Everything Everywhere All at Once Berjaya di Oscar 2023, Film yang Hampir Ditolak Michelle Yeoh

Lewat perannya di film Everything Everywhere All at Once, Michelle Yeoh berhasil menyabet penghargaan untuk Aktris Terbaik di Oscar 2023.

oleh Putu Elmira diperbarui 13 Mar 2023, 12:14 WIB
Diterbitkan 13 Mar 2023, 12:14 WIB
Michelle Yeoh menang Piala Oscar 2023 lewat film Everything Everywhere All At Once. (Foto: AP Photo/Chris Pizzello)
Michelle Yeoh menang Piala Oscar 2023 lewat film Everything Everywhere All At Once. (Foto: AP Photo/Chris Pizzello)

Liputan6.com, Jakarta - Melalui perannya di film Everything Everywhere All at Once, Michelle Yeoh berhasil menyabet penghargaan sebagai Aktris Terbaik di Oscar 2023. Kemenangan Yeoh di acara yang digelar di Hollywood, California, Amerika Serikat pada Minggu, 12 Maret 2023 ini, menjadikan dirinya perempuan keturunan Asia pertama yang memenangkan trofi tersebut.

Dikutip dari CNN, Senin (13/3/2023), Michelle Yeoh juga mencetak sejarah sebagai artis kelahiran Malaysia pertama yang dianugerahi Piala Oscar untuk Aktris Terbaik. Yeoh adalah orang kelima keturunan Asia yang memenangkan Oscar dalam kategori akting dan yang pertama menang dalam kategori akting utama.

"Untuk semua anak laki-laki dan perempuan yang terlihat seperti saya menonton malam ini, ini adalah sesuatu yang menjanjikan harapan dan sesuatu yang mungkin terjadi. Ini adalah bukti untuk bermimpi besar dan mimpi menjadi kenyataan," kata Yeoh saat menerima Piala Oscar.

Ia menambahkan, "Para perempuan, jangan biarkan siapa pun memberi tahu Anda bahwa Anda pernah melewati masa jaya Anda."

Yeoh mendedikasikan Oscar-nya untuk ibunya, dan "semua ibu di dunia, karena mereka benar-benar pahlawan super dan tanpa mereka tidak ada dari kita yang akan berada di sini malam ini".

Dalam Everything Everywhere All at Once, Yeoh memerankan Evelyn Wang, seorang imigran Asia-Amerika yang terkepung yang menjalankan laundry. Ia dihadapkan pada prospek yang mengejutkan dari kemungkinan kehidupan yang tak terbatas sebagai bagian dari multiverse.

Saat ia menavigasi medan baru yang aneh ini dan mendapatkan kekuatan baru yang luar biasa, dia harus menghadapi keretakan dalam keluarganya. Ini pada akhirnya menimbulkan ancaman eksistensial yang serius, sambil juga menghadapi pemeriksaan pajak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Everything Everywhere All at Once Raih 7 Piala Oscar 2023

Michelle Yeoh menang Piala Oscar 2023 lewat film Everything Everywhere All At Once. (Foto: AP Photo/Chris Pizzello)
Michelle Yeoh menang Piala Oscar 2023 lewat film Everything Everywhere All At Once. (Foto: AP Photo/Chris Pizzello)

Dikutip The Guardian, kemenangan Everything Everywhere All at Once mendominasi Oscar 2023. Film ini menyabet tujuh penghargaan, yakni untuk best picture, best actress, best director, best supporting actor, best supporting actress, best editing, dan best original screenplay.

Ke Huy Quan dinobatkan sebagai best supporting actor untuk perannya dalam film tersebut, mengalahkan Barry Keoghan dan Judd Hirsch. Ia menjadi aktor kelahiran Vietnam pertama yang memenangkan Oscar.

"Bu, aku baru saja memenangkan Oscar!" katanya sambil menangis. "Mereka mengatakan cerita seperti ini hanya terjadi di film, saya tidak percaya ini terjadi pada saya." Ini adalah pertama kalinya banyak aktor Asia memenangkan Oscar di tahun yang sama.

Jamie Lee Curtis juga dinobatkan sebagai best supporting actress untuk penampilannya dalam hit A24, mengalahkan Angela Bassett dan Kerry Condon. Itu adalah nominasi pertama aktor veteran itu.

"Saya tahu sepertinya saya berdiri di sini sendirian, tetapi saya adalah ratusan orang," katanya sebelum memberikan penghormatan secara emosional kepada mereka yang ada di film dan hidupnya.


Film Everything Everywhere All at Once Nyaris Ditolak Michelle Yeoh

Michelle Yeoh, Pemain Film Everything Everywhere All at Once Raih Nominasi Oscar 2023
Michelle Yeoh (tengah) bersama Stephanie Hsu dan Ke Huy Quan saat beradegan di film Everything Everywhere All At Once. Michelle Yeoh yang berperan sebagai Evelyn Wang mendapatkan nominasi Piala Oscar pertamanya untuk kategori Best Actress di film tersebut. (Allyson Riggs/A24 Films via AP)

Setelah mengetahui nominasi untuk film tersebut pada Januari, Yeoh mengatakan kepada The Hollywood Reporter bahwa "butuh waktu lama. Tapi saya pikir ini lebih dari saya."

Ia juga menyebutkan bahwa terus-menerus, "Orang Asia (sedang) berjalan ke arah saya sambil berkata, 'Kamu bisa melakukannya, kamu melakukannya untuk kami.' Itu seperti, 'Aku mengerti. Saya sangat mengerti.' Selama ini, mereka tidak dikenali, mereka tidak didengar."

Dikutip dari Variety, Senin (13/3/2023), di balik kesuksesan besar di Oscar 2023, Everything Everywhere All at Once ternyata nyaris ditolak oleh Michelle Yeoh karena nama karakternya. Berbicara kepada Cate Blanchett sebagai bagian dari serial "Actors on Actors" dari Variety, Yeoh mengungkapkan bahwa nama asli karakternya dalam naskah adalah Michelle Wang.

"Ini seperti roller coaster, kan?" Yeoh memberi tahu Blanchett. "Singkirkan telepon Anda, kenakan sabuk pengaman Anda. Dengan Daniels, saya harus melihat apakah mereka benar-benar gila, dengan cara terbaik. Sangat penting bahwa saya merasa sutradara adalah seorang visioner dan saya adalah salah satu alat mereka."


Kata Yeoh soal Karakternya

Poster film Everything Everywhere All at Once. (Foto: Dok. A24/ IMDb)
Poster film Everything Everywhere All at Once. (Foto: Dok. A24/ IMDb)

Yeoh melanjutkan, "Satu-satunya hal yang saya katakan kepada mereka adalah, 'Karakternya tidak bisa disebut Michelle Wang.' Mereka seperti, 'Tapi kenapa? Ini kamu.' Saya menjawab, 'Tidak, saya bukan ibu imigran Asia yang menjalankan laundry. Dia butuh suaranya sendiri.' Itu satu-satunya. Saya seperti, 'Jika Anda tidak mengubah nama, saya tidak akan masuk.'"

Nama karakter tersebut akhirnya diubah menjadi Evelyn Wang. "Saya selalu ingin bekerja dengan sutradara yang lebih muda," kata Yeoh kepada Blanchett di awal percakapan tentang mengapa dia memilih untuk film tersebut.

"Karena mereka memberikan tantangan kepada Anda yang tidak sering menghampiri Anda. Saya sangat bersyukur bahwa akhirnya saya mendapatkan naskah dengan perempuan yang sangat tidak mencolok, perempuan imigran, dan dia sudah lama berada di sekitar kita, mencoba mewujudkan impian Amerika dan membuat perempuan biasa menjadi luar biasa, itu sangat memuaskan, karena menurut saya itu adalah kita semua," jelas Yeoh.

infografis journal
infografis journal 10 Film Indonesia dengan Penonton Terbanyak di Tahun 2022. (Liputan6.com/Trie Yasni)  
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya