Fakta Menarik Duty After School, Adaptasi Webtoon yang Endingnya Picu Kontroversi

Duty After School Part 2 yang dipenuhi dengan ketegangan ini mempunyai penggemar cukup besar di Indonesia sehingga banyak yang menantikannya, namun ada debat soal akhir ceritanya yang ganjil.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 25 Apr 2023, 16:02 WIB
Diterbitkan 25 Apr 2023, 16:02 WIB
Duty After School. (Instagram/ tving.official)
Duty After School. (Instagram/ tving.official)

Liputan6.com, Jakarta - Drama Korea Selatan Duty After School telah mendapat sambutan penonton sejak rilis bagian pertamanya Maret 2023 lalu. Saat ini, serial Duty After School melanjutkan kisahnya dengan bagian kedua yang akhir ceritanya memicu kontroversi.

Mengutip dari kanal Regional Liputan6.com, pada bagian pertama serial ini sempat berakhir dengan jalan cerita yang menggantung. Tapi dilanjutkan Duty After School Part 2 yang dipenuhi dengan ketegangan hingga memiliki penggemar cukup besar di Indonesia.

Penasaran dengan serial tersebut? Berikut fakta menarik Duty After School yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa (25/4/2023). 

1. Adaptasi dari Webtoon

Duty After School adalah serial yang diadaptasi dari Webtoon "Banggwa Hoo Jeonjaenhwaldong" karya Ha Il-Kwon. Drakor ini pun disutradarai oleh Sung Yong-Il dan tayang kembali di layanan streaming online TVING.

Di Indonesia, penayangan Duty After School bisa disaksikan di layanan streaming online VIU dan Vidio. Adapun untuk jadwal tayang part kedua tayang 22 April 2023. 

2. Beda Versi Webtoon dan Serial TV 

Secara garis besar antara Duty After School webtoon dan serial tv memiliki cerita yang sama. Namun terdapat perbedaan mencolok untuk ending dua versi tersebut.

Berbeda dengan versi drama Korea, webtoon Duty After School memperlihatkan karakter guru sampai akhir cerita. Pada versi ini, Kook Young Soo melecehkan Cha So Yeon di dalam hutan hingga ketahuan oleh Kwon Il Ha.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Pemeran Duty After School

Duty After School. (Instagram/studiodragon.official)
Duty After School. (Instagram/studiodragon.official)

Drama ini menampilakn deretan aktor muda yang sedang naik daun seperti Kim Ki Hae, Lee Yeon, Choi Moon Hee, Kim Min Chul, Moon Sang Min, Kim Su Gyeom, Kwon Eun Bin, dan masih banayk lainnya.

Berikut ini daftar lengkap pemeran Duty After School mengutip dari asianwiki, Selasa (25/4/2023):

1. Shin Hyun Soo sebagai Lee Choon Ho

2. Lee Soon Won sebagai Kim Won Bin

3. Shin Soo Hyun sebagai Cha So Yeon

4. Kim Soo Hee sebagai Lee Soon Yi

5. Kim Jung Lan sebagai Park So Yoon

6. Kwon Eun Bin sebagai Yeon Bo Ra

7. Shin Hye Ji sebagai Choi Yeon Joo

8. Yeo Joo Ha sebagai Kim Yoo Jung

9. Oh Se Eun sebagai Hong Joon Hee

10. Lee Yeon sebagai No Ae Seol

11. Choi Moon Hee sebagai Lee Na Ra

12. Hwang Se In sebagai Yoo Ha Na

13. Kim Ki Hae sebagai Kim Chi Yeol

14. Kim Su Gyeom sebagai Kwon Il Ha

15. Kim Min Chul sebagai Doo Soo Cheol

16. Moon Sang Min sebagai Wang Tae Man

17. Ahn Do Kyu sebagai Kook Young Soo

18. Woo Min Kyu sebagai Kim Deok Joong

19. Hong Sa Bin sebagai Woo Hee Rak

20. Yoon Jong Bin sebagai Jo Jang Soo

21. Ji Min Hyuk sebagai Jo Young Shin

 


4. Ending Picu Kontroversi

Duty After School. (Instagram/studiodragon.official)
Duty After School. (Instagram/studiodragon.official)

Mengutip dari laman Kbizoom, Selasa (25/4/2023), akhir cerita Duty After School cukup memicu kontroversi. Web-drama "Duty After School" mendapat reaksi beragam dari penonton karena endingnya.

"Duty After School" dimulai dengan kuat dengan pasukan siswa yang melawan alien, tetapi diakhiri dengan catatan yang membuat frustrasi pemirsa. Setelah berjuang melawan makhluk-makhluk itu, seluruh kelas dibantai oleh Yeong Soo (Ahn Do Kyu).

Alasan pembunuhan tanpa ampun ini adalah lantaran dia takut orang lain akan mengetahui tentang perilaku menyimpang yang dia lakukan saat So Yeon (Shin So Hyun) tak sadarkan diri. Satu-satunya saksi dari tindakan tersebut adalah Kwon Il Ha. Yeong Soo membuangnya dengan memukul Il Ha dengan batu dan melemparkannya ke laut.

Meskipun begitu, dia mulai menembaki kelas karena ketakutan yang terus-menerus bahwa orang lain akan mengetahui rahasianya. Pada akhirnya, Ae Seol menembak Yeong Soo dan hanya 3 siswa yang keluar hidup-hidup.


5. Sinopsis Duty After School Part 2

Sinopsis dan Link Nonton Duty After School
Nonton episode lengkap drama Korea Duty After School di Vidio. (Dok. Vidio)

Duty After School adalah drama korea yang menceritakan perjalanan para siswa dan siswi kelas 3 menengah atas yang harus ikut wajib militer. Namun, wajib militer ini dibuat secara khusus agar bisa berperang melawan makhluk aneh berbentuk bola yang muncul di langit.

Saat itu, makhluk-makhluk tersebut tidak mengancam manusia, tetapi tiba-tiba satu persatu bola aneh itu terjatuh ke bumi. Tidak berbentuk bola lagi kali ini malah memunculkan makhluk mengerikan yang menyerang manusia.

Alhasil, para siswa dan siswi yang wajib militer tersebut harus bisa melawan makhluk-makhluk tersebut dengan pelatihan yang sudah mereka lalui. Salah satu kelas yang saat ini muridnya masih bertahan adalah kelas 3-2 dan dipimpin oleh Lee Choon Ho (Shin Hyun Soo) dan Sersan Kim Won Bin (Lee Soon Won).

Selama 30 menit terakhir drama ini membuat pemirsa tidak bisa berkata apa-apa. Setelah kematiannya, para penyintas tidak dapat menjalani kehidupan normal. Kim Chi Yeol mengabaikan hal terpenting dalam hidupnya, karena trauma yang diakibatkannya.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya