Doa Setelah Membaca Surat Al Waqiah Latin dan Artinya, Amalkan untuk Raih Rezeki

Setelah membaca surat Al Waqiah, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 11 Okt 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 11 Okt 2024, 12:00 WIB
Doa Setelah Membaca Surat Al Waqiah Latin dan Artinya, Amalkan untuk Raih Rezeki
Ilustrasi berdoa

Liputan6.com, Jakarta Surat Al Waqiah, yang menempati urutan ke-56 dalam Al-Qur'an, menyimpan keutamaan dan keberkahan yang luar biasa bagi umat Muslim. Dengan 96 ayat yang diturunkan di Makkah, surat ini tidak hanya dikenal sebagai pembawa rezeki, tetapi juga mengandung ajaran-ajaran mendalam tentang kehidupan dan akhirat. Pengamalan doa setelah membaca surat Al Waqiah menjadi praktik spiritual yang dipercaya membawa manfaat besar bagi para pembacanya.

Nama Al Waqiah, yang berarti "Hari Kiamat," diambil dari ayat pertama surat ini, namun cakupan isinya jauh lebih luas dari sekadar pembahasan tentang hari akhir. Surat ini memuat penjelasan komprehensif tentang balasan bagi orang-orang beriman dan kafir, menggambarkan dengan jelas konsekuensi dari pilihan hidup manusia. Lebih dari itu, Al Waqiah juga menjadi bukti keagungan Allah SWT melalui penggambaran penciptaan manusia, alam semesta, dan fenomena kebangkitan.

Keistimewaan surat Al Waqiah terletak pada keseimbangan antara peringatan dan kabar gembira yang disampaikannya. Sementara mengingatkan tentang realitas hari kiamat, surat ini juga menawarkan harapan dan motivasi bagi umat Muslim untuk senantiasa berbuat kebajikan. Dengan menjelaskan tentang kekuasaan Allah dalam menciptakan manusia, tumbuhan, api, dan proses kebangkitan, Al Waqiah mengajak pembacanya untuk merenungi kebesaran Sang Pencipta dan posisi manusia di alam semesta. Setelah membaca surat Al Waqiah, seorang Muslim harus membaca doa lainnya.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai bacaan doa setelah membaca surat Al Waqiah dalam Bahasa Arab, Latin, dan artinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (11/10/2024).

Doa Setelah Membaca Surat Al Waqiah versi Singkat

Doa Setelah Membaca Surat Al Waqiah Latin dan Artinya, Amalkan untuk Raih Rezeki
Ilustrasi membaca Al-Qur'an. (Foto oleh Alena Darmel: https://www.pexels.com/id-id/foto/tangan-gadis-duduk-dalam-ruangan-8164742/)

Selain bacaan doa sesudah membaca surat Al Waqiah yang dijelaskan di paragraf sebelumnya, anda bisa memanjatkan doa sesudah membaca surat Al Waqiah secara singkat. Berikut bacaannya yang mudah untuk dihafalka, yakni:

الّلهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ بِحَقِّ سُوْرَةِ الْوَاقِعَةِ وَأَسْرَارِهَا أنْ تُيَسِّرَلِيْ رِزْقِي كَمَا يَسَّرْتَهُ لِكَثِيْرٍ مِن خَلْقِكَ يَا ألله يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Arab Latin: Allahumma inni as aluka bihaqqi suuratil waaqi’ah wa asroorihaa an tuyassiroli rizqi kamaa yassartahu likatsiirin min kholqika yaa Allah yaa robbal ‘aalamiin.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu dengan kebenaran surat Waqi’ah dan rahasia-rahasianya, agar Engkau berkenan memudahkan rezekiku sebagaimana Engkau memudahkannya untuk kebanyakan makhlukMu, ya Allah, ya robbal ‘alamin.”

Doa Setelah Membaca Surat Al Waqiah dalam Latin, dan Artinya versi Lengkap

Doa Setelah Membaca Surat Al Waqiah Latin dan Artinya, Amalkan untuk Raih Rezeki
Ilustrasi Berdoa Credit: freepik.com

Berikut ini bacaa doa sesudah membaca surat Al Waqiah dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya yang bisa anda hapalkan adalah:

اَللَّهُمَّ صُنْ وُجُوْهَنَا بِاْليَسَارِ,وَلاَتُوهِنَّابِاْلاِقْتَارِ , فَنَسْتَرْزِقَ طَالِبِيْ رِزْقِكَ وَنَسْتَعْطِفَ شِرَارَخَلْقِكَ وَنَشْتَغِلَ بِحَمْدِ مَنْ اَعْطَانَاوَنُبْتَلَى بِذَمِّ مَنْ مَنَعَنَاوَاَنْتَ مِنْ وَرَاءِذَلِكَ كُلِّهِ اَهْلُ اْلعَطَاءِ وَاْلمَنْعِ . اَللَّهُمَّ كَمَاصُنْتَ وُجْوُ هَنَاعَنِ السُّجُوْدِاِلاَّلَكَ فَصُنَّاعَنِ اْلحاَجَةِاِلاَّاِلَيْكَ بِجُوْدِكَ وَكَرَمِكَ وَفَضْلِكَ , يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ (ثلاثا) اَغْنِنَا بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ . وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Arab latin: Allahumma shun wujuhana bil yasar wala tuhinna bil iqtar fanastarziqa tholibi rizqika wa nasta'thifa syiroro kholqika wa nasytaghila bihamdi man a'thona wa nubtala bi zammi man mana'ana wa anta min wara-i zalika ahlul 'atho-i wal man-'i.

Allahumma kama shunta wujuhana 'anis sujudi illa laka fa shunna 'anil hajati illa ilaika bijudika wa karomika wa fadhlika ya arhamar rohimin (3x) wa shollallohu 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Artinya: "Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan, dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan sehingga kami harus mencari rezeki dari para pencari rezeki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi.

Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang. Cukupkanlah kami dengan karunia-Mu dari siapa pun selain Engkau. Semoga Allah merahmati junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, juga semoga Allah memberi keselamatan."

Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah

Doa Setelah Membaca Surat Al Waqiah Latin dan Artinya, Amalkan untuk Raih Rezeki
Ilustrasi Islami, muslim membaca Al-Qur'an. (Photo Copyright by Freepik)

Dikutip dari laman Baznas, berikut ini terdapat beberapa keutamaan membaca surat Al Waqiah, yakni:

  1. Mendatangkan keberkahan dan rezeki yang melimpah: Di antara keutamaan Surat Al-Waqiah adalah membuka pintu rezeki yang tidak terduga dan melimpah. Oleh karena itu, banyak orang yang membaca Surat Al-Waqiah secara rutin sebagai doa untuk mendapatkan keberkahan dan rezeki yang berlimpah.
  2. Membuka pintu kebahagiaan di dunia dan akhirat: Surat Al-Waqiah juga mengandung doa untuk kebahagiaan di dunia dan akhirat. Membaca Surat Al-Waqiah secara rutin dapat membantu memperbaiki kualitas hidup seseorang dan memberikan kebahagiaan yang hakiki.
  3. Melindungi dari kefakiran dan kesulitan hidup: Surat Al-Waqiah juga dipercaya dapat melindungi seseorang dari kefakiran dan kesulitan hidup. Banyak orang yang membaca Surat Al-Waqiah sebagai sarana untuk menghindari kesulitan hidup dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.
  4. Membuka pintu taubat dan pengampunan dosa: Surat Al-Waqiah juga mengandung ajakan untuk taubat dan bertaubat kepada Allah SWT. Membaca Surat Al-Waqiah secara rutin dapat membantu seseorang untuk memperbaiki diri, menghilangkan dosa-dosa yang telah dilakukan, dan mendapatkan pengampunan dari Allah SWT.
  5. Mendatangkan kedamaian dan ketenangan hati: Surat Al-Waqiah juga dipercaya dapat membantu seseorang untuk mendapatkan kedamaian dan ketenangan hati. Membaca Surat Al-Waqiah secara rutin dapat membantu seseorang untuk meredakan kecemasan, menghilangkan rasa takut, dan mendapatkan ketenangan batin yang hakiki.
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya