6 Manfaat Bersyukur Selain Memberikan Ketenangan Bagi Hati yang Sering Terlupakan

Seseorang dapat melupakan untuk menghargai tindakan kecil dalam hidup karena kehidupan yang sibuk dan tuntutan yang tinggi.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 25 Sep 2024, 09:27 WIB
Diterbitkan 25 Sep 2024, 09:27 WIB
Tak Hanya Bikin Hati Tenang, Ini Manfaat Bersyukur yang Kerap Terlupakan
Foto ini diberikan kredit oleh Pexel.com/Karolina Kaboompics.

Liputan6.com, Jakarta Bersyukur adalah suatu sikap yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, seringkali orang melupakan untuk bersyukur karena terlalu sibuk dengan rutinitas dan terlalu fokus pada tindakan yang belum terpenuhi. Terkadang, orang juga terlalu terpaku pada masalah dan lupa menghargai tindakan kecil yang ada dalam hidup. Selain itu, ada juga yang kurang sadar akan pentingnya bersyukur dan lebih cenderung mengeluh atau merasa tidak puas.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui manfaat bersyukur yang sering terlupakan. Selain memberikan ketenangan bagi hati, bersyukur memiliki banyak manfaat lain yang mungkin tidak selalu disadari oleh banyak orang. Bersyukur dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik, memperkuat hubungan sosial, serta membantu seseorang untuk lebih optimis dan resilient dalam menghadapi tantangan hidup.

Dengan memahami dan mempraktikkan sikap bersyukur, seseorang dapat menjalani kehidupan yang lebih bermakna dan seimbang, serta menciptakan lingkungan yang lebih positif bagi diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (25/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keuntungan Bersyukur di Setiap Hari

Ilustrasi bersyukur
Ilustrasi bersyukur. (Image by jcomp on Freepik)

1. Meningkatkan Kesehatan Mental: Bersyukur dapat mengurangi perasaan stres, kecemasan, dan depresi, membantu menciptakan suasana hati yang lebih positif.

2. Meningkatkan Kesehatan Fisik: Orang yang bersyukur cenderung memiliki sistem imun yang lebih baik, berolahraga lebih banyak, dan menjaga pola makan yang sehat.

3. Meningkatkan Hubungan Sosial: Rasa syukur dapat memperkuat ikatan dengan orang lain, meningkatkan empati dan mengurangi agresi, sehingga membangun hubungan yang lebih baik.


Berbagai Keuntungan Bersyukur dalam Kehidupan Sehari-hari

Ilustrasi muslimah, syukur alhamdulillah
Ilustrasi muslimah, syukur alhamdulillah. (Image by wayhomestudio on Freepik)

4. Meningkatkan Kepuasan Hidup: Dengan fokus pada tindakan positif, bersyukur dapat meningkatkan perasaan puas dan bahagia dalam hidup.

5. Meningkatkan Resiliensi: Bersyukur membantu individu menghadapi kesulitan dengan cara yang lebih konstruktif, memperkuat ketahanan emosional.

6. Mendorong Perilaku Baik: Rasa syukur sering kali memotivasi individu untuk melakukan tindakan baik bagi orang lain, menciptakan efek positif dalam komunitas.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya