Resep Songpyeon, Kue Tradisional Chuseok Korea yang Bisa Kamu Buat di Rumah

Selalu menjadi bintang dalam perayaan Chuseok, Songpyeon adalah kue beras tradisional Korea yang penuh makna, melambangkan kebersamaan dan harapan.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 07 Agu 2024, 16:23 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2024, 16:23 WIB
ilustrasi mochi
ilustrasi mochi (sumber: Pexel)

Liputan6.com, Jakarta Songpyeon, kue beras tradisional Korea, memiliki tempat istimewa dalam hati masyarakat Korea, terutama saat perayaan Chuseok. Berbentuk setengah bulan dan diisi dengan berbagai bahan lezat seperti kacang merah, kacang hijau, atau wijen, songpyeon bukan hanya sekadar makanan penutup, melainkan simbol harapan dan kebersamaan.

Setiap gigitan kue beras ini membawa kenangan manis tentang keluarga yang berkumpul dan doa-doa yang dipanjatkan untuk masa depan yang lebih baik. Selain rasa manis dan teksturnya yang kenyal, songpyeon juga dipercaya membawa keberuntungan, unik sekali bukan?

Membuatnya pun kini mudah lho. Ini dia resep mudah membuat songpyeon yang dapat kamu coba di rumah, diulas Liputan6.com dari laman Fimela.com, Rabu (7/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Resep Songpyeon

ilustrasi mochi
ilustrasi mochi (sumber: Freepik)

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

- 160 gram tepung beras

- 100 gram tepung ketan

- 2 sendok makan gula pasir

- 200 mililiter air panas

- Minyak wijen secukupnya

- 125 gram kacang pinus yang telah disangrai dan dihaluskan

- 1 sendok makan biji wijen sangrai yang dihaluskan

- 2 sendok makan gula pasir (atau bisa diganti dengan gula palem)

- 2 sendok makan madu

- Jarum pinus secukupnya


Cara Membuat Songpyeon

ilustrasi mochi
Ilustrasi mochi ini berasal dari Freepik.

1. Campurkan 1½ cangkir tepung beras, 1 sendok teh garam, dan ¼ cangkir air panas dalam sebuah mangkuk.

2. Uleni hingga adonan menjadi halus dan elastis. Jika adonan terlalu kering, tambahkan sedikit air panas. Bentuk adonan menjadi bulatan dan bungkus dengan plastik. Sisihkan.

3. Dalam mangkuk lain, campurkan 3 sendok makan tepung beras dengan 1½ sendok teh air dari buah gardenia untuk pewarna kuning. Uleni hingga adonan halus dan bentuk menjadi bulatan. Bungkus dengan plastik dan sisihkan.

4. Campurkan 1½ cangkir tepung beras dan ¼ sendok teh garam dalam mangkuk lain. Panaskan wajan di api sedang, tambahkan blueberry, dan hancurkan hingga halus. Biarkan hingga bergelembung selama beberapa menit, lalu saring blueberry. Tambahkan ¼ cangkir blueberry yang sudah disaring ke dalam adonan tepung. Aduk hingga dingin. Uleni hingga kalis dan bentuk menjadi bulatan. Bungkus dengan plastik dan sisihkan.

5. Campurkan semua kacang dengan 2 sendok teh madu dan hancurkan hingga halus. Gunakan campuran ini sebagai isian sesuai selera.

6. Ambil sebagian adonan dengan warna apa saja, bulatkan dengan jari. Bentuk menjadi cangkir kecil dengan jempol, lalu isi dengan isian kacang. Rekatkan adonan dengan jempol dan hias sesuai selera dengan adonan warna lain.

7. Rebus air di pengukus dan letakkan jarum pinus. Masukkan songpyeon, tutup, dan kukus selama 20-30 menit hingga matang dan transparan. Setelah matang, olesi dengan minyak wijen untuk mencegah lengket dan memberikan kilau.

Menikmati songpyeon saat Chuseok bukan hanya tentang menikmati kelezatan, tetapi juga tentang merayakan kehidupan dan menumbuhkan harapan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya