Viral Pria Muda Ini Tampak Tua Usai 5 Bulan Daki Gunung, Kok Bisa?

Usaha pria sembuh dari sakit hati usai putus cinta

oleh Ibrahim Hasan diperbarui 07 Agu 2024, 11:30 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2024, 11:30 WIB
Pria Putus Cinta Jadi Lebih Tua
Pria Muda Ini Tampak Tua Usai 5 Bulan Daki Gunung (Sumber: SCMP)

Liputan6.com, Jakarta Orang yang baru saja putus cinta hidupnya bisa berubah drastis. Bahkan tak sedikit kejadian putus cinta berujung tragis. Kisah-kisah aksi aneh usai putus cinta ini diharapkan jadi pelajaran tersendiri agar bisa menahan diri meski sakit hati. 

Seorang pria muda asal Hebei, Tiongkok, mendadak viral karena terlihat makin tua setelah lima bulan mendaki gunung. Pria berusia 24 tahun ini memulai perjalanannya sebagai bentuk pelarian dari depresi akibat putus cinta. Ia dikenal dengan alias "Paman yang Lahir Setelah Tahun 2000" di media sosial Douyin.

Dilansir Liputan6.com dari South China Morning Post, Rabu (7/8/2024), paparan cuaca ekstrem selama mendaki di Dataran Tinggi Qinghai-Tibet menyebabkan pria ini terlihat tua. Ia bahkan harus menunjukkan kartu identitasnya untuk membuktikan bahwa ia benar-benar lahir pada tahun 2000. 

Perjalanan ini diakuinya dimulai karena ia merasa terlalu tertekan menjalani kehidupan normal setelah ditinggal pacarnya.

"Setelah beberapa waktu, saya menerima kenyataan bahwa beberapa orang tidak percaya bahwa saya adalah seorang pria berusia 20-an," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 

Bertahan Hidup di Gunung Sendiri

Pria Putus Cinta Jadi Lebih Tua
Pria Muda Ini Tampak Tua Usai 5 Bulan Daki Gunung (Sumber: SCMP)

Sebelum memulai perjalanan solonya, pria itu mengatakan dia terlalu tertekan untuk menjalani kehidupan normal setelah pacarnya meninggalkannya. Sang pengelana menarik kereta kayu berisi segala keperluan hidup sehari-harinya dan ditemani oleh seekor anjing liar yang ia pungut di sepanjang jalan.

Ia mengatakan kebotakan dini yang dialaminya adalah akibat paparan sinar matahari yang berlebihan saat berada di dataran tinggi, dan sengatan matahari telah merusak folikel rambutnya. Dia tidak bercukur untuk waktu yang lama setelah dia menyadari kumis dapat melindungi kulitnya.

Di sini,depresi yang dideritanya setelah putus dengan pacarnya disembuhkan dengan bepergian dan bertemu orang baru.


Transformasi Wajah Bikin Pangling

Pria Putus Cinta Jadi Lebih Tua
Pria Muda Ini Tampak Tua Usai 5 Bulan Daki Gunung (Sumber: SCMP)

Transformasi wajah pria muda ini benar-benar bikin pangling. Awalnya, ia hanya ingin mensucikan pikirannya dari depresi akibat putus cinta. Dia mulai tampak lebih tua dengan sangat cepat setelah mendaki di Tiongkok utara dan barat, terutama Dataran Tinggi Qinghai-Tibet dengan ketinggiannya dan sinar ultraviolet yang kuat.

Selama lima bulan mendaki, pria ini mengalami penuaan dini akibat sinar ultraviolet dan cuaca ekstrem. Ia pun dikenal dengan alias "Paman yang Lahir Setelah Tahun 2000" karena wajahnya yang terlihat tua. Banyak orang yang tak percaya bahwa ia sebenarnya masih berusia 24 tahun.

Pria ini harus menunjukkan kartu identitasnya untuk membuktikan usianya yang sebenarnya. 

"Saya tunjukkan kartu identitas saya dan katakan kalau saya lahir setelah tahun 2000, tapi tetap saja ada yang tidak percaya," ungkapnya. Transformasi wajahnya menjadi bukti betapa beratnya perjalanan yang dijalaninya.


Reaksi Netizen

Ilustrasi sedih, kecewa, patah hati, putus cinta, terluka
Ilustrasi sedih, kecewa, patah hati, putus cinta, terluka. (Image by rawpixel.com on Freepik)

Reaksi netizen terhadap transformasi pria ini pun beragam. Banyak yang terkejut melihat wajahnya yang tampak jauh lebih tua dari usianya. Beberapa netizen menyarankan agar ia merawat kulitnya dan memperbaiki penampilannya yang tidak terawat.

Netizen juga banyak yang merasa iba dengan kondisinya setelah mengetahui kisah depresi dan putus cinta yang dialaminya. Perjalanan panjang dan mendaki gunung selama berbulan-bulan dianggap sebagai bentuk pelarian dari rasa sakit hatinya. Namun, sebagian netizen menganggap perubahan penampilannya sebagai pelajaran tentang betapa pentingnya menjaga kesehatan mental.

Meski begitu, pria ini tetap merasa puas dengan perjalanannya dan menolak saran untuk memperbaiki penampilannya. "Apa gunanya melakukan itu? Saya rasa saya baik-baik saja sekarang," katanya. Netizen tetap memberikan dukungan dan berharap ia bisa bangkit dari keterpurukannya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya