Asal Usul Hari Jomblo Sedunia yang Jatuh pada 11 November

11 November bukan hanya diperingati sebagai hari belanja tetapi juga Hari Jomblo Sedunia.

oleh Gabriella Ajeng Larasati diperbarui 11 Nov 2022, 15:22 WIB
Diterbitkan 11 Nov 2022, 15:15 WIB
Asal Usul Hari Jomblo Sedunia yang Jatuh pada 11 November
Ilustrasi Hari Jomblo Sedunia yang dirayakan bersama dengan teman-teman. (dok. Unsplash.com/Antonino Visalli)

Liputan6.com, Jakarta - Akhir-akhir ini, maraknya penggunaan e-commerce menimbulkan kebiasaan masyarakat untuk berbelanja. Terlebih, banyak e-commerce yang menawarkan berbagai macam diskon khusus di tanggal kembar.

Namun, ada yang berbeda untuk tanggal kembar di bulan November. Tanggal 11 November tidak hanya diingat sebagai kesempatan masyarakat untuk mendapatkan diskon dari berbagai platform belanja daring, tetapi diperingati sebagai Hari Jomblo Sedunia.

Singles Day atau Hari Jomblo sebenarnya merupakan hari libur bagi masyarakat Cina. Hal ini dimaksudkan agar para masyarakat yang masih lajang mengapresiasi dirinya sendiri sebagai orang lajang.

Nama ‘Single Day’ merupakan versi bahasa Inggris dari Guanggun Jie. Secara harfiah dapat diartikan sebagai single sticks day, sebuah permainan kata-kata yang berada di Cina dengan tampilan tanggal 11/11.

Melansir National Today, Jumat (11/11/2022), perayaan ini dimulai oleh sekelompok mahasiswa laki-laki di Universitas Nanjing China pada 11 November 1993. Mahasiswa yang masih melajang pada saat itu memilih untuk merayakan Hari Jomblo sendiri daripada meratapi nasib tanpa pasangan.

Pemilihan 11 November sebagai Hari Jomblo dikarenakan angka 11/11 terlihat seperti empat tongkat tunggal yang dirangkai. Mereka mencoba untuk memanfaatkan momen ini sebaik mungkin.

Peringatan ini dengan cepat berkembang menjadi hari libur tidak resmi. Seluruh orang lajang di Cina menikmati harinya dengan makan malam yang menyenangkan dan membelanjakan barang-barang yang tidak akan mereka beli untuk diri sendiri.

Oleh sebab itu, Singles Day menjadi satu-satunya liburan belanja daring paling menguntungkan di dunia. Pada 2017, penjualan pada 11 November mencapai 25 miliar dolar.


Singles Day di Cina

Ilustrasi jomblo, pria bahagia
Ilustrasi jomblo, pria bahagia. (Photo by Angelo Pantazis on Unsplash)

Pada 11 November 2009, CEO Alibaba, Jack Ma mengorganisasikan penjualan pada Hari Jomblo. Ia mendeklarasikan pula bahwa 11 November menjadi hari penjualan terlaris tahun ini di dunia.

Sejak pendeklarasian Jack Ma sebagai hari masyarakat untuk memanjakan diri dengan belanja, 11 November menjadi hari belanja terbesar di dunia. Bahkan, hari belanja pada tanggal ini lebih besar dari gabungan antara Amazon’s Prime Day and Black Friday.

Pada 11 November 2012, tren Single Day di Cina yang dimanfaatkan para orang lajang untuk berbelanja, melampaui penjualan pada Cyber Monday sebagai hari belanja daring terbesar tahun ini. Kenaikan tersebut lebih dari dua kali lipat.

Dilihat dari kacamata ekonomi, dengan penjualan dan keuntungan yang masif, Hari Jomblo Sedunia masih menjadi hari yang penting bagi para retail untuk berjualan. Pada perayaan hari jomblo ini merupakan saat yang tepat untuk meluncurkan atau mempromosikan suatu produk baru.

Untuk merayakan Hari Jomblo Sedunia, kegiatan apa saja yang dapat Anda lakukan? Berikut kegiatan yang dapat dilakukan yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.


1. Berbaur dengan Teman Lajang

Asal Usul Hari Jomblo Sedunia yang Jatuh pada 11 November
Ilustrasi pergi bersama dengan teman-teman. (dok. Unsplash.com/Felix Rostig)

Anda dapat keluar bersama dengan teman yang lajang untuk merayakannya bersama. Misalnya saja Anda dapat melakukan janjian untuk makan malam bersama ataupun menonton film di bioskop bersama.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengapresiasi diri masing-masing setelah apa yang sudah dilakukan selama ini. Tidak hanya itu saja, Anda dapat juga melakukan karaoke bersama dengan teman-teman.

Jika memang mencari hal yang simpel dan mudah karena teman-teman sedang tidak bisa menemani, Anda dapat bersantai di taman atau mengikuti acara-acara festival dan berkenalan dengan orang baru. Mungkin saja Anda mendapatkan teman baru yang asik.

2. Membuat Janji Spa 

Jika memang ingin menikmati waktu sendiri, Anda dapat melakukan janji temu dengan salah satu resor spa. Tujuannya, Anda dapat memberikan waktu bagi tubuh untuk rileks dari segala aktivitas harian yang mungkin melelahkan.

Ketenangan ini dapat menstimulasi otak agar pikiran menjadi lebih segar dan seperti terlahir kembali. Anda dapat pula mengajak teman untuk melakukan pijat bersama sembari mengobrol dan bertukar pikiran. Intinya, memanjakan diri di tengah kesibukan aktivitas sehari-hari!


3. Berbelanja Online

1. Update Keranjang Belanja Sesuai Kebutuhan
Ilustrasi belanja online. (Shutterstock/McLittle Stock)

Hal yang paling sering dan mudah dilakukan yaitu berbelanja online. Biasanya berbagai platform e-commerce menyediakan diskon yang lumayan besar.

Anda dapat memanjakan mata dengan membeli barang-barang yang mungkin tidak perlu Anda pikirkan matang-matang. Belanja online seperti ini dapat dihitung sebagai penghargaan terhadap diri sendiri karena sudah berani dan bertahan hingga saat ini.

Untuk Anda yang hobi berpergian, solo travelling ddapat menjadi pilihan. Merencanakan perjalanan sendiri dengan membeli tiket yang sedang diskon dapat pula menjadi salah satu cara untuk menikmati Hari Jomblo Sedunia.

4. Menuliskan Daftar Penghargaan atau Pencapaian 

Luangkan waktu sejenak untuk membuat daftar setidaknya sepuluh hal yang mungkin Anda sukai dan hargai tentang diri Anda sendiri. Setelah membuat daftar tersebut, Anda bisa meletakkannya ataupun menghiasnya agar menarik untuk dilihat.

Hal ini dapat menjadi refleksi apa yang sudah dilakukan selama ini sangat berarti bagi diri sendiri. Anda juga bisa menceritakannya di platform media sosial Anda dan mungkin menjadi bahan diskusi ringan dengan teman atau kenalan Anda.

Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online
Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya