Benarkah Foto Ulama atau Wali Allah yang Dipajang di Rumah Bisa Mengusir Setan?

Habib Muhammad Al Haddad mengatakan, dalam banyak kisah, rumah-rumah yang dalamnya terdapat foto para wali akan dijaga oleh Allah SWT dari makluk-makluk yang tidak baik seperti setan, jin, dan sebagainya. Benarkah demikian?

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 23 Jul 2024, 03:30 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 03:30 WIB
Foto Wali yang Dipajang di Rumah
Sederet foto para wali Allah yang dipajang di Yayasan Pendidikan Islam Ma'had Huraidah, Jakarta Timur. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Husni Tamami)

Liputan6.com, Jakarta - Memajang foto ulama atau wali Allah di rumah lumrah dilakukan oleh sebagian muslim. Bahkan, mereka menata foto-foto tersebut dengan rapi sehingga memiliki nilai estetik.

Menurut ulama kharismatik KH Yahya Zainul Ma’arif (Buya Yahya), Habib Novel Alaydrus, dan Habib Hasan bin Ismail Al Muhdor, memajang foto ulama atau wali di rumah dibolehkan.

Namun begitu, Buya Yahya menambahkan, ada pendapat yang tidak membolehkan. Pendapat yang boleh dan tidak boleh pajang foto di rumah masing-masing punya dalilnya. 

Kembali ke soal memajang foto ulama atau wali di rumah. Habib Muhammad bin Alwi Al Haddad mengatakan, menyimpan foto orang-orang saleh akan mendatangkan banyak manfaat.

“Jangan kan tubuh mereka, wajah mereka, terkadang foto mereka pun membuat kita ingat akan dosa. Memandang foto mereka (ulama atau wali) terkadang membuat kita semangat ibadah. Memandang foto mereka yang cuma kertas itu terkadang menjadi motivasi,” kata Habib Muhammad Al Haddad, dikutip dari YouTube Sohibul Majalis, Senin (22/7/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Manfaat Pajang Foto Orang Saleh di Rumah

Habib Muhammad bin Alwi Al Haddad
Pendakwah Habib Muhammad bin Alwi Al Haddad. (YouTube Sohibul Majalis)

Lebih lanjut ia mengatakan, ketika melihat foto ulama atau wali di rumah akan mengingatkan perilakunya yang patut diteladani. 

“Kita melihat fotonya Fulan, ya Allah kita ingat akan ketawadhuan yang luar biasa. Seolah-olah melihat foto mereka menjadi nasihat buat kita. Memang begitu tanda-tandanya wali seperti yang disabdakan Nabi Muhammad, yang mana mereka kalau dilihat kita ingat sama Allah,” tuturnya.

Kata Habib Muhammad Al Haddad, memandang wajah wali saja sudah menjadi pengingat, apalagi mendengar ceramahnya.  

“Zaman sekarang kadang-kadang orang ceramah tapi tidak bikin kita ingat sama Allah dari ceramahnya. Sedangkan, memandang wajah para wali meskipun mereka diam, tidak berceramah, tidak berkata-kata, (membuat) kita ingat sama Allah, ingat sama dosa, terpanggil untuk taubat,” imbuhnya.

“Bahkan (memandang) fotonya (juga), karena dari itu, foto dari para auliya ini memiliki keistimewaan jika dipajang di rumah kita. Ini tidak bisa dianggap remeh,” lanjut Habib Muhammad Al Haddad.


Benarkah Foto Auliya di Rumah Bisa Mengusir Jin dan Setan?

Pahlawan nasional, Kh Hasyim Asyari dan KH Ahmad Dahlan merupakan keturunan Rasulullah SAW dan Walisongo. (Foto: Muhammadiyah.or.id)
Pahlawan nasional, Kh Hasyim Asyari dan KH Ahmad Dahlan merupakan keturunan Rasulullah SAW dan Walisongo. (Foto: Muhammadiyah.or.id)

Habib Muhammad Al Haddad mengatakan, dalam banyak kisah, rumah-rumah yang dalamnya terdapat foto para wali Allah akan dijaga oleh Allah SWT dari makluk-makluk yang tidak baik seperti setan, jin, dan sebagainya.

“Apakah ini benar? Ya ini benar. Apakah ini ada dasarnya dari Islam? Ada dasarnya,” katanya.

Kemudian ia mengutip penjelasan Habib Abu Bakar Al Masyhur. Disebutkan bahwa foto auliya bisa membawa keberkahan untuk rumah yang ditempelkan fotonya.

“Alhabib Abu Bakar adalah orang yang mendapat ilmu batin dari Allah SWT, yang kadang-kadang kita tidak terpikirkan. (Soal dalil keistimewaan pajang foto aulia) beliau menyatakan bahwasanya hadis nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari atau imam lainnya. Rasulullah menjelaskan bahwasanya setan itu, wahai Umar, melihat bayangan kamu saja sudah takut, dia sudah lari,” demikian disampaikan Habib Muhammad Al Haddad.

“Jadi setan tidak perlu melihat Sayyidina Umar, melihat bayangan Sayyidina Umar setan itu sudah lari terbirit-birit,” jelasnya.

Sabda Rasulullah SAW ini dijadikan sebagai dalil keistimewaan memajang foto auliya di rumah.

“Bayangan itu pantulan daripada orangnya. Orang bercahaya maka bayangannya pun memiliki efek khusus yang kita mungkin tidak bisa paham dengan pancaindra kita, tapi memiliki aura positif yang setan ini tidak berani,” katanya.

“Dan itu diterangkan bahwa in nubuwwah. Ini adalah nabi menjelaskan berdasarkan wahyu, bukan asal-asalan. Maka, foto foto para wali itu bisa membawa keberkahan, mengingatkan kita kepada Allah SWT,” pungkasnya.

Wallahu a’lam.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya