Bulan Ramadhan pada Tahun 2030 Akan Berlangsung 2 Kali, Kok Bisa?

Umat Muslim di dunia akan menghadapi dua bulan Ramadhan pada 2030, menurut perhitungan pakar.

oleh Hariz BarakNatasha Khairunisa Amani diperbarui 07 Apr 2022, 18:42 WIB
Diterbitkan 07 Apr 2022, 18:42 WIB
Ternyata Puasa Ramadan dan 6 Syawal Seperti Puasa Setahun Penuh
Ilustrasi puasa Ramadan (pixabay.com)

Liputan6.com, Dubai - Umat Muslim di dunia akan menghadapi dua bulan Ramadhan pada 2030, menurut perhitungan pakar.

Fenomena itu akan menjadi yang pertama sejak yang terakhir kali terjadi pada 1997 silam.

Ibrahim Al Jarwan, Anggota Federasi Arab Ilmu Antariksa dan Astronomi, mengatakan kepada surat kabar Dubai, Gulf News pada Kamis 29 April 2021 bahwa kalender Islam --yang terpaku pada tahun bulan atau Qomariyah-- secara konsisten bergerak sekitar 11 hari pendek dari tahun matahari atau Hijriah.

Untuk setiap tahun berlalu --dan tergantung pada penampakan hilal bulan-- Ramadhan mundur sekitar 10 atau 11 hari dari tanggal semula.

"Tahun 2030 akan menyaksikan bulan Ramadhan yang penuh berkah dua kali. Yang pertama akan berlangsung ketika Ramadhan akan dimulai pada 5 Januari 2030 untuk tahun Hijriah 1451, dan kemudian lagi, bulan Ramadhan akan dimulai pada 26 Desember 2030 untuk tahun Hijriah 1452," jelas Al Jarwan seperti dikutip dari Gulf News, Rabu (7/4/2022).

"Dan total hari puasa akan kurang lebih 36 hari, Insya Allah," jelasnya tentang bulan Ramadhan.

Dia juga menunjukkan bahwa sebagai kalender Hijriah berisi 354 hari, yaitu 11 hari lebih sedikit dari Gregorian, kedua sistem kalender pada akhirnya akan datang lingkaran penuh dan mengulangi diri mereka sendiri.

"Dibutuhkan waktu 33 tahun sampai tahun Hijriah telah melewati penuh tahun Gregorian. Diulangi sebelumnya pada tahun 1997, dan setelah tahun 2030, akan terulang lagi nanti pada tahun 2063," ujar Al Jarwan.


Kalender Islam

Ilustrasi Ramadan. (Pixabay)
Ilustrasi Ramadan. (Pixabay)

Kalender Islam sulit diprediksi, karena membutuhkan orang atau komite yang berwenang untuk membuat penampakan bulan sabit yang sebenarnya untuk menentukan awal setiap bulan.

Kondisi atmosfer yang merugikan juga dapat menghalangi penampakan bulan sabit, memimpin bulan mendatang tertunda oleh hari tambahan.

Beberapa negara dan komunitas Muslim sekarang menggunakan versi yang dimodifikasi dari kalender tradisional yang dirancang untuk membuat waktu bulan-bulan Islam dan ketaatan lebih mudah diprediksi, menurut situs web timeanddate.com.

Bulan baru juga dapat dimulai pada hari yang berbeda di berbagai negara. Karena waktu moonset di suatu lokasi tergantung pada bujurnya, bulan baru dan ritual keagamaan kunci seperti puasa Ramadhan mungkin dimulai sehari sebelumnya di, misalnya, negara-negara Muslim Afrika Barat daripada di Indonesia atau Malaysia.

Infografis Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya