Maraknya Perzinaan jadi Salah Satu Tanda Kiamat, Ini Penjelasannya

Zina yang merajalela salah satu tanda kiamat, ini penjelasan Imam Bukhari dan Muslim

oleh Liputan6.com diperbarui 23 Jul 2024, 18:30 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 18:30 WIB
Ilustrasi hari akhir, kiamat
Ilustrasi hari akhir, kiamat. (Image by kjpargeter on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Di era sekarang, perilaku zina semakin meluas dan menjadi salah satu indikator mendekatnya hari kiamat. Banyak orang bertindak tanpa memperhatikan batasan moral dan agama, melakukan hubungan intim tanpa ikatan yang sah, dan zina tidak lagi dianggap sebagai hal yang memalukan di masyarakat maupun menakutkan di mata Tuhan.

Hal ini mencerminkan penurunan moral yang signifikan dan meningkatnya ketidakpedulian terhadap nilai-nilai agama dan etika dalam masyarakat modern.

Perzinaan saat ini merajalela dan menjadi salah satu tanda kiamat. Banyak orang tidak lagi menganggap zina sebagai dosa besar, melainkan sebagai tindakan yang wajar dan lumrah.

Norma-norma agama yang seharusnya menjadi pegangan hidup mulai diabaikan, dan keimanan pun mulai terkikis. Situasi ini tidak hanya mengancam moralitas individu, tetapi juga stabilitas dan keharmonisan dalam masyarakat luas.

Fenomena perzinaan yang semakin meluas saat ini sering kali dilihat sebagai tanda-tanda mendekatnya kiamat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Hadis tentang Tanda Kiamat

Ilustrasi kiamat, hari akhir
Ilustrasi kiamat, hari akhir. (Image by liuzishan on Freepik)

Mengutip Islami.co, Imam Bukhari meriwayatkan hadis yang menjelaskan tanda-tanda kiamat. Salah satu tandanya adalah mewabahnya perzinaan atau perzinaan terjadi di mana-mana.

أَخْبَرَنَا دَاوُدُ بْنُ شَبِيبٍ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ عَنْ قَتَادَةَ أَخْبَرَنَا أَنَسٌ قَالَ لَأُحَدِّثَنَّكُمْ حَدِيثًا لَا يُحَدِّثُكُمُوهُ أَحَدٌ بَعْدِي سَمِعْتُهُ مِنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَا تَقُومُ السَّاعَةُ وَإِمَّا قَالَ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يُرْفَعَ الْعِلْمُ وَيَظْهَرَ الْجَهْلُ وَيُشْرَبَ الْخَمْرُ وَيَظْهَرَ الزِّنَا وَيَقِلَّ الرِّجَالُ وَيَكْثُرَ النِّسَاءُ حَتَّى يَكُونَ لِلْخَمْسِينَ امْرَأَةً الْقَيِّمُ الْوَاحِدُ

Di antara tanda kiamat adalah ilmu diangkat, kebodohan merajalela, khamer ditenggak, zina mewabah, (jumlah) laki-laki menyusut dan (jumlah) wanita melimpah ruah, hingga jika ada lima puluh wanita itu berbanding dengan seorang laki-laki. (HR Bukhari)

Sementara, Imam Muslim meriwayatkan hadist yang hampir serupa dengan hadist yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari. Di dalam hadist yang disampaikan Imam Muslim, dijelaskan bahwa tanda-tanda terjadinya kiamat, salah satunya zina dilakukan secara terang-terangan.

حَدَّثَنَا شَيْبَانُ بْنُ فَرُّوخَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ حَدَّثَنَا أَبُو التَّيَّاحِ حَدَّثَنِى أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يُرْفَعَ الْعِلْمُ وَيَثْبُتَ الْجَهْلُ وَيُشْرَبَ الْخَمْرُ وَيَظْهَرَ الزِّنَا

Anas bin Malik mengatakan, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Di antara tanda-tanda terjadinya hari kiamat yaitu diangkatnya ilmu, kebodohan merajalela, banyaknya orang yang meminum-minuman keras, dan zina dilakukan dengan terang-terangan.” (HR Muslim).


Zina adalah Perbuatan Sangat Buruk

[Bintang] Fenomena Terompet Sangkakala & Ramalan-Ramalan Gagal Soal Kiamat
Ilustrasi kiamat | via: theengsi.blogspot.com

Al-Qur'an menjelaskan bahwa perbuatan zina adalah perbuatan yang sangat buruk. Mendekati zina saja sangat dilarang, apalagi melakukan.

وَلَا تَقْرَبُوا۟ ٱلزِّنَىٰٓ ۖ إِنَّهُۥ كَانَ فَٰحِشَةً وَسَآءَ سَبِيلًا

Janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk. (QS Al-Isra: 32).

Surah Al-Isra Ayat 32 dalam penjelasan Tafsir al-Muyassar, diterangkan, janganlah kalian mendekati perzinaan dan segala pemicunya, supaya kalian tidak terjerumus ke dalamnya. Sesungguhnya zina itu benar-benar amat buruk, dan seburuk-buruk tindakan adalah perzinaan.

Sementara, penjelasan Tafsir al-Mukhtashar menjelaskan, jauhilah perbuatan zina, serta jauhilah segala sesuatu yang bisa mengantarkan padanya, karena zina adalah amalan paling keji dan jalan yang sangat buruk lantaran akibatnya berupa ketidakjelasan nasab anak hasil zina dan azab Allah.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya