, pengolahan atau penganalisaannya dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisaan yang dilakukan. Dalam statistika terdapat beberapa bagian sebagai cara menghitung yaitu, modus mean, median.

Median adalah nilai yang membagi serangkaian nilai variabel (data) sedemikian rupa sehingga setengah dari rangkaian itu mempunyai nilai yang lebih kecil dari atau sama dengan nilai median. Modus adalah nilai yang menunjukkan nilai-nilai yang lain terkonsentrasi. Sedangkan mean adalah hasil bagi dari sejumlah skor dengan banyaknya responden. Mean menggunakan persamaan nilai x dalam menentukan jumlah dari nilai x.

Mencari mean

Bila dua koin dilemparkan sebanyak 16 kali dan X adalah jumlah depan (atas) yang muncul setiap kali pelemparan. Sehinga nilai X adalah 0,1, atau 2. Misalkan dari hasil percobaan menunjukkan bahwa tanpa depan, satu depan, dan dua[1]duanya depan adalah masing-masing 4, 7 dan 5. Maka jumlah rata-rata depan yang muncul setiap satu lemparan dari 2 koin tersebut adalah

 ((0)(4)+(1)(7)+(2)(5))/16=1.06

Nilai 4/16, 7/16, dan 5/16 disebut sebagai fraksi atau frekuensi relatif, sehingga kita bisa menghitung nilai rata-rata dengan nilai tertentu yang terjadi dan nilai frekuensinya. Nilai rata-rata (mean).

∑X=0 4/16+1 7/16+2 5/16=1.06

Bila X adalah suatu variabel acak dengan distribusi probabilitas f(x)

Ilustrasi matematika
Ilustrasi matematika. (Photo by Antoine Dautry on Unsplash)

Contoh lainnya :

M=(∑X)/N

M = Mean

ƩX = Jumlah dari nilai x

N = Banyaknya angka/nilai x

Misalnya, nilai X terdiri dari berat badan empat orang siswa yaitu:

 “Si A = 30 Kg, Si B = 28 Kg, si C = 34 Kg, dan si D = 24 Kg.”

Jawab :

M=(∑X)/N

=(30+28+34+24)/4

=29 Kg

Cara ini digunakan jika banyaknya angka pada sekumpulan data relatif sedikit atau menggunakan alat bantu hitung. Cara ini tidak efisien digunakan untuk mencari mean dari angka yang banyak.


2. Dalam rumas nilai mutlak

Matematika
Lowongan Pekerjaan Pakai Rumus Matematika Berisi Info Nomor Telepon (Sumber: Ilustrasi: Pexels/Ya Krukau)

Nilai mutlak adalah suatu fungsi yang aturannya memuat nilai mutlak. Nilai mutlak suatu bilangan real x, dinyatakan dengan |x|, didefinisikan sebagai

fungsi khusus yang menarik, karena memiliki ciri khas yang berbeda dari fungsi lain terutama proses pencarian solusi dan penyajian yang berbentuk grafik. Fungsi nilai mutlak dapat diselesaikan dan digambar grafiknya dengan cara mengubah bentuk aturan fungsi nilai mutlak tersebut sehingga diperoleh suatu fungsi dengan banyak persamaan yang memenuhi daerah definisinya.

Dalam nilai mutlak memiliki beberapa cara dalam menghitung yaitu, persamaan dan pertidaksamaan linear nilai mutlak. Persamaan nilai mutlak yaitu suatu nilai mutlak dari sebuah bilangan yang dapat didefinisikan sebagai jarak bilangan tersebut terhadap titik 0 pada garis bilangan tanpa memperhatikan arahnya. Sedangkan Pertidaksamaan nilai mutlak adalah jenis pertidaksamaan yang mengandung nilai mutlak.

 

Ilustrasi Matematika
Ilustrasi matematika. (Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay)

Contoh persamaan nilai mutlak

Jika | 3x + 2 | = 2 , tentukan nilai x yang memenuhi ?

3x + 2 = 2 atau  -3x - 2 = 2

3x = 2 – 2          -3x = 2 + 2

3x = 0                  -3x = 4

 x = 0                    x = -4/3

Penyelesaian    x { -4/3,0}

            

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya