Syawal Usai Ramadhan, Ini Doa-doa Penguat Iman yang Dikutip dari Al-Qur’an

Doa-doa Penguat Iman kepada Allah SWT yang dikutip dari Al-Qur’an

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Apr 2023, 14:30 WIB
Diterbitkan 25 Apr 2023, 14:30 WIB
Ilustrasi Membaca Doa penguat iman kepada Allah SWT. Credit: freepik.com
Ilustrasi Membaca Doa penguat iman kepada Allah SWT. Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadhan telah usai. Mudah-mudahan kita diberi umur panjang untuk menyambut dan menjalani Ramadhan tahun berikutnya.

Umat Islam kini tengah menjalani bulan Syawal. Mumpung belum jauh dari Ramadhan, ini adalah waktunya muhasabah atas capaian-capaian kita pada Ramadhan lalu.

Umat Islam akan meningkatkan amal dan ibadahnya pada bulan Ramadhan. salah satu tujuannya adalah bahwa Ramadhan menjadi bulan untuk melatih diri mengendalikan hawa nafsu dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Muaranya adalah meningkatnya iman dan takwa. Melalui Ramadhan, diharapkan keimanan dan ketakwaan kita akan meningkat setelah melalui bulan candradimuka tersebut.

Selain ikhtiar dengan amaliyah, tentu saja kita juga perlu berdoa agar keimanan kita terjaga dan terus meningkat. Berikut ini adalah doa-doa penguat iman yang bersumber dari Al-Qur'an, dikutip dari laman keislaman muhammadiyah.or.id:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Doa-doa Penguat Iman Kepada Allah yang Dikutip dari Al-Qur’an

Ilustrasi Islami, muslim, berdoa
Ilustrasi Islami, muslim, berdoa. (Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay)

Doa yang diucapkan dapat menjadi penyempurna menjaga kualitas keimanan setelah melalui tindakan nyata. Secara prinsip, kita bisa berdoa meminta peningkatan iman kepada Allah dengan ucapan dan bahasa apa saja. Namun, di bawah ini adalah doa-doa untuk menguatkan iman yang diambil dari Al-Qur’an:

 1. QS. Ali Imran ayat 8

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepeda kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau adalah Maha Pemberi.”

2. QS. Ali Imran ayat 147

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَإِسْرَافَنَا فِي أَمْرِنَا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

“Ya Rabb kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap orang-orang yang kafir.”

 


3. QS Ali-Imran ayat 193-194

Ilustrasi doa, Islami, Muslim
Ilustrasi doa, Islami, Muslim. (Photo by Masjid MABA on Unsplash)

رَبَّنَا إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِي لِلْإِيمَانِ أَنْ آمِنُوا بِرَبِّكُمْ فَآمَنَّا رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الْأَبْرَارِ رَبَّنَا وَآتِنَا مَا وَعَدْتَنَا عَلَى رُسُلِكَ وَلَا تُخْزِنَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيعَاد

“Ya Rabb kami, sesungguhnya kami mendengar orang yang menyeru kepada iman, (yaitu): ‘Berimanlah kalian kepada Rabb kalian, maka kami pun beriman. Ya Rabb kami, ampunilah dosa-dosa kami dan hapuslah kesalahan-kesalahan kami, serta wafatkanlah kami beserta orang-orang yang berbakti (shalih). Ya Rabb kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami melalui Rasul-Mu. Dan janganlah Engkau hinakan kami pada hari kiamat kelak. Sesungguhnya Engkau tidak pernah menyalahi janji.”

4. QS Al-Kahfi ayat 10

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

“Wahai Rabb kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan ini.”

5. Bonus dari HR Muslim, no 2722

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ اْلعَجْزِ وَاْلكَسَلِ وَاْلجُبْنِ وَاْلبُخْلِ وَاْلهَرَمِ وَعَذَابِ اْلقَبْرِ. اَللَّهُمَّ آتِ نَفْسِي تَقْوَاهَا وَزَكِّهَا أَنْتَ خَيْرُ مَنْ زَكَّاهَا أَنْتَ وَلِيُّهَا وَمَوْلَاهَا ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لَا يُسْتَجَابَ لَهَا

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu dari kelemahan, kemalasan, sifat pengecut, kekikiran, pikun, dan adzab kubur. Ya Allah, berikanlah ketaqwaan pada diriku, dan sucikanlah ia, Engkau adalah sebaik-baik Dzat yang Maha Mensucikannya, Engkau Dzat yang Melindungi dan Memeliharanya. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuk, nafsu yang tidak pernah puas, dan doa yang tidak dikabulkan.”

Tim Rembulan

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya