Baru Sehari Pulang ke Rumah, David Ozora Sudah Kangen Perawat Rumah Sakit dan Menunggu Jadwal Kontrol

Jonathan Latumahina berharap homecare di lingkungan keluarga yang hangat mempercepat proses pemulihan David Ozora setelah pulang dari rumah sakit.

oleh Henry diperbarui 17 Apr 2023, 16:44 WIB
Diterbitkan 17 Apr 2023, 16:44 WIB
Baru Sehari Pulang ke Rumah, David Ozora Sudah Kangen Perawat Rumah Sakit dan Menunggu Jadwal Kontrol
Baru Sehari Pulang ke Rumah, David Ozora Sudah Kangen Perawat Rumah Sakit dan Menunggu Jadwal Kontrol.  foto: Twitter @seeksixsuck

Liputan6.com, Jakarta - David Ozora sudah pulang ke rumah setelah menjalani perawatan nyaris dua bulan di Rumah Sakit atau RS Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan pada Minggu, 16 April 2023. Dokter yang merawat David mengatakan bahwa motorik korban penganiayaan Mario Dandy ini sudah lebih baik dari sebelumnya.

Mellisa Anggraini, lewat utas singkat di akun Twitter pribadi, Minggu (16/4/2023), menguak alasan David Ozora sudah diperbolehkan pulang.

"Alhamdulillah David masuk ketahap perawatan homecare, meski tetap dalam pemberlakuan HCU setidaknya David sudah berada dalam Lingkungan hangatnya rumah dan keluarga,” cuitnya.

Mewakili pihak keluarga Jonathan Latumahina, Mellisa Anggraini berharap homecare di lingkungan keluarga yang hangat mempercepat proses pemulihan David Ozora setelah puluhan hari di rumah sakit. Meski dirawat di rumah, Mellisa Anggarini memastikan standar pengawasan terhadap kondisi David Ozora tak lantas mengendur. Ruang ICU pindah ke rumah, itulah konsepnya.

"Pemberlakuan Homecare ini sama dgn ICU, yaitu Tim perawat 24 jam, okupasi terapi, fisioterapi, terapi wicara, bed standar RS, oksigen dan monitor EKG,” terang Mellisa Anggraini.

"Karena masih masuk penanganan HCU maka David masih akan dipantau secara ketat oleh Tim RS Mayapada. Kita doakan kondisi David terutama kemampuan kognitifnya semakin membaik,” sambungnya.

Baru sehari pulang, David Ozora ternyata malah kangen berat dengan perawat-perawat yang selama ini telah merawatnya di ICU. Hal itu diungkap oleh Ayah David, Jonathan Latumahina melalui cuitn di akun Twitternya. Jonathan mengunggah potret David yang tampak sedang duduk di ruang tunggu Rumah Sakit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


David Video Call dengan Tim ICU

David Ozora
Pengacara keluarga David Ozora menyebut tudingan bahwa kliennya yang koma berhari-hari melakukan pelecehan seksual terhadap AG adalah isu sampah. (Foto: Dok. Twitter @seeksixsuck)

"Nunggu jadwal kontrol di @RSMayapada yang perawatnya selalu dikangenin David," tulis Jonathan, dalam cuitan di akun Twitter @seeksixsuck, Senin (17/4/2023).

Untuk melepas rasa rindunya, David pun disebut melakukan video call dengan tim ICU yang selama ini telah merawatnya. "Pagi-pagi udah vidcall dengan tim ICU yang 2 bulan kemarin nemenin david. Terimakasih," lanjut Jonathan.

Dalam unggahan sebelumnya di hari yang sama, Jonathan menunjukkan putranya tengah berjemur menikmati sinar matahari pagi. Dalam foto yang diunggah Jonathan, terlihat David Ozora duduk di kursi roda sambil merentangkan kedua tangannya ke atas.

David duduk membelakangi arah datangnya sinar mentari. "Mentari pertama," tulis Jonathan. Informasi terkini mengenai kondisi David itu pun mendapat sambutan hangat warganet. Banyak dari mereka yang menyemangati korban penganiayaan oleh Mario Dandy Satriyo itu untuk segera pulih.

Kejadian unik dan menarik terjadi saat kepulangan David Ozora Latumahina ke rumah. Anak laki-laki Jonathan Latumahina ini dikawal rombongan motor gede alias moge sejak dari RS Mayapada hingga rumah.


Kondisi Terbaru David Ozora

David Ozora Latumahina (Foto: Twitter/@seeksixsuck)
David Ozora Latumahina (Foto: Twitter/@seeksixsuck)

Akun Alto Banditos, @AltoLuger kira-kira lima jam yang lalu menggunggah sebuah foto yang memperlihatkan rombongan moge berada di jalanan kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Ini terlihat dari tanda penunjuk jalan 'Hale Busway GOR Sumantri' yang ada di atas jembatan penyebrangan orang.

"Terima kasih Satudarah Maluku MC Yang mengawal David kembali ke rumah untuk melanjutkan pemulihan intensif," tulis akun @AltoLuger.

Dijelaskannya bahwa kondisi David Ozora Latumahina saat ini masih perlu terapi kognitif dan motorik untuk enam bulan ke depan karena masa kritisnya sudah terlalui. "Perlakuan homecare ini sama seperti ICU, yaitu: tim perawat 24 jam, kunjungan dokter, okupasi terapi, fisioterapi, terapi wicara, pemasangan bed standar perawatan RS, oksigen concentrate, dan monitor EKG," lanjutnya.

Di unggahan berikutnya, akun @AltoLuger menuliskan, "Selain Satudarah Maluku MC, Keluarga Besar Maluku Tenggara Raya (KB MTR) dan Angkatan Muda Kei (AMKEI) Juga selalu hadir dalam persidangan.".

"Komitmen dari saudara-saudaranya @seeksixsuck ini adalah terus mendapingi @MellisA_An selaku Pengacara Keluarga David dalam mengawal proses hukum sampai selesai," lanjutnya. Dari pantauan Liputan6.com pada Minggu malam, akun @seeksixsuck merespons kicauan ini dengan,"Lawamena Haulala."


Treatment untuk David Masih Panjang

Kejadian Tak Biasa Didapat David Ozora Saat Diperbolehkan Pulang ke Rumah. Korban Penganiayaan Mario Dandy Ini Dikawal Rombongan Motor Gede Alias Moge Sejak dari Rumah Sakit Mayapada Kuningan (twitter.com/AltoLuger)
Kejadian Tak Biasa Didapat David Ozora Saat Diperbolehkan Pulang ke Rumah. Korban Penganiayaan Mario Dandy Ini Dikawal Rombongan Motor Gede Alias Moge Sejak dari Rumah Sakit Mayapada Kuningan (twitter.com/AltoLuger)

Lebih lanjut Tatang, menjelaskan, meski David Ozora sudah diperbolehkan pulang ke rumah akan tetapi mesti harus menjalankan sebuah treatment.

"Walaupun sudah kita pulangkan hari ini, ini masih membutuhkan treatment yang cukup panjang. Karena dari sisi kognisi atau pikirannya, itu masih membutuhkan latihan dan masih membutuhkan pemulihan," ujar Tatang, melansir kanal Health Liputan6.com, Minggu, 16 April 2023.

"Dan motorik halusnya masih belum sepenuhnya membaik. Jadi, ini memang masih butuh treatment yang agak cukup panjang, sehingga dia masih pulih," tambahnya. Tatang memastikan bahwa untuk aktivitas yang sudah bisa dijalankan oleh David Ozora pasca penyembuhan dan perawatan yakni makan, minum, hingga bermain gawai.

"Nah berikutnya, itu dia sudah bisa lakukan aktovitas sehari-hari seperti makan, minum, main HP sudah bisa. Tetapi dari sisi kognisi, masih membutuhkan treatment yang masih butuh jangka waktu panjang. Sehingga, dia bisa pulih seperti sebelum terkena koma kemarin," katanya.

Infografis Kasus Covid-19 Melonjak, Rumah Sakit Terancam Kolaps. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kasus Covid-19 Melonjak, Rumah Sakit Terancam Kolaps. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya