Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Menata Lemari Es

Apa kesalahan yang sering dilakukan ketika menata lemari es? Simak selengkapnya di sini

oleh Vinsensia Dianawanti diperbarui 01 Jun 2018, 20:00 WIB
Diterbitkan 01 Jun 2018, 20:00 WIB
Lemari Es Atau Freezer
Ilustrasi Foto Freezer (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Lemari es menjadi solusi memperpanjang umur bahan makanan favorit Anda. Belanja mingguan diperlukan untuk menjaga persediaan makanan favorit keluarga. Namun ketika sudah waktunya berbelanja mingguan, kerap kali bahan makanan sebelumnya masih tersisa.

Barang belanjaan yang baru biasanya langsung dimasukkan ke dalam lemari es. Cara ini akan membuat bahan makanan yang lama akan terdorong ke belakang. Bahkan jika rak sudah tidak mampu menampung bahan makanan, kerap kali dipaksa agar semua bahan makanan bisa masuk ke dalam kulkas.

Disadari atau tidak, kebiasaan ini akan mengacaukan sistem pendinginan dari lemari es. Selain itu, dengan memasukkan bahan makanan secara paksa akan membuat Anda tidak bisa memeriksa bahan makanan mana yang sudah tidak layak dan harus dibuang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Menata Lemari Es

Lemari Es Atau Freezer
Ilustrasi Foto Freezer (iStockphoto)

Anda harus melakukan perombakan kulkas yang tepat. Sehingga kinerja kulkas bisa berjalan dengan maksimal, seperti dilansir dari Real Simple pada Jumat (1/6/2018). Menurut ahli tata kelola Barbara Reich dari Konsultan Sumberdaya, banyak orang yang mencoba mengatur lemari es mereka namun tidak mengambil semua barang yang ada di rak dan laci. Orang-orang berpikir bahwa mereka dapat melihat semua bahan makanan dan meninggalkannya dalam kondisi yang terdesak.

Baik perspektif organisasi dan nutrisi mengatakan bahwa proses penyimpanan dingin dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Anda bisa membuang makanan yang rusak dari dalam kulkas dan menyiapkan barang-barang yang tersisa dengan menempatkannya di area paling depan.

 


Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Menata Lemari Es

Lemari Es Atau Freezer
Ilustrasi Foto Freezer (iStockphoto)

Anda pun bisa meletakkan makanan yang sering digunakan di area depan. Sehingga lebih mudah dijangkau. Setelah membuang makanan yang rusak, Anda tinggal menentukan posisi penyimpanan berdasarkan kategori makanannya.

Lebih baik lagi jika Anda menempatkan makanan sisa dan camilan lainnya dalam wadah yang cocok dan dapat ditumpuk. Terakhir, bersihkan isi lemari es secara rutin. Ini untuk mengganti sirkulasi udara di dalamnya dan menjaga sistem pendinginan tetap berjalan dengan baik.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya