Enough Artinya Cukup, Begini Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat

Enough artinya cukup dapat digunakan sebagai kata sifat yang mengacu pada jumlah yang memadai atau mencukupi dari suatu hal.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 04 Sep 2023, 11:47 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2023, 09:45 WIB
English Grammar
Periksa tata bahasa Inggris kamu. (Pexels/Ivan Samkov)

Liputan6.com, Jakarta Kata enough artinya cukup digunakan untuk mengindikasikan bahwa suatu hal telah mencapai tingkat yang memadai atau memenuhi kebutuhan tertentu. Enough menjadi salah satu kata sifat (adjective) atau kata keterangan (adverb) yang sangat umum dalam bahasa Inggris.

Enough artinya cukup dapat digunakan sebagai kata sifat yang mengacu pada jumlah yang memadai atau mencukupi dari suatu hal. Kata ini digunakan untuk menyatakan bahwa kuantitas atau jumlah sesuatu mencukupi atau memadai. Enough juga dapat digunakan sebagai kata keterangan untuk menggambarkan tindakan atau aktivitas yang mencapai tingkat yang memadai atau cukup.

Kata enough sangat fleksibel dan dapat digunakan dalam berbagai konteks dalam bahasa Inggris. Penting untuk memahami konteks kalimat agar dapat menggunakannya dengan benar. Berikut ulasan tentang enough artinya cukup serta contoh penggunaannya dalam kalimat dengan berbagai konteks, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (4/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Konsep Kata Enough

Ilustrasi Kamus Bahasa Inggris
Ilustrasi Kamus Bahasa Inggris (Photo by Pisit Heng on Unsplash)

Kata enough artinya cukup dalam bahasa Inggris memiliki arti dasar yang mengindikasikan kecukupan atau kepuasan terhadap jumlah atau kualitas sesuatu. Secara dasar, enough berarti cukup. Ini mengacu pada saat seseorang merasa bahwa sesuatu yang ada atau tersedia sudah mencukupi atau memenuhi kebutuhan atau keinginan mereka.

Enough secara umum digolongkan ke dalam kelas kata keterangan atau adverb. Ini karena kata ini sering digunakan untuk menggambarkan sejauh mana suatu tindakan, kondisi, atau sifat sudah mencapai tingkat kecukupan atau memadai. Menariknya, kata enough dapat menempati peran berbeda tergantung pada konteks kalimatnya.

Kata enough juga bisa berfungsi sebagai kata sifat (adjective) yang menggambarkan kuantitas atau kualitas sesuatu. Enough dapat berperan sebagai determiner, yaitu kata yang mengidentifikasi atau membatasi kata benda.


Enough sebagai Kata Sifat (Adjective)

4 Alasan Bahasa Inggris Penting untuk Dikuasai Pekerja dan Pencari Kerja
Seberapa penting bahasa Inggris dapat menunjang karier kita di dunia kerja? simak penjelasan Yoshua Yanottama (Head of Learning Cakap) berikut ini. (pexels/fauxels)

Kata enough yang digunakan sebagai kata sifat dalam sebuah kalimat mengindikasikan bahwa kuantitas atau jumlah sesuatu sudah mencukupi atau memadai sesuai dengan kebutuhan.

Contoh Kalimat:

Have you got enough money? (Apakah kamu punya cukup uang?). Di sini, enough menggambarkan bahwa kuantitas uang yang ada mencukupi.

There's enough food for refugees. (Ada cukup makanan untuk para pengungsi).Kata enough mengindikasikan bahwa jumlah makanan memadai untuk para pengungsi.

Enough sebagai Pronoun

Dalam peran sebagai pronoun, enough berfungsi untuk merujuk pada atau menjelaskan kata benda sebelumnya, biasanya berkaitan dengan kuantitas atau jumlah yang sudah mencukupi.

Contoh Kalimat:

I've said many times, enough is enough! (Saya sudah mengatakan berkali-kali, cukup ya cukup!) Enough merujuk pada situasi atau hal yang sudah mencukupi.

Have you had enough to rest? (Apakah kamu sudah cukup makan?) Enough merujuk pada waktu istirahat yang cukup bagi seseorang.

Enough sebagai Adverb

Saat digunakan sebagai kata keterangan (adverb), enough biasanya mengikuti kata sifat atau kata kerja dan mengindikasikan bahwa sesuatu mencapai tingkat yang memadai atau cukup dalam batas yang wajar dan diperlukan.

Contoh Kalimat:

Ardo was old enough to know this situation. (Dina cukup tua untuk mengetahui situasi ini.) Enough di sini menggambarkan bahwa usia Ardo memadai untuk memahami situasi tersebut.

Are you smart enough to be a winner? (Apakah kamu cukup pintar untuk menjadi seorang pemenang?)Kata enough menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan seseorang sudah mencukupi untuk menjadi pemenang.

 


Penggunaan Enough Disandingan Berbagai Kelas Kata

Ilustrasi kamus bahasa Inggris
Ilustrasi kamus bahasa Inggris. (Photo created by rawpixel.com on www.freepik.com)

Kata enough dapat digunakan bersama dengan berbagai kelas kata, termasuk kata kerja (verb), kata benda (noun), dan kata sifat (adjective). Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai penggunaan enough dengan berbagai kelas kata.

1. Enough Digunakan Bersama dengan Verb (Kata Kerja)

Ketika enough digunakan bersama dengan kata kerja dalam bahasa Inggris, kata kerja tersebut biasanya muncul terlebih dahulu, diikuti oleh kata enough. Ini mengindikasikan bahwa suatu tindakan atau aktivitas sudah mencapai tingkat yang memadai atau cukup.

Contoh Kalimat:

I don't have information to give enough. (Saya tidak punya cukup informasi yang dapat diberikan.) 

Di sini, give (memberi) adalah kata kerja yang diikuti oleh enough, yang mengindikasikan bahwa informasi yang dimiliki tidak mencukupi untuk memberi sebanyak yang diinginkan.

2. Enough Digunakan Bersama dengan Noun (Kata Benda)

Enough juga dapat digunakan bersama dengan kata benda, dan dalam kasus ini, enough ditempatkan sebelum kata benda. Ini menunjukkan bahwa kuantitas atau jumlah dari objek tersebut memadai atau cukup.

Contoh Kalimat:

I don't have enough money to buy a house. (Saya tidak punya cukup uang untuk membeli sebuah rumah.) 

Enough ditempatkan sebelum money (uang), mengindikasikan bahwa jumlah uang yang dimiliki tidak mencukupi untuk membeli barang tersebut.

3. Enough Digunakan Bersama dengan Adjective (Kata Sifat)

Untuk menggunakan enough bersama dengan kata sifat, enough biasanya ditempatkan sebelum kata sifat tersebut. Ini menunjukkan bahwa sifat tersebut sudah mencukupi atau memadai untuk sesuatu.

Contoh Kalimat:

He is good enough to work here. (Dia cukup baik untuk bekerja di sini) 

Kata enough ditempatkan sebelum good (baik), mengindikasikan bahwa sifat baik sudah mencukupi atau memadai untuk menjadi pacar.


Frasa Enough Of

Ilustrasi kamus bahasa Inggris
Ilustrasi kamus bahasa Inggris. (Photo Copyright by Freepik)

Frasa enough of memiliki arti yang serupa dengan kata enough dalam hal menunjukkan kecukupan atau ketidakmampuan untuk mendapatkan lebih banyak dari sesuatu. Namun, perbedaan utama adalah bahwa frasa enough of biasanya digunakan bersama dengan sebuah article (kata sandang) seperti my, your, his, her, dan lain sebagainya. Frasa ini menekankan bahwa seseorang telah mencapai titik kejenuhan atau kecukupan tertentu dalam hal yang dibahas.

Contoh

I need more berries, I can't get enough of them. (Saya butuh lebih banyak buah beri, saya tidak bisa mendapatkan cukup itu.)

Frasa enough of digunakan bersama dengan them (yang merujuk pada buah beri) dan menunjukkan bahwa seseorang sangat menyukai buah tersebut dan merasa bahwa jumlah buah beri yang dimiliki belum cukup untuknya. 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya