6 Potret Wisuda Anak-Anak Artis yang Tradisinya Diprotes Banyak Orangtua Siswa

Momen para anak artis menjalani wisuda sekolah jadi tampak kontras dengan para orangtua murid yang merasa biaya wisuda memberatkan mereka dan jadi ajang sekolah untuk mengomersialkan pendidikan.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 16 Jun 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 16 Jun 2023, 11:00 WIB
Wulan Guritno saat wisuda anaknya bersama mantan suami Adila Dimitri
Wulan Guritno saat wisuda anaknya bersama mantan suami Adila Dimitri. (Dok: Instagram @adiladimitri)

Liputan6.com, Jakarta - Orangtua murid memprotes tradisi wisuda di jenjang TK sampai SMA pada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, baru-baru ini. Namun, momen para anak artis menjalani wisuda sekolah jadi begitu kontras dengan para orangtua murid yang merasa biaya wisuda memberatkan mereka.

Sebelumnya, komplain tentang tradisi wisuda dikeluhkan seorang warganet di halaman Facebook Lahm Marbun. "Kembaikan wisuda hanya untuk yang lulus kuliah aja. TK, SD, SMP, SMA tidak perlu. Bikin pusing orangtua aja, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI," tulisnya, Selasa, 13 Juni 2023.

Unggahan serupa ikut dibagikan grup Facebook Dede Bayi pada 29 Mei 2023. "Kembalikan wisudah hanya untuk yang kuliah aja. TK, SD, SMP & SMA tidak perlu wisuda," tulis grup tersebut.

Unggahan itu didukung sebagian besar warganet, meski ada juga yang tetap mendukung wisuda untuk siswa TK, SD, SMP dan SMA. Meski ramai di lini masa, hingga kini Nadiem Makarim belum menanggapi keluhan tersebut. 

Di luar itu, momen anak-anak para artis yang wisuda menarik disimak. Tak lain karena peristiwa ini bisa jadi ajang orangtua mengapresiasi prestasi belajar sang anak, berikut yang dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (16/6/2023).

1. Alric, Anak Wulan Guritno dan Adila Dimitri

Potret pertama datang dari momen Alric, anak pasangan Wulan Guritno dan Adila Dimitri, wisuda. Meski sudah berpisah, baik Wulan maupun Adila tetap menghadiri wisuda anak mereka. 

Di akun Instagram pribadinya, Adila bahkan mengunggah momen tersebut dalam beberapa slide foto saat berpose dengan anaknya yang baru lulus SMP di Sampoerna Academy. Sementara, Wulan hanya mengunggah video ketika Alric naik ke podium, memakai toga ketika dipanggil gurunya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Safeea, Anak Mulan Jameela dan Ahmad Dhani

10 Gaya Artis Hadiri Wisuda Anak di 2023, Ussy Sulistiawaty hingga Wulan Guritno
Tweed blazer dan loose pants nuansa hijau mint jadi pilihan Mulan Jameela saat dampingi Safeea Ahmad yang baru lulus sekolah dasar. [Foto: IG/mulanjameela1].

Potret berikutnya adalah momen saat Mulan Jameela dan Ahmad Dhani menemani Safeea wisuda. "Bismillahirrahmanirrahim. Segala puji atas semua kebaikan Allah..Happy Graduation kesayangan kita semua..Kak Feea sayang..Semoga bermanfaat dan berkah ilmu yang didapat..Selamat menempuh jenjang pendidikan selanjutnya sayangkuuu lafyuuuu," tulis Mulan Jameela di akun Instagram-nya.

Teman sesama artis pun memberi selamat, salah satunya Meisya Siregar. "Yeaay Feaaa selamat ya sayang!! Nani satu sekolah ya sama @songlouisa_," tulisnya. 

10 Gaya Artis Hadiri Wisuda Anak di 2023, Ussy Sulistiawaty hingga Wulan Guritno
Aktris Amara Lingua tampil anggun kenakan ruffle dress saat hadiri acara kelulusan SMA putra sulungnya, Mahija. [Foto: IG/amaranggana].

3. Mahija, Anak Amara dan Francois Mohede Lingua

Tidak ketinggalan, ada Mahija anak Amara dan Francois Mohede Lingua. Meski hanya sendiri menemani putranya, Amara terlihat sangat bahagia karena Mahija lulus SMA. 

Tampak pada potret tersebut Mahija mengenakan setelan jas dan dikalungkan medali. Amara sendiri tampil sederhana dengan gaun midi ruffle, rambutnya yang panjang dikuncir ke belakang dan riasan wajahnya tampak tipis.

"Gak terasa udah lulus SMA. Selamat ya Mahija, usaha yang bikin bangga. Alhamdulilah terima kasih untuk para guru," tulis Amara sambil menandai akun SMA 8 Jakarta, tempat anaknya bersekolah.

 


4. Abigail, Anak Ririn Ekawati

10 Gaya Artis Hadiri Wisuda Anak di 2023, Ussy Sulistiawaty hingga Wulan Guritno
Di acara kelulusan putri kedua Abigail, Ririn Ekawati memilih floral dress nuansa oranye yang menawan. [Foto: IG/ririnekawati].

Selanjutnya ada wisuda Abigail, anak kedua Ririn Ekawati. Di Instagram, Ririn berbagi, "Bangga dengan gadis kecilku, sangat bersemangat, cepat sekali besar kamu ya nak. semoga masih mau peluk papa dan mama ya nak."

Ibnu Jamil tampak ikut menemani acara wisuda. Ia berpakaian semi formal dengan blazer, tapi tetap santai karena mengenakan sepatu sporty. Sementara Ririn tampil dengan gaun terusan longgar berwarna oranye yang cerah. 

10 Gaya Artis Hadiri Wisuda Anak di 2023, Ussy Sulistiawaty hingga Wulan Guritno
Bella Saphira membagikan potret wisuda anak sambungnya, Diandra yang baru lulus sekolah militer. Wanita 49 tahun itu tampil cantik kenakan kebaya brokat. [Foto: IG/bellasaphiraofficial].

5. Diandra, Anak Sambung Bella Saphira

Selanjutnya, ada momen saat Bella Saphira menghadiri acara wisuda anak sambungnya, Diandra. Putrinya yang bersekolah di SMA Taruna Nusantara, Magelang telah melakukan wisuda di sekolah militer tersebut.

"Lulus juga dari sekolah yang katanya sangat normatif. Pas mau pisah-pisahan sedih juga kan," tulisnya di keterangan foto. 

Tampak Bella memakai pakaian resmi kebaya ketika datang ke acara wisuda. Sementara suaminya juga tak kalah formal dengan setelan jas yang rapi. 


6. Nur Amalia, Anak Ussy Sulistiawaty

10 Gaya Artis Hadiri Wisuda Anak di 2023, Ussy Sulistiawaty hingga Wulan Guritno
Hadiri wisuda putri sulungnya Nur Amalia Putri, Ussy Sulistiawaty tampil cantik mengenakan kebaya pendek warna krem dipadukan kain batik merah. [Foto: IG/ussypratama].

Terakhir, ada potret saat Ussy Sulistiawaty dan Andika menghadiri wisuda putri sulung dari suami Ussy yang pertama. Nur Amalia Putri lulus kuliah S1 dari Universitas Bina Nusantara.

"Happy graduation kaakk.. alhamdulillah.. akhirnya mama papa bisa slalu dampingin kaka sampai kk lulus sekolah tahun ini.. mama tau smua ini ga mudah.. kaka sangat super kerja keras belajar biar bisa lulus skolah sesuai cita2 kk..nak.. perjalanan mu masih sangat panjang.. selamat melihat dunia lebih luas lagi dengan penuh tanggung jawab kak.. mama papa akan slalu ada buat kamu.. dimanapun.. kapanpun.. we love you sooooo muchhhhh NUR AMALIA PUTRI.. udah siap kan jadi calon dokter hewan masa depan??" tulis Ussy sangat bahagia dengan kelulusan putrinya, dikutip dari akun Instagram-nya.

Andika sebagai bapak sambung tampak ikut berfoto di momen wisuda Amalia. Ia memakai pakaian formal batik serasi dengan Ussy yang berkebaya. 

Infografis Sekolah Tak Lagi Seperti Dulu
Infografis Sekolah Tak Lagi Seperti Dulu (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya