3 Amalan yang Paling Afdhol, Keutamaannya Luar Biasa Kata Ustadz Khalid Basalamah

Terlepas dari amalan yang biasa dilakukan, muslim dapat menambah tiga amalan yang paling afdhol kepada sesama manusia. Amalan-amalan ini diungkap oleh Ustadz Khalid Basalamah mengutip hadis nabi.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 07 Sep 2024, 03:30 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2024, 03:30 WIB
Ustaz Khalid Basalamah
Ustaz Khalid Basalamah.  Foto Instagram

Liputan6.com, Jakarta - Mengerjakan amalan adalah rutinitas harian umat Islam. Amalan yang wajib jelas harus dilaksanakan karena jika ditinggalkan akan menjadi dosa. Sedangkan, amalan yang sunnah dapat ditingkatkan untuk menambah pahala.

Masing-masing amalan memiliki fadhilah atau keutamaannya yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Keutamaan yang disebutkan dalam sebuah hadis sejatinya bertujuan untuk mendorong agar umat Islam mengerjakan amalan tersebut.

Terlepas dari amalan yang biasa dilakukan, muslim dapat menambah tiga amalan yang paling afdhol kepada sesama manusia. Amalan-amalan ini diungkap oleh Ustadz Khalid Basalamah mengutip hadis nabi.

Ustadz Khalid mengatakan, tiga amalan yang paling utama itu berasal dari Rasulullah SAW saat ditanya oleh sahabat Uqbah bin Amir radhiyallahu anhu. 

“Wahai utusan Allah, beri tahukan aku amalan-amalan yang paling utama yang jarang orang bisa buat, keutamaannya besar, aku juga bisa menjadi orang yang luar biasa, orang yang punya kedudukan tinggi di sisi Allah SWT,” kata Ustadz Khalid menirukan penuturan Uqbah bin Amir kepada Rasulullah SAW, dikutip dari YouTube Khalid Basalamah Official, Jumat (6/9/2024).

Apa saja tiga amalan yang paling afdhol itu? Simak penjelasannya

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Amalan yang Paling Utama

Ustaz Khalid Basalamah
Ustaz Khalid Basalamah berbagi tips memilih biro travel untuk ibadah umrah dan haji. Ia meminta umat Islam berpikir kritis agar tak terjebak biro travel nakal.

1. Bersilaturahmi dengan Orang yang Memutus Silaturahmi

Amalan pertama adalah menyambung silaturahmi dengan orang yang memutus silaturahminya meksipun berat. Misalnya, ada keluarga yang tidak mau datang ke rumah, nah kita datanglah ke rumahnya. 

“Sambung hubungan dengan orang yang memutus hubunganmu,” pesan Ustad Khalid. 

2. Sedekah kepada Orang yang Tidak Pernah Memberi

Kedua, berilah sedekah kepada orang yang kikir kepada kita. Misalnya, ada orang pelit, nah jangan sampai kita membalas serupa. 

“Oh ini tatangga gak kirim makanan, saya gak mau kirim makanan juga, jangan ikut-ikutan. Kirim saja. Kita gak usah peduli. Kita sedang bermuamalah sama Allah SWT,” imbuh Ustadz Khalid.


Amalan yang Paling Utama

Ustaz Khalid Basalamah
Membuka cabang pertama Restoran Ajwad di Kebayoran Baru Jakarta Selatan, ustaz Khalid Basalamah membahas 4 pilar bisnis dalam Islam. Apa saja?

3. Memaafkan Orang yang Pernah Menzalimi

Amalan ketiga yang paling afdhol adalah memaafkan orang yang telah menzalimi. Kata Ustadz Khalid, kita tak perlu khawatir jika orang lain tidak memaafkan, tapi yang terpenting kita telah memaafkannya 

“Gak usah khawatir kalau dia tidak melakukan untuk bertobat sama Allah dan meminta maaf sama kita, dia tetap dhukum, tapi tugas kita memaafkan walau dia gak tau,” tandasnya.

Redaksi Hadis

Redaksi tentang tiga amalan yang paling afdhol terdapat juga dalam hadis riwayat Imam Thabrani dari Muadz bin Anas. Bahwa Rasulullah SAW bersabda, 

أفضَلُ الفضائِلِ أنْ تَصِلَ مَن قَطَعَك، وتُعطِيَ مَن حَرَمَك، وتَصفَحَ عمَّن شَتَمَك

Artinya: ''Di antara perbuatan paling utama dari yang utama (afdhalul fadhail) adalah engkau bersilaturahmi dengan orang yang memutuskan tali silaturahmi; engkau memberi kepada orang yang tidak pernah memberi (bakhil/kikir); dan engkau memaafkan orang yang berlaku aniaya.''

Wallahu a’lam. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya