Pesan Kebaikan Ramadan, Video Bayarin Bensin Orang

Vikra Ijas, salah satu pendiri KitaBisa menjelaskan pesan kebaikan yang menularkan dan melahirkan tindakan baik lainnya.

oleh Liputan6 diperbarui 13 Jun 2016, 19:45 WIB
Diterbitkan 13 Jun 2016, 19:45 WIB
Viral di Internet, Ini Pesan di Video Bayarin Bensin Orang
Vikra Ijas, salah satu pendiri KitaBisa menjelaskan pesan kebaikan yang menularkan dan melahirkan tindakan baik lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Ketika mengisi bensin di pengisian bahan bakar, apa yang Anda lakukan jika dibelikan bensin oleh orang tidak dikenal sama sekali? Beragam jawaban diperoleh, mulai dari kata terima kasih hingga tindakan tak terduga.

Diprakarsai situs penggalangan dana KitaBisa, sebuah video eksperimen tentang kebaikan menular segara menjadi viral di media sosial. Mendapat rekasi empati 27 ribu kali, diputar tayang lebih dari 1.600 kali, dibagikan 61 ribu kali dan mendapat komentar lebih dari 1.400 netizen.

Melalui laman BBC, beberapa orang yang dibelikan bensin berterima kasih, namun satu pengendara motor melakukan sesuatu yang tak biasa: tidak hanya mengucap terima kasih dan memberi pelukan, dia juga membelikan bensin untuk pengendara lain di belakangnya.

"Ini berhubung saya dibayarin motor depan, saya bayarin yang bapak aja ya?" kata seorang pria kepada orang di belakangnya.

Melalui sambungan telepon, Liputan6.com menghubungi, Vikra Ijas, salah satu pendiri KitaBisa dan berbincang tentang video eksperimen sosial : Bayarin Bensin Orang Lain.

"Pesan utama kami masih banyak orang-orang baik di sekitar kita. Satu tindakan baik niscaya akan menularkan dan melahirkan tindakan baik lainnya," kata Vikra Ijas.

Menggunakan kamera tersembunyi, dibutuhkan waktu tiga hari dan membayari beberapa pengendara moto tim KitaBisa ingin mendapat jawaban sebuah pertanyaan : apakah kebaikan bisa segera menular?

"Kami harus mengambil beberapa kali (video -red) sampai akhirnya mendapatkan orang yang meneruskan rantai kebaikan ini. Alhamdulillah sekalinya dapet langsung 2 orang sekaligus, yang terus bayarin (pengendara -red) belakangnya," lanjutnya.

Pesan melalui video viral yang digagas KitaBisa ini semakin bergulir. Tak hanya melalui media sosial Facebook, Sahabat Liputan6 juga dapat berkomentar di Forum Liputan6 dengan meng-klik tautan ini.

"Kitabisa.com sebagai website untuk menggalang dana dan donasi online fokus menghubungkan orang-orang baik di Indonesia dan seluruh dunia untuk bergotong royong secara digital membuat perubahan baik untuk masyarakat," pungkasnya.

Artikel Rekomendasi

Demi Cinta Pria Ini Membelah Bukit Batu Selama 22 Tahun

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya