Upaya Pemulihan Lingkungan Hidup Lewat Lomba Karya Tulis

Generasi muda sekarang diharapkan aktif dalam tindakan perbaikan lingkungan hidup yang tercemar dan/atau rusak dapat terpulihkan.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Mei 2021, 09:30 WIB
Diterbitkan 25 Mei 2021, 09:30 WIB
Membuat Gagasan Perbaikan dan Pemulihan Lingkungan Hidup Lewat Lomba Karya Tulis
Membuat Gagasan Perbaikan dan Pemulihan Lingkungan Hidup Lewat Lomba Karya Tulis. foto: Tangkapan layar 'Webinar ekspresi cinta lingkungan melalui karya tulisan

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar webinar pada Senin, 24 Mei 2021. Webinar seri ketiga ini mengusung tema ekspresi cinta lingkungan melalui karya tulisan.

Acara tersebut, mengundang sejumlah narasumber yang kompeten di bidangnya. Salah satunya Robert Adhi KSP, seorang penulis buku biografi. Ia menjelaskan kalau kebiasaan menulis dan membaca perlu dipupuk sejak kecil. "Hal tersebut sangat berpengaruh pada kemampuan menulis untuk usia dewasa, apa pun profesi yang akan ditekuni nantinya," jelas Robert.

Ia juga memberi tips cara menulis. "Sebelum menulis sebaiknya selalu mengupayakan membuat outline agar tetap fokus dan tema tulisan tidak meluas," terangnya.

 

Sementara itu, Surandi, Praktisi Media dan Dosen Akademik Telivisi Jakarta dalam kesempatan yang sama, menjelaskan mengenai perkembangan lingkungan di daerah sekitar bisa dituangkan ke dalam tulisan.

"Untuk memantapkan ide atau gagasan tulisan dapat mempopulerkan nilai yang terkandung dalam lingkungan dan mengonsolidasikan gerakan masyarakat akan sadar lingkungan serta jangan lupa untuk memanfaatkan teknologi digital dan gawai," kata Surandi.

Dalam webinar yang sebagian besar dihadiri oleh para pelajar, mahasiswa dan guru ini juga mengumumkan mengadakan lomba penulisan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni 2021. Tema untuk lomba karya tulis populer kali ini yaitu “Generation Restoration: Reimage, Recreate, Restore”, dengan fokus ke isu air (sungai-laut), lahan (gambut-lahan akses terbuka), dan udara.

Harapannya, generasi muda sekarang dapat ikut serta secara aktif dalam tindakan perbaikan lingkungan hidup yang tercemar dan/atau rusak dapat terpulihkan dan memberikan manfaat dan keberlangsungan hidup bagi masyarakat. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut:


Berani Memulai

Membuat Gagasan Perbaikan dan Pemulihan Lingkungan Hidup Lewat Lomba Karya Tulis
Membuat Gagasan Perbaikan dan Pemulihan Lingkungan Hidup Lewat Lomba Karya Tulis. foto: Tangkapan layar 'Webinar ekspresi cinta lingkungan melalui karya tulisan

Para peserta harus pelajar aktif setingkat SMP dan SMA dengan bukti fotokopi Kartu Tanda Pelajar. Para peserta juga harus mengikuti salah satu akun media sosial Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (Ditjen PPKL) yaitu di Facebook, Instagram atau Twitter.

Pendaftaran lomba akan dibuka mulai 25 Mei hingga 2 Juni 2021 di link bit.ly/PendaftaranLombaKaryaTulis2021. Setiap peserta hanya diperkenankan untuk mengirimkan satu tulisan saja. Nanti akan dipilih tiga pemenang untuk tingkat SMP dan SMA dengan hadiah uang tunai total Rp18 juta.

Dengan lomba, diharapkan memicu siswa/siswi SMP dan SMA seluruh Indonesia berani memulai untuk menulis serta kreatif dalam mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah mereka terima di sekolah ataupun ide dan gagasan terkait perbaikan dan pemulihan lingkungan melalui media tulisan

Batas akhir pengumpulan karya penulkisan pada 31 Juli 2021. Nantinya pemenang lomba karya tulis menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 ini akan diumumkan pada, 17 Agustus 2021 di akun Instagram @ditjenppkl_klhk.  (Muhammad Thoifur)


4 Manfaat Penting Vaksinasi Covid-19

Infografis 4 Manfaat Penting Vaksinasi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 4 Manfaat Penting Vaksinasi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya