Tentara Amerika Senyum-Senyum Saat Antre Jajan Cilok dan Batagor di Indonesia

Mirip bocah kecil yang menunggu giliran dilayani, para tentara AS itu menunjukkan ekspresi lucu saat sedang memakan cilok dan batagor.

oleh Henry diperbarui 12 Jan 2023, 14:02 WIB
Diterbitkan 12 Jan 2023, 14:02 WIB
Tentara Amerika Serikat Rela Antre Saat Jajan Siomay dam Cilok di Indonesia
Tentara Amerika Serikat Rela Antre Saat Jajan Siomay dam Cilok di Indonesia. foto: Instagram @infokomando.official

Liputan6.com, Jakarta - Jajanan Indonesia sangat beragam dan terkenal dengan kelezatannya. Jajanan kaki lima seperti cilok, siomay, dan batagor adalah primadona untuk camilan yang bisa dinikmati setiap saat.

Bagaimana bila yang jajan adalah para tentara Angkatan Darat Amerika Serikat? Mereka tertangkap kamera antusias mengantre untuk membeli jajanan pinggir jalan khas Jawa Barat tersebut.

Mirip bocah kecil yang menunggu giliran dilayani, mereka bergerombol dekat gerobak tukang bakso tahu dan siomay. Kejadian menggelitik ini diunggah akun Instagram @infokomando.official pada Selasa, 10 Januari 2023.

"Mumpung ada di Indonesia borong cilok sebanyak-banyaknya. Tentara dari U.S. Army (25th ID) Angkatan Darat Amerika Serikat mengantri beli siomay dan batagor Bandung. Saking senangnya sampai ada yang mulutnya terisi penuh cilok," tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Para tentara AS yang terlihat punya postur tubuh besar dan wajah garang ini terlihat senyum-senyum saat mengantre. Video itu juga menampilkan ekspresi para tentara Amerika saat makan jajanan yang mereka beli.

Salah satunya bahkan terlihat penuh isi mulutnya dengan siomay. Sementara, tangannya memegang plastik berisi cilok saus kacang yang dibelinya. Aksi tersebut mendapat beragam sorotan dari warganet. 

Salah seorang warganet berpendapat hal itu menjadi cara TNI untuk memberi kesan positif bagi para tentara AS untuk dibawa pulang ke negara mereka nanti. "Terima kasih TNI telah membuat US. ARMY terkesan dengan Indonesia yg mungkin tidak mereka dapatkan pada saat latihan dengan negara lain. Darat, Laut & Udara TNI Jaya," komentar seorang warganet.


Asal-usul Cilok

Tentara Amerika Serikat Rela Antre Saat Jajan Siomay dam Cilok di Indonesia
Tentara Amerika Serikat Rela Antre Saat Jajan Siomay dam Cilok di Indonesia. foto: Instagram @infokomando.official

"Nanti pensiun dari US Army, dia jualan cilok di Amerika," canda warganet lainnya. "Kok aku seneng ya liat nya. Bahagia melihat mereka tertawa gitu," komentar warganet lainnya.

Cilok merupakan camilan khas Sunda yang berbahan aci alias tepung tapioka. Teknik pembuatannya mirip dengan cimol, yakni adonan dibulatkan seperti bakso, tetapi dimasak dengan cara direbus atau dikukus.

Nama cilok adalah singkatan dari aci dicolok karena ketika memakannya biasanya ditusuk dengan tusukan sate. Cilok juga dilumuri dengan saus seperti kecap ataupun saus sambal. Namun, saat ini olahan cilok sudah berbagai macam dan yang menjadi kesukaan orang-orang adalah cilok berkuah.

Selain cilok, jajanan dari aci lainnya adalah cimol, singkatan dari aci digemol. Itu karena adonan aci dibulat-bulatkan dalam proses pembuatan. Ukurannya sebesar kelereng. Adonan itu lalu digoreng menggunakan minyak. Cimol bisa langsung dimakan, atau diberikan perasa sesuai selera, yang biasanya berkisar antara cabai bubuk atau bubuk keju.


Makan Pempek

Reaksi Tentara Amerika Saat Mencoba Pempek Palembang
Reaksi Tentara Amerika Saat Mencoba Pempek Palembang. foto: TikTok @sscipalembang

Beberapa tahun lalu juga pernah beredar video sejumlah tentara AS menyantap makanan khas Indonesia. Pada 2021, TNI Angkatan Darat dan militer AS menggelar latihan perang bersama. Latihan tersebut dilakukan di tiga tempat di Indonesia. Salah satunya di Baturaja, Sumatera Selatan.

Selain berlatih bersama, para anggota TNI dan militer AS juga kerap menghabiskan waktu istirahat bersama. Hal itu diketahui dari unggahan di akun TikTok @sscipalembang pada 13 Agustus 2021.

Video itu juga dibagikan oleh akun Instagram @palembanginfo pada 13 Agustus 2021. Dalam video tersebut, terlihat beberapa anggota TNI dan militer AS tengah menikmati pempek di sebuah restoran.

Reaksi mereka saat mencicipi pempek membuat warganet terhibur. "Cobalah satu," ucap salah seorang anggota TNI dalam bahasa Inggris.

Ia juga menjelaskan jika pempek merupakan makanan yang terbuat dari ikan atau disebut juga fish cake. Tentara Amerika itu pun langsung mencicipi pempek lenjer yang ada dihadapannya sembari mencelupkannya ke dalam cuko, kuah pempek yang biasanya rasanya agak pedas.


Kapal Selam

Reaksi Tentara Amerika Saat Mencoba Pempek Palembang
Reaksi Tentara Amerika Saat Mencoba Pempek Palembang. foto: TikTok @sscipalembang

Tak lama seorang anggota TNI lain pun mengatakan agar menghirup cuko tersebut agar terasa lebih nikmat.  "Hirup cuka," kata anggota TNI yang lain. "Okay," kata satu tentara Amerika sambil menyantap pempek. Setelah mencicipi pempek, ia terlihat menikmati pempek tersebut. Ia pun menyetujui jika pempek khas Palembang memang enak.

Anggota TNI itu pun meminta tentara Amerika lain untuk ikut mencoba pempek. Ia juga mengatakan jika pempek yang ada di hadapannya itu berisi sebuah telur. Tentara Amerika itu pun mencoba pempek tersebut.

Tak jauh berbeda, tentara Amerika itu juga bereaksi yang sama yaitu hanya mengangguk-anggukkan kepalanya karena bisa menikmati pempek.  Unggahan itu pun turut menarik perhatian warganet. Mereka bangga karena pempek bisa disukai oleh orang-orang dari luar Indonesia.

Ada juga yang menyarankan agar mengatakan pada tentara AS kalau kapal selam bisa dimakan di Indonesia. "Senang rasanya kalo liat orang luar makan makanan Indonesia, apalagi kalo dia bilang enak, senang liatnya," komentar seorang warganet.

Infografis Oleh-oleh Makanan khas Indonesia
Infografis Oleh-oleh Makanan khas Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya