Perbedaan AM dan PM dalam Bahasa Inggris, Simak Contohnya

Pemahaman perbedaan AM dan PM sangat penting, karena bisa memengaruhi komunikasi yang efektif.

oleh Laudia Tysara diperbarui 20 Okt 2023, 18:40 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2023, 18:40 WIB
Ilustrasi waktu berjalan cepat, jam
Jam digital menunjukkan pukul 12.20 AM. (Photo by Djim Loic on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - AM (Ante Meridiem) dan PM (Post Meridiem) adalah notasi waktu yang mengacu pada format 12 jam yang digunakan secara luas di beberapa negara, termasuk Kanada, Australia, Inggris, dan Amerika Serikat. Memahami perbedaan AM dan PM memiliki relevansi penting dalam penggunaan bahasa Inggris sehari-hari, terutama ketika merujuk pada waktu.

Menurut "Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Edisi Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Untuk SMP Kelas VII" (2020) yang ditulis oleh Nike Aditya dan Tenia Kurniawati, aturan penulisan waktu dibagi menjadi dua notasi utama, yaitu penulisan waktu 24 jam (24 hour clock) dan penulisan waktu 12 jam (12 hour clock).

Notasi waktu dalam format 24 jam (24 hour clock) mengizinkan representasi waktu hingga angka 24, dengan pukul 3 sore, misalnya, ditulis sebagai pukul 15.00. Sementara itu, notasi 12 jam (12 hour clock) menggunakan AM untuk waktu sejak tengah malam hingga sebelum tengah hari, dan PM untuk waktu sejak tengah hari hingga tengah malam.

Pemahaman tentang perbedaan notasi waktu ini sangat penting, karena bisa memengaruhi komunikasi yang efektif dan manajemen waktu dalam situasi sehari-hari. Jika tidak memahami perbedaan AM dan PM, bisa menimbulkan kebingungan dan kesalahan dalam pengaturan janji atau perencanaan aktivitas. Simak penjelasan lengkapnya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang perbedaan AM dan PM dalam bahasa Inggris, Jumat (20/10/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perbedaannya

Ilustrasi waktu berjalan cepat, jam
Jam analog menunjukkan pukul 01.14 PM. (Photo by Srikanta H. U on Unsplash)

AM (Ante Meridiem)

Perbedaan AM dan PM bisa dipahami dari teori bahwa menurut Encyclopedia Britannica "AM" adalah singkatan dari "Ante Meridiem," yang merupakan istilah Latin. Arti AM adalah "sebelum tengah hari." Dalam pengaturan waktu, "AM" digunakan untuk menunjukkan waktu sejak tengah malam (12:00) hingga menjelang atau sebelum tengah hari (11:59).

Misalnya, ketika melihat pukul 7:00 AM, ini berarti pukul 07:00 pagi. Ini adalah waktu awal sehari, yang mencakup pagi hingga tengah hari. Ketika matahari mulai naik dan hari baru dimulai, kita menggunakan "AM" untuk menyatakan waktu ini. "AM" seringkali digunakan untuk merujuk pada waktu pagi, seperti waktu untuk sarapan, kegiatan sehari, atau pertemuan di pagi hari.

PM (Post Meridiem)

"PM" adalah singkatan dari "Post Meridiem," menurut Splash Learn. Ini merupakan istilah Latin yang artinya "setelah tengah hari." Dalam bahasa Inggris, "PM" digunakan untuk menunjukkan waktu sejak tengah hari (12:00) hingga menjelang atau setelah tengah malam (11:59).

Perbedaan AM dan PM bisa dicontohkan dari, ketika melihat pukul 7:00 PM, ini berarti pukul 07:00 malam. Ini adalah waktu ketika hari telah berlalu separuhnya dan menjelang malam. Pada waktu ini, seharusnya menggunakan "PM" untuk menyatakan waktu malam. "PM" seringkali digunakan untuk merujuk pada waktu malam, seperti waktu makan malam, pertunjukan malam, atau aktivitas yang terjadi setelah tengah hari.

Pemisahan waktu menggunakan AM dan PM sangat penting untuk menghindari kebingungan saat berbicara tentang waktu dalam format 12-jam dalam bahasa Inggris. Ini membuat seseorang bisa dengan jelas memahami apakah waktu yang dimaksudkan adalah pagi atau malam.


Penggunaannya di Era Modern

Penggunaan konvensi AM dan PM yang menunjukkan perbedaan waktu pagi dan malam, telah mengalami evolusi di era modern. Konvensi ini membantu memahami waktu dengan lebih jelas, terutama dalam pengaturan jam berformat 12-jam yang sering digunakan saat ini.

Dalam format ini, jam 1 siang atau 1 PM ditunjukkan sebagai 13.00, sementara jam 7 malam atau 7 PM akan menjadi 19.00. Ini adalah contoh cara modern dalam mengkomunikasikan waktu dan menciptakan kesepakatan global tentang saat yang tepat dalam format jam 24-jam.

Akhirnya, kini tidak selalu diperlukan untuk menggunakan AM atau PM ketika menyebut waktu. Dalam pengaturan informal, dapat menggantinya dengan ekspresi "in the morning" untuk pagi hari, "in the afternoon" untuk siang, dan "at night" untuk malam. Misalnya, bisa mengatakan "I have a meeting at 10 in the morning" untuk menyebutkan bahwa pertemuan itu pada pukul 10 pagi.

Penting untuk diingat bahwa penghilangan ekspresi waktu dalam penyebutan jam bisa menimbulkan ambiguitas.

Contoh yang paling sederhana adalah ketika seseorang menyebutkan "8 o'clock." Tanpa konteks atau penjelasan tambahan, pernyataan ini bisa menjadi ambigu karena 8 o'clock bisa merujuk pada 8 AM (pagi) atau 8 PM (malam). Oleh karena itu, untuk menghindari kebingungan, terutama dalam situasi formal atau penting, konvensi "AM" dan "PM" tetap merupakan cara yang efektif dan universal untuk menjelaskan waktu.


Contohnya

Ilustrasi jam dinding
Jam analog menunjukkan pukul 10.09 AM. (Photo by Ocean Ng on Unsplash)
  1. I wake up at 6 AM every morning. (Saya bangun jam 6 pagi setiap pagi.)
  2. The breakfast buffet is served from 7 AM to 10 AM. (Prasmanan sarapan disajikan dari jam 7 pagi hingga jam 10 pagi.)
  3. Our flight to New York leaves at 8 AM. (Penerbangan kami ke New York berangkat jam 8 pagi.)
  4. The conference starts at 9 AM sharp. (Konferensi dimulai tepat jam 9 pagi.)
  5. Don't forget to take your medication at 11 AM. (Jangan lupa minum obat Anda jam 11 pagi.)
  6. We have a meeting at 3 PM this afternoon. (Kami memiliki pertemuan jam 3 sore ini.)
  7. The movie premiere is at 7 PM. (Premier film tersebut akan dimulai jam 7 malam.)
  8. Dinner reservations are at 8 PM. (Reservasi makan malamnya jam 8 malam.)
  9. She usually goes to the gym at 9 PM. (Biasanya dia pergi ke gym jam 9 malam.)
  10. The store closes at 10 PM. (Toko itu tutup jam 10 malam.)
  11. The event will be held from 10 AM to 5 PM. (Acara tersebut akan diselenggarakan dari jam 10 pagi hingga jam 5 sore.)
  12. The train departs at 11 AM, and we'll arrive in the city at 3 PM. (Kereta berangkat jam 11 pagi, dan kami akan tiba di kota itu jam 3 sore.)
  13. We have a lunch appointment at 1 PM. (Kami memiliki janji makan siang jam 1 siang.)
  14. The library opens at 9 AM and closes at 8 PM. (Perpustakaan buka jam 9 pagi dan tutup jam 8 malam.)
  15. The party starts at 7 PM and goes on until 2 AM. (Pesta dimulai jam 7 malam dan berlanjut hingga jam 2 pagi.)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya