5 Tips Lolos Uji Emisi Kendaraan Agar Tidak Kena Tilang, Perhatikan Perawatan

Tips lolos uji emisi yang paling utama dilakukan dengan memperhatikan perawatan kendaraan.

oleh Husnul Abdi diperbarui 01 Sep 2023, 16:10 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2023, 16:10 WIB
Tips Lolos Uji Emisi Kendaraan
Tips Lolos Uji Emisi Kendaraan (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta Tips lolos uji emisi kendaraan perlu dikenali oleh setiap orang. Pasalnya, hal ini diwajibkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai upaya mengurangi polusi di Ibu Kota. Uji emisi wajib dilakukan setahun sekali untuk kendaraan berusia tiga tahun ke atas.

Bila tidak lolos uji emisi, maka kamu akan mendapatkan sanksi tilang. Hal ini tentunya dapat merugikan kamu bila tidak lolus uji emisi kendaraan. Oleh karena itu, kamu perlu mengenali cara agar lolos dari uji emisi kendaraan ini. 

Tips lolos uji emisi yang paling utama dilakukan dengan memperhatikan perawatan kendaraan. Perawatan ini juga berkaitan dengan sistem pembakaran pada bahan bakar. Kamu bisa melakukan pengecekan di bengkel untuk mengetahui kondisi kendaraan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari laman MyPertamina, Jumat (1/9/2023) tentang tips lolos uji emisi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Memastikan Saluran Bahan Bakar dan Filter Udara Bersih

Tips Lolos Uji Emisi Kendaraan
Tips Lolos Uji Emisi Kendaraan

Tips lolos uji emisi kendaraan yang pertama yaitu memastikan saluran masuk bahan bakar dan filter udara dalam keadaan bersih. Hal ini dilakukan agar udara yang masuk ke mesin tidak terhambat sehingga angka HC pun tidak semakin tinggi.

Aliran udara yang masuk ke mesin akan terhambat, sehingga angka HC pun semakin tinggi bila saluran bahan bakar dan filter udara berada dalam keadaan yang kotor. Udara yang pasokannya kurang dalam proses pembakaran menyebabkan gas yang keluar dari knalpot menjadi lebih tinggi.

Selain itu, bahan bakar yang sesuai dengan kendaraan dapat membantu pembakaran di dalam mesin lebih baik dan sempurna. Hal ini menyebabkan emisi yang dikeluarkan tidak membahayakan dan rendah kadar CO. Selain menekan kadar CO, tips lolos uji emisi ini juga dapat menjaga efisiensi dalam berkendara, menjaga performa, dan mengirit bensin.


2. Pastikan Kondisi Busi dan Koil dalam Keadaan Baik

Sebelum melakukan uji emisi, pastikan bahwa busi yang terdapat pada kendaraan tidak dalam keadaan aus. Busi yang aus akan menghasilkan kadar CO yang tinggi. Biasanya busi diganti dalam periode waktu tertentu jika kamu rajin melakukan servis kendaraan.

Jadi, tips lolos uji emisi kendaraan berikutnya adalah dengan memeriksa kondisi busi dan koil kendaraan. Sebelum uji emisi, kamu juga perlu mengganti busi baru agar lolos uji emisi, Pastikan juga bahwa koil dalam keadaan baik. Hal ini pun dapat dilihat melalui api yang dihasilkan pada busi.


3. Pastikan Kendaraan dalam Suhu yang Stabil

Tips Lolos Uji Emisi Kendaraan
Tips Lolos Uji Emisi Kendaraan (Liputan6.com/Johan Tallo)

Tips lolos uji emisi kendaraan berikutnya adalah memastikan kendaraan dalam suhu yang stabil saat dilakukannya uji emisi. Cara melakukannya adalah dengan memeriksa sistem pendingin dan pelumas mesin. Knalpot kendaraan juga perlu diperhatikan, pasalnya bagian ini memiliki tugas untuk mengubah emisi gas buang beracun menjadi udara yang bersih.

Kamu perlu menggunakan oli yang baik dan berkualitas untuk melumasi mesin kendaraan. Pasalnya, oli akan mempengaruhi kadar CO yang dihasilkan serta mengendalikan emisi gas buang.


4. Hindari Modifikasi Kendaraan

Tidak melakukan modifikasi pada kendaraan menjadi salah satu tips lolos uji emisi yang penting diperhatikan. Pasalnya, melakukan modifikasi kendaraan dapat membahayakan pengendara. Tidak hanya itu, kenyamanan dalam berkendara juga akan berkurang saat kamu melakukan modifikasi pada kendaraan.

Agar kendaraan lolos uji emisi, maka kamu harus mempertahankan kondisi kendaraan dalam keadaan standar seperti buatan pabrik.


5. Servis Secara Rutin

Tips Lolos Uji Emisi Kendaraan
Tips Lolos Uji Emisi Kendaraan (Liputan6.com/Johan Tallo)

Salah satu tips lolos uji emisi kendaraan yang paling penting tentunya adalah melakukan servis secara rutin. Servis secara rutin dapat membantu kamu dalam memastikan mesin-mesin di kendaraan berada pada kondisi yang baik, mulai dari saluran masuk bahan bakar hingga saluran keluarnya atau knalpot.

Saat sedang melakukan servis kendaraan, kamu juga dapat menanyakan mengenai kondisi kendaraan. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui kondisi kendaraan, baik atau tidak. Pastikan bahwa kamu juga membaca buku manual pemilik kendaraan agar mengetahui tentang cara merawat kendaraan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya