5 Cara Merawat Tubuh Usai Menstruasi Agar Kembali Bugar dan Energik

Terdapat beberapa tips untuk membantu kamu kembali bugar dan berenergi setelah menstruasi.

oleh Miranti diperbarui 18 Sep 2024, 12:07 WIB
Diterbitkan 18 Sep 2024, 12:07 WIB
Ilustrasi diri sendiri, mencintai diri sendiri, inspirasi, semangat
Ilustrasi diri sendiri, mencintai diri sendiri, inspirasi, semangat. (Image by Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu merasa lelah selama masa menstruasi? Periode menstruasi bisa menjadi fase yang sangat melelahkan bagi perempuan. Pada masa ini, kamu harus selalu menjaga kebersihan diri dengan rutin mengganti pembalut sekitar 2 sampai3 kali sehari.

Selain itu, kram yang dirasakan bisa sangat menyiksa jika tidak segera dikompres dengan air hangat. Inilah mengapa pada fase menstruasi, energi kita bisa cepat terkuras. Merawat tubuh setelah menstruasi sangat penting untuk memulihkan kebugaran dan energi yang menurun selama periode tersebut.

Di bawah ini akan dipaparkan beberapa tips untuk membantu kamu kembali bugar dan berenergi setelah menstruasi. Simak penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (18/9/2024):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Perawatan Kulit dan Tubuh

Segar setelah menstruasi
gambar perawatan kulit tubuh/copyright pexels/Anna Tarazevich

Selama fase menstruasi, sering kali rambut berminyak dan kulit kering. Oleh sebab itu, setelah menstruasi selesai, penting untuk merencanakan perawatan kulit yang intensif, menggunakan produk yang mampu menghidrasi dan menenangkan kulit.

Beberapa contoh produk yang bisa digunakan adalah masker wajah atau lotion. Selain itu, mandi dengan air hangat dan berendam di bath up juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk membantu tubuh kamu merasa tenang dan rileks.


2. Konsumsi Makanan Bergizi

Segar setelah menstruasi
gambar salad/hak cipta pexels/Dana Tentis

Mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, daging merah tanpa lemak, biji-bijian, dan lainnya, bisa menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan energi dan membantu penyerapan zat besi. Selain itu, mengonsumsi makanan bergizi ini juga dapat membantu mengisi kembali cadangan darah yang hilang selama menstruasi, sehingga tubuh bisa kembali bugar.


3. Tetap Terhidrasi

Segar setelah menstruasi
gambar minum air/copyright pexels/Andrea Piacquadio

Ketika menstruasi, tubuh cenderung kehilangan banyak cairan, sehingga penting untuk menjaga hidrasi tubuh setelahnya. Meminum banyak air putih dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh serta mengembalikan kelembapan alami. Kamu juga bisa mengonsumsi minuman yang mengandung elektrolit untuk mempercepat proses pemulihan.


4. Atasi Rasa Lelah dengan Suplemen

Segar setelah menstruasi
gambar suplemen/hak cipta pexels/Pixabay

Jika kamu merasa semakin lelah setelah fase menstruasi, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen penambah energi seperti zat besi, vitamin B, atau magnesium yang dapat membantu mengurangi rasa lemas dan meningkatkan energi. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen apapun, karena arahan dari para ahli sangat penting.


5. Lakukan Olahraga Ringan

Ilustrasi semangat, motivasi, inspirasi, kebebasan, menikmati hidup
Ilustrasi semangat, motivasi, inspirasi, kebebasan, menikmati hidup. (Image by freepik)

Aktivitas fisik ringan, seperti berjalan kaki atau yoga, dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan ketegangan setelah menstruasi. Olahraga juga dapat meningkatkan mood dan energimu.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya