Viral Suara Dentuman Misterius dari Dalam Bumi di Sumenep, BMKG: Aktivitas Gua

Para ahli turun tangan adanya fenomena suara dentuman misterius di Sumenep

oleh Ibrahim Hasan diperbarui 14 Agu 2023, 15:59 WIB
Diterbitkan 14 Agu 2023, 14:17 WIB
Suara Dentuman Misterius di Tanah
Viral Suara Dentuman Misterius dari Dalam Bumi di Sumenep (Sumber: Twitter/Mohneymaloloh2).

Liputan6.com, Jakarta Fenomena aneh sering dikaitkan dengan tanda-tanda kiamat. Seperti baru-baru ini, warga Warga di Dusun Tengah, Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur heboh usai mendengar suara semacam bunyi ketukan di dalam tanah. Mereka tak tahu pasti apa penyebab suara misterius tersebut. 

Fenomena suara dentuman di dalam bumi di Sumenep ini jadi perbincangan publik. Sebuah video unggahan akun Twitter @Mohneymaloloh2 membagikan momen warga setempat panik saat mendengar suara ketukan aneh itu. Dalam klip berdurasi 1.51 menit itu menunjukkan suara dentuman dari dalam tanah yang ada rumah warga di atasnya.

Kepanikan warga Desa Moncek Tengah akhirnya kompak melaporkan peristiwa ini ke para ahli. Siapa sangka, meski tak sepenuhnya benar, namun BMKG setempat menyebut suara dentuman misterius di dalam bumi Sumenep ini berasal dari aktivitas gua. 

Tim Stasiun Geofisika Tretes, Pasuruan sudah memasang seismograf untuk merekam getaran suara dentuman misterius di dalam bumi tersebut. Berikut Liputan6.com merangkum fenomena misterius suara ketukan dari dalam tanah melansir dari berbagai sumber, Senin (14/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Aktivitas Gua di Dalam Bumi Bawah Tanah Rumah Warga

Suara Dentuman Misterius di Tanah
Viral Suara Dentuman Misterius dari Dalam Bumi di Sumenep (Sumber: Twitter/Mohneymaloloh2).

Melansir dari Merdeka.com, Dr. Amien Widodo, Dosen di Departemen Geofisika ITS, mengungkapkan bahwa kemungkinan penyebab dari fenomena bunyi misterius ini dapat dikaitkan dengan adanya gua atau rongga bawah tanah. 

Pandangan ini diperkuat oleh ciri-ciri lingkungan tanah di desa tersebut, yang memang seringkali mengandung batuan kapur. Dalam konteks ini, dugaan penyebab yang paling rasional adalah gesekan atau benturan antara material-material di dalam rongga bawah tanah, yang kemudian menghasilkan bunyi menyerupai ketukan.

Seperti dalam video yang tengah viral, suara ketukan bisa didengar dari tepi pondasi rumah warga. Setidaknya dilaporkan ada 5 kepala keluarga yang mengungsi akibat suara yang muncul dari dalam tanah di bawah rumah mereka. Mereka ialah Jakfar, Hamim Jasuli, Badrun, Ramli, dan Naim.


Suara Dentuman Misterius Dikaitkan Datangnya Bencana

Suara Dentuman Misterius di Tanah
Viral Suara Dentuman Misterius dari Dalam Bumi di Sumenep (Sumber: Twitter/Mohneymaloloh2).

Suara dentuman misterius tersebut muncul di depan rumah salah satu warga. Suaranya menyerupai suara orang sedang menggali sumur. Namun, kenyataannya, tidak ada tindakan penggalian sumur yang terjadi. Kepanikan warga seketika mengaitkan suara misterius ini sebagai tanda akan datangnya bencana hingga kiamat.

“Kehebohan melanda warga saat bunyi yang mirip ketukan atau suara penggalian sumur semakin menguat, menciptakan suasana cemas di sekitar. Warga-warga menjadi panik menghadapinya," ungkap Nyai Wiqoyatul Mutammimah warga Moncek Tengah kepada Radio Karimata Pamekasan

Masyarakat setempat bahkan mengadakan Shalat Istighotsah, berdoa memohon keselamatan dari Sang Pencipta, sembari berharap agar suara misterius ini segera menghilang."


Simak Video Suara Dentuman Misterius dari Dalam Bumi

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya