Kapan 12 Rabiul Awal 2024? Catat Ini Tanggal dan Peristiwa Pentingnya Selain Maulid Nabi

Kapan 12 Rabiul Awal 2024? Simak berikut tanggal dan peristiwa pentingnya selain hari kelahiran nabi.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 10 Sep 2024, 00:30 WIB
Diterbitkan 10 Sep 2024, 00:30 WIB
[Bintang] Kalender
Ilustrasi Kalender (Sumber Foto: ep.jhu.edu)

Liputan6.com, Jakarta - Suka cita menyambut Rabiul Awal tidak kalah dengan bulan-bulan lainnya. Pasalnya, di bulan ke-3 dalam penanggalan kalender Hijriah ini terdapat hari dilahirkannya manusia agung, yakni Nabi Muhammad SAW.

Tanggal kelahiran Rasulullah SAW ditemukan ada perbedaan pendapat di kalangan ulama. Namun, yang paling populer adalah tanggal 12 Rabiul Awal tahun Gajah. Pemerintah RI pun menetapkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW setiap tanggal 12 Rabiul Awal.

Hal tersebut merujuk pada hadis yang diriwayatkan Imam Ibnu Ishaq dari Ibnu Abbas.

وُلِدَ رَسُولُ اللَّهِ يَوْمَ الِاثْنَيْنِ، لِاثْنَتَيْ عَشْرَةَ لَيْلَةً خَلَتْ مِنْ شَهْرِ رَبِيع الْأَوَّلِ، عَام الْفِيلِ

Artinya: "Rasulullah dilahirkan di hari Senin, tanggal dua belas di malam yang tenang pada bulan Rabiul Awal, tahun Gajah."

Pada 12 Rabiul Awal Islam mengenang kembali sejarah kelahirannya baginda nabi sekaligus mengingat keteladanannya yang patut ditiru oleh umat Islam zaman sekarang. Salah satunya dengan merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Cara merayakan maulid nabi di sejumlah daerah berbeda-beda. Secara umum adalah membacakan kitab maulid dan terdapat penceramah yang menceritakan kelahiran nabi hingga perilaku-perilaku terpujinya yang patut ditiru.

Oleh karenanya, tidak heran jika banyak muslim yang menantikan tanggal 12 Rabiul Awal. Lantas, kapan 12 Rabiul Awal 2024? Simak berikut tanggal dan peristiwa pentingnya selain hari kelahiran nabi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Tanggal 12 Rabiul Awal 1446 H Berdasarkan Masehi

Ilustrasi Kalender
Ilustrasi kalender (dok. Pexels.com/tigerlily713)

Berdasarkan kalender Hijriah yang disusun oleh Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag), 12 Rabiul Awal 1446 H jatuh pada Senin, 16 September 2024. Jadwal ini sama dengan keputusan Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LFPBNU).

Merujuk Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri No 236/2024, 1/2024, dan 2/2024 yang mengatur perubahan SKB Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024, 16 September 2024 ditetapkan sebagai hari libur nasional peringatan Maulid Nabi. 


Peristiwa Penting 12 Rabiul Awal

Ilustrasi bulan purnama, masjid, Islami
Ilustrasi bulan purnama, masjid, Islami. (Photo by Yasir Gürbüz from Pexels)

Mengutip situs Tambakberas.com, ada beberapa peristiwa penting yang terjadi pada bulan Rabiul Awal. Peristiwa-peristiwa ini penting diketahui muslim agar semakin mengenal tentang Islam dari sisi historisnya.

Pertama adalah kelahiran Nabi Muhammad SAW pada Senin, 12 Rabiul Awal tahun Gajah. Rasulullah SAW lahir saat pasukan Gajah yang dipimpin Abrahah menyerang Ka'bah di Makkah. Peristiwa tentara bergajah ini diabadikan dalam surah Al-Fil.

Kedua adalah peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah. Peristiwa ini terjadi pada Senin, 12 Rabiul Awal setelah 13 tahun Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi nabi dan rasul.

Peristiwa penting yang ketiga adalah wafatnya Rasulullah SAW di Madinah, yang terjadi pada hari Senin, 12 Rabiul Awal 23 H. Rasulullah SAW wafat dengan mewariskan kemakmuran, kebahagiaan, serta kasih sayang yang sempurna.

Allah SWT berfirman:

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيْتُ لَكُمُ الإِسْلاَمَ دِينًا

Artinya: “Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.“ [QS. al Maidah: 3]

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya