Pulau Cubadak Bisa Terima Turis Lokal Usai Heboh Video Pengusiran

Turis lokal akhirnya dapat berkunjung ke Pulau Cubadak setelah sebelumnya ramai video pengusiran oleh turis asing.

oleh Rio Apinino diperbarui 27 Okt 2014, 12:22 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2014, 12:22 WIB
Pulau Cubadak-2
Pulau Cubadak-2

Liputan6.com, Jakarta Setelah video pengusiran turis asing terhadap turis lokal yang terjadi di Pulau Cubadak, Sumatra Barat ramai di media sosial, pihak pengelola pulau akhirnya mengizinkan turis lokal untuk bisa masuk ke pulau cantik tersebut.

Pulau Cubadak akhirnya dapat dimasuki turis lokal setelah PT Paradiso Village selaku pengelola mengundang pihak-pihak terkait untuk membahas masalah ini. Undangan ini karena kekhawatiran pihak pengelola terhadap apa yang dapat dilakukan warga setempat.

Dalam video pengusiran tersebut, salah satu tokoh masyarakat setempat mengatakan bahwa jika perilaku pengelola terus seperti ini, masyarakat setempat bisa saja melakukan tindakan anarkis. Tindakan inilah yang ditakutkan pihak pengelola.

Dalam pertemuan tersebut, PT Paradiso Village mengundang pihak-pihak terkait seperti Bupati, Sekteratis Daerah, Dinas Pariwisata dan Darpius selaku tokoh masyarakat setempat.

Hasil dari pertemuan tersebut diantaranya adalah kesepakatan bahwa turis lokal dapat diizinkan masuk ke Pulau Cubadak asal ada konfirmasi terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya.

"Hari-hari biasa bisa masuk asal ada konfirmasi dulu untuk memastikan jumlah, lama dan kegiatannya apa," kata Darpius saat dihubungi Liputan6 via telepon, Senin (27/10/2014).

Kesepakatan lain yang didapat adalah akan dibangunnya wilayah untuk turis lokal di bagian utara pulau tersebut.

"Pengelola akan membangun tempat khusus untuk turis lokal di utara pulau pada bulan November ini, meskipun belum ada tanggal pastinya," ujar Darpius.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut pihak pengelola juga berjanji akan mengalokasikan waktu 3 hari khusus untuk turis lokal menikmati keindahan pulau dan melarang turis asing masuk.

"Rencananya pada 8-10 November dan tiga hari lagi di bulan Juni tahun depan," tambah Darpius.

Pertemuan tersebut rencananya akan disusul dengan pertemuan-pertemuan lainnya untuk memastikan janji-janji pihak pengelola terhadap pengelolaan Pulan Cubadak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya