Selain Daging, Ini Makanan untuk Penuhi Kebutuhan Protein di Bulan Ramadan

Protein merupakan salah satu senyawa organik yang sangat dibutuhkan oleh setiap bagian tubuh untuk berkembang, bertumbuh, dan berfungsi dengan baik.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 19 Apr 2021, 13:13 WIB
Diterbitkan 19 Apr 2021, 13:13 WIB
Gurihnya Tahu dan Tempe Goreng dengan Varian Bumbu Praktis
Gurihnya Tahu dan Tempe Goreng dengan Varian Bumbu Praktis. foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta Protein merupakan salah satu senyawa organik yang sangat dibutuhkan oleh setiap bagian tubuh untuk berkembang, bertumbuh, dan berfungsi dengan baik. Manfaat dan fungsi protein bagi tubuh diantaranya sebagai sumber energi, pembentukan hormon, mendukung proses kimia dalam tubuh, sebagai antibodi dan menjaga kesehatan organ tubuh seperti rambut, kulit, mata dan semua organ yang terbentuk dari protein.

Sebagai sumber energi, kebutuhan protein sangat penting untuk menjalani puasa ramadan. Daging merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Sayangnya, tidak setiap orang bisa makan daging karena berbagai alasan. Baik karena bosan, atau mulai menerapkan gaya hidup vegetarian. Bagi Anda yang tidak ingin makan daging, tak perlu khawatir dengan kebutuhan protein tidak terpenuhi. 

Faktanya, banyak makanan selain daging yang juga mengandung protein tinggi, sehingga sangat baik untuk dijadikan sebagai asupan sehari-hari. Berikut daftarnya seperti dikutip dari klikdokter.

1. Tahu dan Tempe

Tempe dan tempe dapat dijadikan sebagai asupan pengganti protein selain daging yang baik untuk kesehatan. Makanan tradisional asli Indonesia ini dibuat dengan kedelai yang difermentasi. Kacang ini dianggap sebagai sumber protein yang utuh karena mengandung sembilan asam amino esensial. Keduanya mengandung zat besi, kalsium, dan 10-19 gram protein per 100 gram sajian.

 


2. Kentang

Ilustrasi Kentang
Ilustrasi kentang (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Dikenal mengandung banyak karbohidrat seperti nasi, kentang sebetulnya juga mengandung protein sebanyak 4 gram. Itu artinya, kentang dapat memenuhi 20% kebutuhan protein Anda sehari-hari. Sangat baik untuk dijadikan pengganti protein selain daging.

3. Jagung

Seperti kentang, jagung sering dimasukkan ke dalam kategori sayur atau tumbuhan yang kurang bermanfaat. Padahal, jagung juga bisa melengkapi hidangan berbahan dasar protein dalam menu Anda sehari-hari. Agar manfaatnya lebih terasa, pilih jagung organik segar atau non transgenik.


4. Bayam dan Brokoli 

Makanan untuk Usia 5o Tahun
Bayam dan Brokoli / Sumber: iStockphoto

Bayam dan brokoli merupakan jenis sayuran hijau yang mengandung protein di dalamnya. Dalam bayam mengandung magnesium, zat besi, asam folat, dan kombinasi nutrisi penting lainnya sehingga sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin dan teratur.

Sementara per 100 gram brokoli mengandung protein sebanyak 2,8 gram. Patut diketahui bahwa sayuran yang satu ini terkenal memiliki sifat anti kanker, sehingga baik dikonsumsi sehari-hari.

5. Almond

Almond termasuk makanan dengan kandungan protein tinggi, dia juga menyimpan vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Selain itu, Almond memiliki jumlah magnesium yang tinggi sehingga dapat membantu Anda mengurangi hasrat makan gula, meringankan kram terkait PMS, meningkatkan kesehatan tulang, serta mengurangi intensitas nyeri otot dan kejang.

6. Oat

Oat termasuk makanan karbohidrat kompleks. Akan tetapi, biji-bijian ini juga kaya protein dan serat. Setengah cangkir (120 mL) oat kering mengandung 6 gram protein dan 4 gram serat. Selain itu, oat juga mengandung sejumlah magnesium, seng, fosfor, dan asam folat.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya