Resep Orek Tempe Basah Pedas Manis Ala Warteg, Pasti Sedap

Dari berbagai hidangan berbahan dasar tempe yang ada, resep orek tempe basah pedas manis menjadi salah satu yang paling populer.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 04 Sep 2024, 06:30 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2024, 06:30 WIB
Tempe Orek Pedas
Tempe Orek Pedas.  foto: Instagram @rd_nomnom

Liputan6.com, Jakarta Tempe sebagai salah satu bahan makanan khas Indonesia, memiliki fleksibilitas yang luar biasa dalam pengolahannya. Dari berbagai hidangan berbahan dasar tempe yang ada, resep orek tempe basah pedas manis menjadi salah satu yang paling populer. Selain mudah dibuat, resep orek tempe basah pedas manis juga sering kali menjadi penyelamat saat tanggal tua tiba, karena bahan-bahannya yang murah dan mudah didapat. Salah satu variasi yang patut dicoba adalah orek tempe basah.

Tidak seperti orek tempe kering yangumumnya renyah,resep orek tempe basah pedas manis menawarkan tekstur yang lebih lembut. Hidangan ini menjadi pilihan tepat bagi mereka yang lebih menyukai tempe empuk dalam hidangan sehari-hari. Orek tempe basah juga sangat cocok disajikan sebagai lauk pendamping nasi kuning, nasi uduk, atau aneka tumis sayuran.

Resep orek tempe basah pedas manis juga sangat mudah dan cepat, tidak sampai 30 menit. Bahan utamanya hanya tempe kedelai dengan bumbu-bumbu yang simpel, namun tetap menghasilkan rasa yang nikmat. Berikut resep orek tempe basah pedas manis yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (3/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bahan Orek Tempe Basah

ilustrasi tempe/pixabay
ilustrasi tempe/pixabay
  • 1 papan tempe ukuran sedang, potong bentuk korek api
  • 5 siung bawang merah, iris tipis
  • 5 siung bawang putih, iris tipis
  • 5-7 cabai rawit merah, iris serong
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas jari lengkuas, geprek
  • 3 cabai besar merah atau hijau (opsional), buang bijinya dan iris serong
  • 3-5 sdm kecap manis
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Orek Tempe Basah Pedas Manis

Ilustrasi kompor gas
Memasak dengan kompor gas berpotensi berbahaya bagi kesehatan dan kualitas udara (Sumber: Pixabay)
  1. Potong tempe dengan bentuk korek api. Untuk menghilangkan bau langu pada tempe, goreng sebentar tapi jangan sampai kering.
  2. Panaskan sedikit minyak dalam wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan cabai rawit, cabai besar (jika digunakan), daun salam, dan lengkuas. Tumis hingga semua bahan bumbu layu dan aromanya keluar.
  3. Masukkan potongan tempe ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata. Tambahkan air secukupnya untuk memberikan tekstur basah pada orek tempe. Tuangkan kecap manis dan tambahkan garam sesuai selera.
  4. Masak dengan api sedang hingga air mulai mendidih dan bumbu meresap ke dalam tempe. Aduk sesekali agar tempe tidak hancur dan bumbu tercampur merata. Koreksi rasa, tambahkan garam atau kecap manis jika diperlukan.
  5. Angkat dan tuang orek tempe basah pedas manis ke dalam mangkuk saji. Hidangan siap disantap sebagai lauk yang lezat!
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya