Top 3 Islami: Amalan Agar Dekat dengan Nabi Muhammad di Hari Kiamat, Kondisi Mengerikan Manusia di Padang Mahsyar

Seluruh manusia berharap syafaat. Dan dari seluruh makhluk-Nya, hanya Nabi Muhammad SAW yang dianugerahi syafaat. Karenanya, tiap orang berharap berdekatan dengan Nabi SAW

oleh Muhamad Ridlo diperbarui 19 Okt 2023, 06:30 WIB
Diterbitkan 19 Okt 2023, 06:30 WIB
[Bintang] Fenomena Terompet Sangkakala & Ramalan-Ramalan Gagal Soal Kiamat
Ilustrasi kiamat | via: hotisu.com

Liputan6.com, Jakarta - Akhir dunia atau kiamat selalu menarik diperbincangkan. Saat hari itu tiba, seluruh makhluk mati dan binasa, terkecuali yang dikehendaki-Nya.

Umat manusia lantas dibangkitkan dan dikumpulan di Padang Mahsyar. Inilah hari-hari menegangkan ketika manusia harus mempertanggungjawabkan perbuatannya selama di dunia.

Seluruh manusia berharap syafaat. Dan dari seluruh makhluk-Nya, hanya Nabi Muhammad SAW yang dianugerahi syafaat. Karenanya, tiap orang berharap berdekatan dengan Nabi SAW, dengan jaminan mendapat syafaat.

Artikel mengenai amalan agar dekat dengan Nabi Muhammad SAW di hari kiamat menjadi yang terpopuler di kanal Islami Liputan6.com.

Berikutnya adalah artikel mengenai golongan yang paling dekat dengan Rasulullah SAW di hari kiamat dan kondisi mengerikan manusia di Padang Mahsyar.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


1. Ternyata Ini Amalan yang Menyebabkan Dekat dengan Rasulullah di Hari Kiamat

[Bintang] Fenomena Terompet Sangkakala & Ramalan-Ramalan Gagal Soal Kiamat
Ilustrasi kiamat | via: beritaenam.com

Padahari kiamat, banyak hamba yang menyesali perbuatannya ketika hidup di dunia. Mereka ingin sekali kembali ke dunia untuk memperbaiki amalnya, setelah mengetahui kebenaran yang selama ini mereka dustakan.

Namun semuanya sudah terlambat. Taubat dan penyesalan mereka hanya sia-sia saja. Di tengah hari perhitungan amal perbuatan, tampak wajah-wajah pendosa terlihat muram, khawatir dan gugup.

Namun, ada pula wajah hamba yang terlihat putih bersih dan berseri-seri. Inilah wajah-wajah manusia yang sewaktu di dunia mereka menghabiskan usianya untuk beribadah kepada Allah SWT dan senantiasa mengaharapkan ridlo-Nya.

Di akhirat kelak, mereka juga akan mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW. Namun ada juga orang yang mendapatkan nikmat yang besar di hari kiamat, yakni berada di dekat Rasulullah SAW.

Lantas amalan apa yang menyebabkan berada di dekat dengan Rasulullah di hari kiamat?

Selengkapnya baca di sini


2. Nabi Mengungkap Golongan yang Paling Dekat Dengannya di Hari Kiamat

Ilustrasi hari kiamat
Ilustrasi hari kiamat. (Sumber cuplikan video End Time Prophecies)

Hari kiamat merupakan hari dibangkitkannya seluruh umat manusia untuk dimintai pertanggungjawaban atas apa yang telah diperbuat selama hidup di dunia. 

Datangnya hari akhir tersebut merupakan salah satu rukun iman yang harus diyakini sebagai muslim. Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Al-Hajj ayat 7 yang berbunyi:

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ 

Artinya: "Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur".

Setiap apapun perbuatan yang dilakukan akan diperhitungkan. Dengan begitu beratnya timbangan amal menjadi penentu apakah kita masuk ke dalam surga atau neraka.

Namun demikian, tidak semua umatnya dapat mendekat kepada Nabi SAW di hari akhir. Dalam sebuah riwayat, terdapat suatu peristiwa di mana Rasulullah menjelaskan siapa saja golongan yang kelak yang paling dekat dengannya di hari kiamat.

Selengkapnya baca di sini


3. 3 Kondisi Mengerikan Manusia di Padang Mahsyar Menurut Al-Qur'an dan Hadis

[Bintang] Fenomena Terompet Sangkakala & Ramalan-Ramalan Gagal Soal Kiamat
Ilustrasi kiamat | via: tempo.co

Dalam berbagai riwayat, Padang Mahsyar disebut sebagai tempat berkumpulnya semua manusia seusai dibangkitkan pada hari kiamat.

Setelah Malaikat Israfil meniup sangkakala, bumi dan langit berguncang dahsyat. Inilah hari kiamat, yang datangnya merupakan suatu kepastian. Firman Allah:

مَنْ كَانَ يَرْجُوْا لِقَاۤءَ اللّٰهِ فَاِنَّ اَجَلَ اللّٰهِ لَاٰتٍ ۗوَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

"Maka sesungguhnya waktu (yang dijanjikan) Allah itu, pasti datang. Dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Ankabut : 5)

Dahsyatnya kiamat ini banyak ayat-ayat Al-Qur’an yang menerangkan seperti langit dan bumi terbelah, gunung beterbangan dan sederet peritiwa mengerikan lainnya.

Ternyata peristiwa-peristiwa berat dan mengerikan itu bukan hanya saat kiamat terjadi. Kengerian itu masih dirasakan ketika manusia dikumpulkan di padang Mahsyar.

Lalu seperti apa kondisi manusia di padang Mahsyar?

Selengkapnya baca di sini

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya