Kumpulan Doa Hari Ibu yang Bisa Diamalkan, Cocok Jadi Kado Istimewa

Bacaan doa Hari Ibu bisa anda amalkan untuk ibu anda yang masih hidup maupun yang sudah meninggal.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 20 Mar 2024, 15:19 WIB
Diterbitkan 20 Des 2023, 19:00 WIB
Kumpulan Doa Hari Ibu yang Bisa Diamalkan, Cocok Jadi Kado Istimewa
Ilustrasi ibu dan anak perempuannya. (Photo Copyright by Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Hari Ibu di Indonesia diperingati pada 22 Desember setiap tahunnya. Peringatan ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengungkapkan rasa kasih sayang dan penghargaan kepada sosok ibu, yang begitu berjasa dalam kehidupan kita.

Ada berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk merayakan Hari Ibu, salah satunya dengan mendoakannya. Bacaan doa Hari Ibu ini bisa anda amalkan bagi ibu anda yang masih hidup hingga yang sudah meninggal.

Tak hanya di Hari Ibu saja, memberikan doa Hari Ibu juga bisa dipanjatkan setiap hari. Sebab doa Hari Ibu merupakan hadiah besar yang dibutuhkan seorang ibu. Sebagaimana perintah Allah SWT bahwa doa anak shaleh dan shalehah yang dapat menolong orang tuanya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai bacaan doa Hari Ibu yang bisa anda amalkan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Doa untuk Hari Ibu

Kumpulan Doa Hari Ibu yang Bisa Diamalkan, Cocok Jadi Kado Istimewa
Ilustrasi muslimah, memanjatkan doa. (Foto oleh Thirdman: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-wanita-agama-budaya-7956903/)

Berikut doa untuk kedua orang tua baik masih hidup maupun sudah wafat, doa berikut dibaca ketika selesai salat lima waktu : 

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Arab Latin: Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā.

Artinya: "Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

Adapun berikut ini adalah doa yang dapat dibaca di hari ibu. Doa di hari ibu ini dikutip oleh Imam Al-Ghazali dalam Kitab Ihya Ulumiddin terkait doa-doa yang berasal dari Rasulullah SAW dan para sahabat RA, yang berbunyi:

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيْرًا وَاغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ وَالمُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ

Arab Latin: Rabbighfir lī wa li wālidayya warhamhumā kamā rabbayānī shaghīran, waghfir lil mu’minīna wal mu’mināti, wal muslimīna wal muslimāt al-ahyā’I minhum wal amwāti.

Artinya: “Tuhanku, ampunilah dan kedua orang tuaku sebagaimana keduanya mengasuhku ketika kecil. Ampunilah orang beriman dan orang Islam baik laki-laki maupun perempuan, yang masih hidup dan yang sudah wafat,” (Imam Al-Ghazali, Ihya’i Ulūmiddīn, [Kairo, Darus Syi’b: tanpa tahun], halaman 578).

Selain itu, berikut ini amalan doa hari ibu berdasarkan salah surat dalam Al-Quran yaitu QS. Al Isra ayat 24, di antaranya sebagai berikut.

Rabbirhamhum kam rabbayn shaghran

Artinya: "Tuhanku, ampunilah dan kedua orang tuaku sebagaimana keduanya mengasuhku ketika kecil,"


Doa untuk Ibu yang Sudah Meninggal

Kumpulan Doa Hari Ibu yang Bisa Diamalkan, Cocok Jadi Kado Istimewa
Ilustrasi muslim memanjatkan doa. (Photo Copyright by Freepik)

Apabila ibu anda sudah meninggal, dapat memanjatkan doa untuk ibu yang sudah meninggal berikut ini sebagai kado terindah untuk ibu anda, yang berbunyi:

Allahummaghfirlaha warhamha wa 'asfihaa wa fu'anhaa wakrim nudzulahaa wa wassi' mudholahaa wagsilhaa bilmaai watsalji wal barodi wanaqqohaa min khotooyaa kamaa naqoitats tsaubal abyado minad danasi wabdilhaa daarol khoiron min daarihaa eaahlan khoiron min ahlihaa wajaudzan khoiron nin jaudzihaa waadhilnaj jannata wa a'idzahaa min adzaabil qobrii au min adzabin naar.

Artinya:  “Ya Allah, ya Tuhanku ampunilah dia, dan berikanlah rahmat untuknya, selamatkanlah dirinya, maafkanlah dirinya seta tempatkanlah dia di tempat yang mulia (surga), perluaslah kuburannya, mandikan dirinya dengan air dari salju serta dari es.

Bersihkan dirinya dari seluruh kesalahan seperti Engkau membersihkan baju-baju yang putih dari kotoran, lalu berilah rumah yang jauh lebih baik dari rumahnya di dunia, berilah dirinya keluarga yang lebih baik daripada yang ia miliki di dunia, pasangkanlah dia dengan yang lebih baik daripada pasangan yang ia miliki di dunia, serta masukkanlah dia ke surga dan jagalah dia dari siksa kubur dan siksa api neraka.”


Doa Syafaat Untuk Kedua Orang Tua

Kumpulan Doa Hari Ibu yang Bisa Diamalkan, Cocok Jadi Kado Istimewa
ilustrasi berdoa. © pexels.com/Timur Weber

Berikut ini bacaan doa syafaat untuk kedua orang tua yang bisa anda amalkan setelah melaksanakan sholat wajib, yakni:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيْرًا وَلِجَمِيْعِ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ وَالمُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ سًبْحَانَ رَبَّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Arab Latin: Allāhummaghfir lī dzunūbī, wa li wālidayya warhamhumā kamā rabbayānī shaghīran, wa li jamī‘il mu’minīna wal mu’mināti, wal muslimīna wal muslimāt al-ahyā’I minhum wal amwāti, wa tābi‘ baynanā wa baynahum bil khayrāti. Rabbighfir warham wa anta khayrur rāhimīna, wa lā hawla wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil azhīmi, wa shallallāhu ‘alā khayri khalqihī sayyidinā muhammadin wa ālihī wa shahbihī wa sallama. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūna, wa salāmun ‘alal mursalīna, wal hamdulillāhi rabbil ‘alamīn.

Artinya, “Tuhanku, ampunilah dosaku dan kedua orang tuaku. Kasihilah mereka sebagaimana mereka mengasuhku ketika kecil, (ampunilah dosa) orang beriman dan orang Islam baik laki-laki maupun perempuan, yang masih hidup dan yang sudah wafat. Iringilah kebaikan antara kami dan mereka. Tuhanku, ampunilah dan kasihilah. Sungguh, Kau sebaik-baik pengasih,–Tiada dan upaya kecuali berkat Allah yang maha tinggi dan maha agung. Salam sejahtera untuk sebaik-baik makhluk-Nya, Nabi Muhammad saw, keluarga, dan sahabatnya,–Maha suci Tuhanmu, Tuhan pemilik kemuliaan, dari segala yang mereka gambarkan. Semoga kesejahteraan melimpah untuk para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam,” (Perukunan Melayu, [Jakarta, Al-Aidrus: tanpa tahun], halaman 55).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya