MBB Artinya Maaf Baru Balas, Ketahui Penggunaan dan Contohnya

MBB merupakan istilah dalam bahasa gaul yang artinya maaf baru balas.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 07 Sep 2023, 08:40 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2023, 08:40 WIB
MBB Artinya Maaf Baru Balas, Ketahui Penggunaan dan Contohnya
Ilustrasi kenalan lewat chat/copyright unsplash/Nylos

Liputan6.com, Jakarta MBB artinya istilah yang kerap dijumpai melalui pesan singkat seperti WhatsApp dan aplikasi chattingan lainnya. Kata singkatan ini biasanya digunakan oleh anak muda saat tidak bisa langsung membalas pesan.

Meski populer di kalangan anak muda, namun masih banyak orang yang belum mengerti arti MBB. Kata MBB artinya singkatan dari maaf baru balas. Kata ini juga termasuk sebagai singkatan dari bahasa gaul.

Kata singkatan ini digunakan saat seseorang ingin meminta maaf karena terlambat atau lama untuk bisa membalas pesan yang dikirimkan. Hal ini lantaran sedang sibuk sehingga belum sempat membukanya atau bahkan karena ponsel sedang mati.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai arti MBB beserta penggunaan dan contohnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Arti MBB dan Penggunaannya

MBB Artinya Maaf Baru Balas, Ketahui Penggunaan dan Contohnya
Ponsel. (Foto: Unsplash)

Kata MBB artinya adalah singkatan dari maaf baru balas. Kata ini termasuk sebagai bahasa gaul yang sering digunakan oleh anak muda. Namun seiring perkembangan zaman, kata ini juga banyak digunakan oleh orang dewasa.

Kata MBB artinya maaf baru balas merupakan ungkapan yang digunakan untuk meminta maaf karena merespons atau menjawab pesan, pertanyaan, atau permintaan dengan keterlambatan. Ini menunjukkan pengakuan atas ketidaksempurnaan atau keterlambatan dalam merespons komunikasi. Hal ini bisa jadi seseorang tersebut masih sibuk sehingga belum sempat membukanya atau bahkan karena ponsel sedang mati.

Singkatan ini digunakan untuk menunjukkan kesopanan dan rasa hormat terhadap orang yang mengirim pesan, terutama jika mereka menunggu respons Anda atau jika pesan mereka memiliki urgensi tertentu. Ini adalah cara untuk menyatakan bahwa Anda memahami bahwa Anda telah merespons dengan keterlambatan dan ingin menyampaikan permintaan maaf.

Selain menggunakan kata MBB artinya maaf baru balas, anda juga bisa menggunakan kata sorry baru balas untuk kata alternatifnya. Intinya kata-kata tersebut dipakai untuk menyampaikan maaf atas keterlambatan dalam merespons.

Singkatan ini umumnya digunakan dalam komunikasi santai atau percakapan informal, terutama dalam pesan teks, obrolan daring, atau media sosial. Dalam konteks formal atau profesional, disarankan untuk merespons pesan atau komunikasi dengan lebih cepat dan lebih tepat waktu.


Contoh Kalimat Penggunaan MBB

Supaya anda lebih paham terkait arti MBB, ini ada contoh penggunaan katanya. Misalnya, jika seseorang mengirim pesan teks kepada Anda dan Anda tidak segera meresponsnya, Anda dapat menjawab dengan "MBB" diikuti dengan pesan maaf. Contoh penggunaannya adalah: "MBB, saya baru saja melihat pesan Anda sekarang. Maaf atas keterlambatan dalam merespons."

Selain itu, anda juga menggunakan contoh seperti ini "MBB, baru lihat pesanmu. Ada yang bisa aku bantu?" jika sedang mengirim pesan teks kepada teman. Pastikan bahasa yang digunakan sesuai dengan siapa lawan penerima pesan singkat tersebut.


Istilah Populer dalam Chat Lainnya

MBB Artinya Maaf Baru Balas, Ketahui Penggunaan dan Contohnya
Ilustrasi Penggunaan Ponsel Credit: pexels.com/pixabay

Selain kata MBB, ada banyak istilah populer yang sering dipakai dalam chattingan. Berikut ini rinciannya:

  1. PC: Artinya Personal Chat.
  2. PM: Artinya Personal Message.
  3. DM: Artinya Direct Message.
  4. VN: Artinya voice note.
  5. VC: Artinya video call.
  6. TC: Artinya test contact.
  7. HBD: Artinya Happy birthday (Selamat ulang tahun).
  8. BTW: Artinya by the way (Ngomong-ngomong).
  9. COD: Artinya cash on delivery (Bayar di tempat).
  10. FYI: Artinya for your information (Sekedar informasi).
  11. GWS: Artinya get well soon (Lekas sembuh).
  12. LOL: Artinya Laugh ut loud (Tertawa terbahak-bahak).
  13. OOT: Artinya out of topic (Keluar dari topik).
  14. PHP: Artinya pemberi harapan palsu.
  15. Bro: Artinya Brother.
  16. Sist: Artinya Sister.
  17. BT: Artinya bosan.
  18. PAP: Artinya post a picture (Kirim gambar).
  19. Baper: Artinya bawa perasaan.
  20. Mantul: Artinya mantap betul.
  21. Agan: Artinya bos atau majikan.
  22. Suhu: Artinya orang yang hebat atau sudah ahli.
  23. Kuy: Artinya yuk.
  24. Gokil: Artinya lucu, gila, atau keren banget.
  25. Japri: Artinya jalur pribadi.
  26. Mager: Artinya malas gerak.
  27. Kece: Artinya keren.
  28. Woles: Artinya selow atau santai.
  29. Sans: Artinya santai.
  30. Kepo: Artinya pengen tahu berbagai  hal.
  31. Takis: Artinya sikat.
  32. Lebay: Artinya terlalu berlebihan.
  33. Galau: Artinya perasaan bimbang, sedih, bingung, khawatir dan lainnya.
  34. Gercep: Merupakan singkatan dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya.
  35. Komuk: Merupakan singkatan gaul yang merujuk pada Kondisi Muka.
  36. Nolep: Kata ini merupakan plesetan dari kata bahasa inggris yatu No Life. Kata ini merujuk pada seseorang yang lebih suka berdiam diri di rumah dan tidak suka bergaul.
  37. Pansos: Pansos adalah singkatan gaul dan merupakan kependekan dari panjat sosial. Sesuai namanya, Pansos digunakan untuk merujuk kepada orang-orang yang suka mencari perhatian banyak orang, terutama di media sosial.
  38. YXGK: Ya Kali Gak Kuy. Merupakan ajakan atau ungkapan menerima ajakan yang sayang dilewatkan.
  39. OOTD: Adalah singkatan dari Outfit of The Day. Kata ini biasa digunakan dalam caption media sosial untuk unggahan foto satu badan penuh menjelaskan apa paduan pakaian yang digunakan hari ini.
  40. XOXO: singkatan dari Hugs and Kisses, artinya peluk dan cium.
  41. TFL: Adalah singkatan bahasa Inggris dari Thanks For Like. Ungkapan ini menunjukkan rasa terima kasih karena sudah diberikan sebuah ‘Like’dalam postingan atau konten media sosialnya.
  42. WDYM: singkatan dari What Do You Mean, artinya apa maksudmu?
  43. J/K: singkatan dari Just Kidding, artinya hanya bercanda. Kepo: Merupakan akronim dari kalimat Knowing Every Particular Object, yang berarti atau ditujukan kepada orang yang serba ingin tahu.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya