Detail Mahkota Baru Miss Universe Seharga Rp93 Miliar, Sarat Makna dan Bertabur Berlian

Mahkota baru Miss Universe jadi karya kedua perusahaan perhiasan mewah Lebanon, Mouawad, di kontes kecantikan tersebut.

oleh Asnida Riani diperbarui 28 Des 2022, 09:29 WIB
Diterbitkan 21 Des 2022, 13:02 WIB
Miss Universe
Force for Good, mahkota baru kontes kecantikan Miss Universe. (dok. Instagram @annejkn.official/https://www.instagram.com/p/CmWMK2HL3Zv/)

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berganti bos, Miss Universe juga punya mahkota baru. Versi teranyar mahkota kontes kecantikan ini dinamai "Force for Good."

Melansir The National Thailand, Rabu (21/12/2022), pemilik Organisasi Miss Universe, sekaligus CEO JKN Global Group, Anne Jakapong, menggambarkan mahkota tersebut sebagai warisan baru di bawah kepemimpinannya. "Force for Good," yang dirancang merek perhiasan mewah Mouawad, mewakili inkarnasi anggun dari nilai-nilai lama Miss Universe sebagai cahaya penuntun, katanya.

"Ambisi kami adalah menanamkan semangat untuk 'kepemimpinan transformasional,' dengan keyakinan kuat bahwa setiap orang dapat memimpin, menjadi sukses, dan mencapai tujuan hidup mereka," Jakapong menyebut.

Ia juga mengindikasikan bahwa kontes kecantikan akan berfungsi sebagai platform inspirasional untuk keberagaman dan memberi kesempatan pada perempuan untuk mewujudkan ambisi mereka. Jakapong mengatakan, tujuannya adalah membantu merek Miss Universe berkembang jadi sesuatu yang lebih relevan dan menarik bagi generasi berikutnya.

"Merek Miss Universe sangat ingin memainkan peran kunci dalam melibatkan orang-orang dalam perjalanan menuju inklusi sosial, kesetaraan gender, dan keberlanjutan," ucapnya.

Mahkota "Force for Good" adalah yang kedua yang dirancang dan dibuat rumah perhiasan Lebanon, Mouawad. Mahkota berharga hampir 6 juta dolar AS (sekitar Rp93,7 miliar) ini dilengkapi 110 karat safir biru dan 48 karat berlian putih dengan safir biru berbentuk buah pir seberat 45,14 karat sebagai mahkota kejayaannya.

Mahkota Miss Universe itu melambangkan "kebaikan dan harapan untuk masa depan yang lebih cerah," kata Fred Mouawad, salah satu wali Mouawad generasi keempat. Ia menambahkan, mahkota tersebut merupakan prestasi pengerjaan luar biasa, dengan setiap batu dari 993 batu di sana dibuat dengan tangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mewakili Kekuatan Perempuan

Miss Universe
Bos Organisasi Miss Universe, sekaligus CEO JKN Global Group, Anne Jakapong, bersama mahkota baru Miss Universe, "Force for Good." (dok. Instagram @annejkn.official/https://www.instagram.com/p/CmXJSQdh9ho/)

Menurut Mouawad, desain tersebut membangkitkan keyakinan Organisasi Miss Universe di masa depan yang ditempa perempuan yang mendorong batas-batas dan menganjurkan perubahan positif. Natalie Glebova, yang dinobatkan sebagai Miss Universe pada 2005, mengatakan bahwa mahkota tersebut tidak hanya "benar-benar menakjubkan," tapi juga mewakili kekuatan perempuan untuk menginspirasi.

Jakkapong, sementara itu, berjanji bahwa kontes Miss Universe mendatang akan jadi visi fantastis bernuansa biru, warna favoritnya, serta penuh dengan pesan dan konten sarat makna untuk memberdayakan orang di seluruh dunia.

Ketika ditanya siapa yang menurutnya akan dinobatkan sebagai wanita tercantik di dunia, sembari tertawa, ia mengatakan Miss Universe berikutnya akan jadi ikon sejati yang memesona, baik di dalam maupun di luar. Miss Universe 2022 akan dimahkotai di New Orleans, AS, pada 14 Januari 2023 oleh pemenang tahun lalu, Miss India Harnaaz Sandhu.

Sebelum "Force For Good" Mouawad, ada 11 mahkota indah yang diberikan pada para pemenang Miss Universe. Masing-masing mahkota dihiasi beberapa perhiasan paling berharga di dunia yaitu, berlian dan mutiara, sepanjang 70 tahun sejarah kontes.

 


Deretan Mahkota Miss Universe

Harnaaz Sandhu Raih Mahkota Miss Universe 2021
Harnaaz Sandhu dari India melambai setelah dinobatkan sebagai Miss Universe 2021 selama kontes Miss Universe ke-70 di Eilat, Israel, Senin (13/12/2021). Perempuan berusia 21 tahun ini sukses mengungguli dua kontestan Nadia Ferreira (Paraguay) dan Lalela Mswane (Afrika Selatan). (AP Photo/Ariel Schal

Berikut adalah daftar mahkota yang telah diberikan pada Miss Universe:

1. Romanov Imperial Nuptial Crown

Mahkota yang terdiri dari 1.529 keping berlian tanpa cacat dengan total 300 karat itu dulunya milik seorang tsar Rusia dan diberikan pada Armi Kuusela dari Finlandia, yang merupakan pemegang gelar pertama Miss Universe.

2. The Christiane Martel Crown

Dirancang dan dibuat dengan perunggu metalik, mahkota ini memiliki tampilan khas karena tidak memiliki hiasan permata. Itu digunakan antara 1953--1954.

3. The Star of The Universe Crown

Mahkota itu dinamai berdasarkan bentuk bintang di atasnya, dengan seribu mutiara digunakan untuk menghiasinya. Meski dibuat dengan platinum dan emas, beratnya hanya 0,6kg.

4. The Lady Rhinestone Crown

Itu juga dikenal sebagai mahkota hari jadi ke-10 karena dibuat untuk memperingati ulang tahun ke-10 kontes tersebut. Konstruksi mahkota terbuat dari emas putih mutiara, dan bintang berujung lima di atasnya dihiasi Rhinestone.

5. The Sarah Coventry Crown

Ciri khasnya yang unik adalah sosok wanita yang memegang tongkat di tengah mahkota dengan sosok yang sama yang mewakili logo Miss Universe.

 


Mahkota Miss Universe Lainnya

Mahkota Miss Universe
Miss Universe Catriona Gray dan Pascal Mouawad mengungkap mahkota Miss Universe baru pada 5 Desember 2019 di Marriott Marquis di Atlanta, GA. Dirancang oleh perhiasan mewah Mouawad, mahkota itu dibuat dari emas 18 karat, handset dengan lebih dari 1.770 berlian termasuk berlian kenari emas berpotongan perisai di bagian tengah yang megah dengan berat 62,83 karat. (MARCUS INGRAM / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / GETTY IMAGES VIA AFP)  

6. The Chandelier Crown

Ini merupakan gubahan Sarah Coventry Crown agar lebih nyaman dipakai. Mahkota ini digunakan hingga tahun 2001 ketika perjanjian sponsor menyebabkan pergantian mahkota.

7. Mikimoto Crown

Itu merupakan buatan perhiasan terkenal Jepang Tomohiro Yamaji, yang ingin membuat mahkotanya terlihat seperti bulu burung phoenix. Bentuk mahkota dibuat dari emas putih, dihiasi 800 berlian serta 120 mutiara, dan beratnya 18 karat.

8. Cao Fine Jewelry Crown

Disponsori Cao Fine Jewelry, produsen Vietnam, mahkota terbuat dari emas putih dan kuning 18 karat, dengan berlian 30 karat disertakan sebagai hiasan.

9. Peace Crown

Mahkota, dari perusahaan perhiasan Diamond Nexus Lab, menggunakan 1.400 batu sintetis dan rubi yang ramah lingkungan dalam dekorasi. Selain itu, batu permatanya melambangkan kampanye kesadaran HIV Miss Universe. Pemenang pertama yang memakainya adalah Miss Universe 2009, Stefana Fernández.

10. DIC Crown

Itu diproduksi Diamond Corporation (DIC) internasional. Ketinggian batunya yang tidak rata mewakili gedung pencakar langit di New York City, tempat kantor pusat Organisasi Miss Universe berada.

11. The Mouawad Power of The Unity Crown

Mahkota, yang terbuat dari emas 18 karat dan dihiasi pola berlian putih seperti sulur, menekankan Filosofi Miss Universe: Kekuatan, Wanita, Pemberdayaan, dan Komunitas. Berlian kenari emas 62,83 karat di bagian tengah dipoles jadi bentuk potongan campuran, yang menunjukkan kekuatan dan kekuatan komunitas wanita.

Infografis 1 dari 4 Perempuan Mengalami Kekerasan Fisik atau Seksual. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 1 dari 4 Perempuan Mengalami Kekerasan Fisik atau Seksual. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya