Close Artinya Tutup dan Dekat, Pahami Perbedaan dan Cara Penggunaannya dalam Bahasa Inggris

Menurut Merriam Webster, sebagai salah satu dalam kelompok kata kerja, close artinya bisa bermacam-macam. Close artinya untuk bergerak sehingga menghalangi jalan melalui sesuatu.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 02 Sep 2023, 11:10 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2023, 11:10 WIB
20160602-Panti Pijat Tutup
Ilustrasi Closed atau Tutup.

Liputan6.com, Jakarta Dalam bahasa Inggris, close artinya beragam tergantung bagaimana kata tersebut digunakan dalam konteks kalimat yang berbeda. Sebab dalam bahasa Inggris, kata close artinya bisa merujuk pada sifat benda-benda yang berdekatan satu sama lain.

Selain itu, close artinya juga bisa merujuk pada sifat sesuatu yang mirip dengan hal lain. Di samping itu, close artinya juga dapat merujuk pada tindakan menutup atau mengunci sesuatu seperti pintu atau jendela, sehingga tidak dapat diakses oleh siapa pun tanpa akses.

Dari penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa close artinya beragam dan dapat digunakan untuk mengungkapkan tentang kedekatan, kemiripan, maupun tindakan menutup sesuatu.

Lalu bagaimana cara membedakan close artinya dekat, mirip, dan menutup? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (2/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Definisi Close Berdasarkan Kamus Bahasa Inggris

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dalam bahasa Inggris, close artinya bisa beragam. Sebab tergantung penggunaannya, close bisa masuk dalam kelompok kata kerja maupun kata sifat.

Dengan kata lain, close artinya bisa dipahami sebagai salah satu contoh homonim maupun homograf, yakni kata yang memiliki pelafalan dan ejaan yang sama, namun memiliki makna yang berbeda.

Menurut Merriam Webster, sebagai salah satu dalam kelompok kata kerja, close artinya bisa bermacam-macam. Close artinya untuk bergerak sehingga menghalangi jalan melalui sesuatu; untuk menghalangi masuk atau lewat; untuk menolak akses; dan sebagainya.

Dari serangkaian makna dari kata close tersebut dapat disimpulkan bahwa jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, close artinya adalah tutup atau menutup.

Dari sumber yang sama, sebagai kata sifat close artinya juga beragam. Close artinya berada dekat dalam waktu, ruang, efek, atau derajat; sangat tepat dan memperhatikan detail; memiliki sedikit ruang antar item atau unit, dan sebagainya.

Dari serangkaian makna tersebut, dapat dipahami bahwa sebagai kata kerja, jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, close artinya adalah dekat atau mirip.


Bagaimana cara menggunakan kata

[Fimela] Toko Tutup
Ilustrasi toko tutup | pexels.com/@timmossholder

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sebagai kata kerja close artinya tutup atau menutup. Kata tersebut memiliki banyak penerapan. Jika digunakan secara harfiah, seseorang mungkin menggunakan kata tersebut untuk mendeskripsikan sesuatu yang telah ditutup atau disatukan dengan cara tertentu, seperti menutup pintu atau menyelesaikan suatu rangkaian.

Di bidang keuangan, ini juga bisa merujuk pada penyelesaian transaksi di mana investor membeli atau menjual saham pada harga penutupan. Selain itu, seseorang mungkin menggunakan close untuk merujuk pada hasil akhir yang dicapai—seperti mendekati pencapaian suatu tujuan.

Untuk memahami bagaimana penggunaan kata close sebagai kata kerja dalam bahasa Inggris, simak sejumlah contoh kalimat berikut ini:

  1. She closed the book and placed it on the shelf. (Dia menutup buku dan meletakkannya di rak.)
  2. Please close the door behind you when you leave. (Tolong tutup pintu di belakangmu saat kamu pergi.)
  3. The company decided to close the factory due to financial difficulties. (Perusahaan memutuskan untuk menutup pabrik karena kesulitan keuangan.)
  4. They will close the highway for repairs next week. (Mereka akan menutup jalan raya untuk perbaikan minggu depan.)
  5. He closed the deal with a handshake. (Dia menyelesaikan kesepakatan dengan jabat tangan.)
  6. The chef closed the pastry with a layer of chocolate ganache. (Koki menutup kue dengan lapisan ganache cokelat.)
  7. The police closed off the crime scene for investigation. (Polisi menutup lokasi kejahatan untuk penyelidikan.)
  8. She closed the curtains to block out the sunlight. (Dia menutup tirai untuk menghalangi cahaya matahari.)

Penggunaan Kata

Ilustrasi teman, sahabat, kepercayaan
Ilustrasi teman, sahabat, kepercayaan. (Photo by Hannah Busing on Unsplash)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, close adalah salah satu contoh homonim atau homograf, yakni kata yang memiliki ejaan dan bunyi atau pelafalan yang sama namun memiliki arti yang berbeda. Selain terdapat kata close yang masuk dalam kelompok kata kerja, ada kata close dalam bahasa Inggris yang masuk dalam kelompok kata sifat.

Sebagai kata sifat, close artinya merujuk pada sifat yang dekat, baik itu kedekatan fisik maupun emosi atau kedekatan hubungan. Di samping itu, close artinya juga bisa merujuk pada kemiripan satu hal dengan hal lain. Untuk memahami makna close sebagai kata sifat, simak contoh kalimat dalam bahasa berikut:

  1. The close proximity of the two houses made it easy for the neighbors to socialize. (Kedekatan yang erat antara dua rumah membuat tetangga mudah untuk bersosialisasi.)
  2. The hikers enjoyed the close encounter with the wildlife in the forest. (Para pendaki menikmati pertemuan yang dekat dengan satwa liar di hutan.)
  3. She has a close relationship with her siblings, and they support each other through thick and thin. (Dia memiliki hubungan yang erat dengan saudara-saudaranya, dan mereka saling mendukung dalam suka dan duka.)
  4. The close friends decided to go on a road trip together. (Sahabat-sahabat yang akrab memutuskan untuk pergi berlibur jalan-jalan bersama.)
  5. The team had a close victory in the final minutes of the game. (Tim itu meraih kemenangan yang tipis dalam menit-menit terakhir pertandingan.)
  6. The close resemblance between the two sisters is striking. (Kemiripan yang sangat erat antara kedua saudara perempuan tersebut mencolok.)
  7. The small town has a close community where everyone knows each other. (Kota kecil ini memiliki komunitas yang erat di mana semua orang saling mengenal.)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya