Daun Rhubarb dan Keindahan Alam Nordik Jadi Inspirasi Koleksi Perabotan Rumah Tangga

Selain koleksi perabotan rumah tangga terbaru dari IKEA, motif daun rhubarb juga terdapat di tas Frakta yang ikonik.

oleh Henry diperbarui 14 Mei 2023, 13:00 WIB
Diterbitkan 14 Mei 2023, 13:00 WIB
IKEA berkolaborasi dengan Marimekko
IKEA berkolaborasi dengan Marimekko, foto: dok. IKEA Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Inspirasi bisa datang dari mana dan apa saja. Begitu pula dalam membuat perabotan rumah tangga. Salah satunya adalah daun rhubarb. Daun rhubarb punya ukuran besar dan banyak tumbuh di negara Finlandia.

Pola tersebut kemudian diaplikasikan kepada produk seperti bantal lantai, tirai shower, baki, handuk dan beberapa produk perabotan rumah tangga terbaru lainnya dari IKEA. Motif daun rhubarb juga terdapat di tas Frakta yang ikonik. Tas dengan penyimpanan besar tersebut dapat digunakan untuk menyimpan belanjaan atau pakaian.

Sementara untuk furnitur, IKEA menghadikan meja samping kayu, bangku dan rak yang penuh gaya. Koleksi ini menambah kesan estetik untuk menemani kesendirian pelepas penat usai beraktivitas dengan bersantai di rumah.

Dalam koleksi edisi terbatas yang diberi nama Bastua ini IKEA berkalaborasi dengan perusahaan desainer Finlandia yakni Marimekko. Koleksi ini juga terinspirasi dari alam, kebugaran, dan ritual perawatan diri khas Nordik.

Koleksi Bastua terdiri dari 26 produk dengan mengedepankan pola-pola yang tegas dan indah, yang menggambarkan alam dan lingkungan di sekitar sauna. Koleksi ini sudah tersedia secara eksklusif mulai 11 Mei 2023 hanya di toko IKEA Mal Taman Anggrek Jakarta, IKEA Kota Baru Parahyangan Bandung dan IKEA Surabaya.

"IKEA dan Marimekko adalah pasangan yang pas karena keduanya memiliki warisan Nordik dan visi untuk mencerminkan semangat ala Nordik yang kuat serta memberikan kesempatan untuk menjalankan hidup dengan sehat dan ceria," terang Cristina Camilli, Quality Control Advisor Marketing & Retail Design, IKEA Indonesia saat jumpa pers di IKEA Mall Taman Anggrek, Kamis, 11 Mei 2023.

 

 


Sauna ala Nordik

Daun Rhubarb dan Keindahan Alam Nordik Jad Inspirasi Koleksi Perabot Rumah Tangga
Daun Rhubarb dan Keindahan Alam Nordik Jad Inspirasi Koleksi Perabot Rumah Tangga.  (Liputan6.com/Henry)

"Kolaborasi dengan Marimekko ini merupakan pilihan dasar bagi IKEA karena sama-sama ingin mennciptakan kehidupan sehari-hari di rumah yang lebih baik,” tambahnya.

Nama Bastua sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah sauna di Småland, wilayah di Swedia Selatan tempat didirikannya IKEA. Kebugaran dan perawatan diri sendiri keduanya sangat penting bagi fisik dan emosional.

Ritual perawatan diri dan sauna ala Nordik adalah titik awal dari koleksi terbatas Bastua. Koleksi ini didesain untuk membantu kita melepas penat setelah beraktivitas seharian penuh, yakni dengan cara melakukan perawatan diri.

Kolaborasi ini merangkum sensasi musim panas dan keindahan alam Nordik yang sederhana dan estetis dalam perabot dan aksesori rumah. Ini pertama kalinya Marimekko merancang satu set motif spesial untuk sebuah kolaborasi, menjadikannya sangat unik. Produk-produk lain yang dapat digunakan untuk menemani kita saat menyantap camilan adalah sebuah bantal dudukan untuk bersantai di lantai. 


Koleksi Perabot Terbatas

Daun Rhubarb dan Keindahan Alam Nordik Jad Inspirasi Koleksi Perabot Rumah Tangga
Daun Rhubarb dan Keindahan Alam Nordik Jad Inspirasi Koleksi Perabot Rumah Tangga. (Liputan6.com/Henry)

Selain itu, kita juga bisa menyalakan lilin beraroma elderflower, rhubarb dan sweet vanilla. "Di masa sekarang ini, rumah merupakan tempat di mana kita dapat bekerja sekaligus bersantai, dan rangkaian koleksi terbatas Bastua dapat dengan mudah dinikmati sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari sekaligus untuk menciptakan suasana yang menyenangkan, setelah kita beraktivitas seharian." kata Cristina Camilli.

"Kita selalu berusaha untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang, dengan menawarkan rangkaian produk perabot rumah tangga yang fungsional, didesain dengan baik, dengan harga terjangkau," sambungnya.

Rhubarb yang jadi inspirasi koleksi terbaru IKEA memang masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun, tahukah Anda bahwa manfaat rhubarb bagi kesehatan tidaklah sedikit?

Tanaman ini sudah lama digunakan oleh masyarakat Tiongkok, Arab, dan Yunani sejak ribuan tahun lalu sebagai pengobatan berbagai penyakit. Rhubarb (Rheum rhabarbarum) adalah jenis sayuran yang tumbuh di daerah pegunungan dan beriklim sedang, seperti Asia Timur, Eropa, dan Amerika Utara.


Manfaat Tanaman Rhubarb

Rhubarb
Rhubarb (Rheum rhabarbarum). (Wikipedia/Creative Commons)

Siapa yang menyangka bahwa tanaman rhubarb dapat memangkas kanker. Menurut sebuah penelitian, tanaman yang memiliki polifenol itu memiliki kemampuan mencegah pertumbuhan sel kanker dan dapat digunakan untuk pegembangan toksik baru. Demikian laporan dalam jurnal Food Chemistry, baru-baru ini, mengutip kanal Health Liputan6.com.

Penelitian yang dilakukan Universitas Sheffield Hallam, Inggris, bersama Lembaga Penelitian Tanaman Skotlandia itu bertujuan untuk mengetahui manfaat dari tanaman hubarb. Para peneliti berharap, mereka menemukan kombinasi terbaik polifenol pada rhubarb dan kemoterapi yang dibutuhkan untuk membunuh sel-sel leukemia.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa rhubarb merupakan sumber potensial yang dapat digunakan untuk mengembangkan obat antikanker," kata Dr Nikki Yordania-Mahy, peneliti dari Universitas Sheffield Hallam.

ia menyambung, "Rhubarb terbukti memiliki beberapa polifenol yang memiliki sifat antikanker. Mengonsumsi tanaman itu akan sangat baik untuk Anda."

Sebelumnya, penelitian berfokus pada obat oriental rhubarb, yang telah diakui bermanfaat untuk kesehatan dan acap kali digunakan dalam pengobatan tradisional China selama ribuan tahun. Tanaman itu terbukti ampuh untuk mengatasi kasus-kasus kanker yang resisten terhadap pengobatan lain.

 

Infografis 8 Benda di Rumah Wajib Dibersihkan Cegah Penyebaran Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Infografis 8 Benda di Rumah Wajib Dibersihkan Cegah Penyebaran Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya