Cara Memakai Masker yang Benar untuk Cegah Penyakit, Jangan Sampai Salah

Cara memakai masker yang benar perlu dilakukan untuk memaksimalkan perlindungannya dalam menangkal virus.

oleh Husnul Abdi diperbarui 08 Okt 2023, 13:30 WIB
Diterbitkan 08 Okt 2023, 13:30 WIB
Cara Memakai Masker yang Benar untuk Mencegah Penyakit
Cara Memakai Masker yang Benar untuk Mencegah Penyakit. (pexels.com/RF Studio)

Liputan6.com, Jakarta Cara memakai masker yang benar perlu dipahami oleh setiap orang. Pasalnya, memakai masker dengan benar merupakan cara yang ampuh dalam mencegah penularan penyakit, seperti flu hingga virus COVID-19.

Cara memakai masker yang benar tentunya dengan memastikan masker yang dikenakan menutup ketat area hidung, mulut, dan dagu. Biasanya, kamu perlu menekan bagian atas masker sehingga menutup mengikuti bentuk hidung.

Cara memakai masker yang benar perlu dilakukan untuk memaksimalkan perlindungannya dalam menangkal virus yang akan masuk ke tubuh manusia. Menggunakan masker merupakan langkah sehat yang dapat dilakukan guna melindungi diri dari virus yang masuk melalui hidung dan mulut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (8/10/2023) tentang cara memakai masker yang benar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Memakai Masker yang Benar

Cara Memakai Masker yang Benar untuk Mencegah Penyakit
Cara Memakai Masker yang Benar untuk Mencegah Penyakit. (dok. Önder Örtel/Unsplash)

Cara memakai masker yang benar perlu benar-benar diperhatikan setiap orang. Perlindungan diri dari virus yang masuk melalui hidung dan mulut tentunya akan efektif bila kamu menerapkan cara memakai masker yang benar ini.

Mengutip laman Kementerian Kesehatan, cara memakai masker yang benar sesuai rekomendasi WHO yaitu sebagai berikut:

  1. Mencuci tangan sebelum memakai masker, juga sebelum dan sesudah melepasnya, dan setelah menyentuhnya setiap saat.
  2. Pastikan masker menutupi hidung, mulut, dan dagu.
  3. Saat melepas masker, simpan dalam kantong plastik bersih. Jika masker kain, cuci setiap hari, atau buang masker medis di tempat sampah.
  4. Jangan menggunakan masker dengan katup udara

Sementara itu, melansir ditpsd.kemdikbud.go.id, cara memakai masker yang benar yaitu sebagai berikut:

  1. Cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer sebelum pakai masker.
  2. Pakai masker bersih yang tidak rusak atau kotor.
  3. Pastikan masker menutup ketat area hidung, mulut, dan dagu.
  4. Tekan bagian atas masker sehingga menutup mengikuti bentuk hidung.
  5. Pakai masker ganda lebih baik, dengan kombinasi masker medis + masker kain.
  6. Hindari menyentuh bagian depan masker saat digunakan.
  7. Lepas masker dari tali belakang.
  8. Kembali cuci tangan pakai sabun atau bersihkan dengan hand sanitizer setelah melepas masker.

Cara memakai masker yang benar tersebut diharapkan dapat melindungi kamu dari paparan virus Covid-19 dan penyakit lainnya yang menular melalui hidung dan mulut.


Cara Membuang Masker yang Benar

Contoh ilustrasi menggunakan masker
Cara Membuang Masker yang Benar (Foto: Unsplash.com/Atoms)

Setelah mengetahui cara memakai masker yang benar, kamu juga perlu mengenali cara membuangnya. Hal ini agar virus penyakit benar-benar hilang dan tidak menyebar lagi. Berikut cara membuang masker yang benar menurut BPOM:

1. Lepaskan masker melalui bagian tali dari belakang telinga

Sebelum menerapkan cara membuang masker yang benar, kamu harus melepaskannya dengan hati-hati. Jangan asal-asalan, sehingga membuat kuman dan percikan air liur malah menyebar. Lepaskan masker melalui bagian tali dari belakang telinga dengan perlahan.

2. Lipat masker sehingga kuman/droplet ada di bagian dalam lipatan

Cara membuang masker yang benar dimulai dengan melipat masker terlebih dahulu sebelum setelah kamu melepaskannya. Lipatlah masker ke bagian dalam, sehingga kuman atau droplet ada di bagian dalam lipatan tersebut.

Hal ini untuk mencegah kuman dan percikan liur menyebar seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Dengan melipatnya ke arah dalam, maka bagian masker yang bersih akan tetap berada di luar, sehingga risiko menulari orang lain pun menjadi berkurang.

3. Disinfeksi masker dengan disinfektan/klorin/cairan pemutih

Setelah melipatnya ke bagian dalam, cara membuang masker yang benar selanjutnya adalah melakukan disinfeksi dengan disinfektan, klorin atau cairan pemutih. Hal ini dimaksudkan agar virus dan bakteri yang terdapat pada masker bisa mati sebelum kamu membuangnya.

4. Rusak masker dengan menggunting tali dan tutupnya

Cara membuang masker yang benar berikutnya adalah dengan merusaknya. Kamu bisa menerapkan cara ini dengan menggunting tali dan tutupnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari penggunaan masker yang telah digunakan sebelumnya.

5. Masukkan ke wadah atau plastik yang aman dan buang ke tempat sampah domestik

Selanjutnya, kamu bisa memasukkan masker ke dalam wadah atau plastik yang aman terlebih dahulu sebelum membuangnya ke tempat sampah domestik. Cara membuang masker yang benar satu ini dilakukan supaya masker yang telah dibuang benar-benar sudah aman dalam keadaan tertutup. Hal ini supaya menutup kemungkinan penularan dari virus yang belum mati atau yang berkembang biak pada masker setelah dibuang.

6. Cuci tangan setelah membuang masker. Gunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik/ hand sanitizer

Setelah melakukan semua cara membuang masker tersebut, hal terakhir yang harus selalu kamu lakukan adalah mencuci tangan. Memang di masa pandemi corona ini, kegiatan mencuci tangan adalah pembuka dan penutup segala aktivitasmu.

Cucilah tangan setelah membuang masker dengan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Kamu juga bisa menggunakan hand sanitizer yang lebih praktis.

Cara memakai masker yang benar dan cara membuangnya tentu sangat penting diperhatikan. Kamu bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan mencegah penyebaran penyakit ke orang lain.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya