Kata Pengamat Kerajaan Soal Hubungan Raja Charles III dan Pangeran Harry, Apakah Akan Membaik?

Retaknya hubungan Raja Charles III dengan Pangeran Harry menguak hampir satu tahun setelah kematian Ratu Elizabeth. Lantaran mendiang ratu sering kali mempertemukan keluarganya, keretakan Harry dengan para bangsawan tampaknya semakin lebar dari sebelumnya.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 10 Sep 2023, 02:20 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2023, 15:00 WIB
Raja Charles III, Putri Anne, Pangeran William dan Pangeran Harry di pemakaman Ratu Elizabeth II. (Hannah Mckay/Pool Photo via AP)
Raja Charles III, Putri Anne, Pangeran William dan Pangeran Harry di pemakaman Ratu Elizabeth II. (Hannah Mckay/Pool Photo via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Retaknya hubungan Raja Charles III dengan putranya Pangeran Harry menguak hampir satu tahun setelah kematian Ratu Elizabeth II. Lantaran mendiang ratu sering kali mempertemukan keluarganya, keretakan Pangeran Harry dengan para bangsawan tampaknya semakin lebar dari sebelumnya.

Mengutip dari laman People, Kamis (7/9/2023), isu perpecahan dalam keluarga muncul ketika Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, meninggalkan Inggris menuju AS pada 2020. Sejak saat itu hubungan mereka tetap tegang.

"Saya yakin ia (Raja) merindukannya. Harry menghibur, hangat dan juga sangat penyayang. Dan mereka memiliki hubungan yang baik," kata seorang sumber yang dekat dengan keluarga kerajaan kepada People dalam cerita sampul eksklusif minggu ini.

Raja Charles disebutkan condong ke arah gaya kepemimpinan keluarga yang penuh kasih sayang daripada gaya disiplin, tambah penulis biografi kerajaan dan penulis Queen of Our Times, Robert Hardman, yang menyiratkan harapan untuk masa depan. Jika dia ingin mencari jalan ke depan, raja berusia 74 tahun itu bisa melihat cara ibunya menegosiasikan skandal publik, pergolakan politik, dan drama keluarga selama 70 tahun pemerintahannya yang bersejarah.

"(Sang Ratu) berhasil melewati masa-masa sulit ini, dan itulah mengapa dia selalu dikagumi dan dicintai — karena dia membantu keluarganya," kata sumber yang dekat dengan keluarga kerajaan Inggris.

Sumber itu menyambung, "(Charles) harus menunjukkan bahwa dia bisa melakukan itu. "Ratu Elizabeth sangat penting (bagi Harry)," kata seorang teman kepada People. Peringatan kematiannya pasti akan menjadi perhatian utama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Ada Kemungkinan Bertemu

Pangeran harry
Pangeran Harry tidak mengenakan atribut formal dalam Penobatan Raja Charles III. (Dok. Twitter/@dior)

Ratu Elizabeth II meninggal di Kastil Balmoral pada usia 96 tahun pada 8 September 2022. Kemudian aksesi Raja Charles III memicu tahun perubahan bagi keluarga kerajaan.

Meskipun Pangeran Harry (38), berencana singgah di London untuk menghadiri penghargaan amal WellChild pada 7 September 2023 sebelum berangkat ke Invictus Games di Jerman, sumber mengatakan bahwa tidak ada kemungkinan untuk bertemu kembali dengan saudara laki-laki atau ayahnya dalam waktu dekat.

Pangeran William merasa dikhianati oleh klaim Harry dalam memoarnya, Spare, dan serial dokumenter Netflix Harry & Meghan. Tetapi dia mengungkapkan perasaannya secara pribadi, kata orang dalam. Sebuah sumber yang mengenal kedua bersaudara tersebut mengatakan bahwa drama publik sedikit mereda.

Baik dalam urusan pribadi maupun profesional, "ada kerugian yang sangat besar," kata seorang sumber yang dekat dengan keluarga kerajaan.  "Karena (Ratu) memainkan peran yang sangat penting dalam seluruh kehidupan mereka. Namun saya terkesan melihat betapa lancarnya segala sesuatunya berjalan mengingat semua kendala kecil yang ada di baliknya."


Keterasingan di Keluarga Kerajaan

Raja Charles III adalah pecinta pohon, ia pun punya taman yang mempesona di rumahnya: Highgrove.
Raja Charles III adalah pecinta pohon, ia pun punya taman yang mempesona di rumahnya: Highgrove. Dok: Instagram @highgrovegardens

Tentu saja, masalah terbesar adalah keterasingan Harry dan Meghan dari anggota keluarga kerajaan lainnya. Ratu Elizabeth, meskipun dia adalah seseorang yang memiliki "hubungan baik" dengan Harry, seperti yang dikatakan Hardman – bersikap keras terhadap Duke dan Duchess of Sussex ketika dia merasa harus bersikap demikian.

Ratu memutuskan bahwa mereka tidak bisa setengah-setengah, setengah-setengah. Keluarga kerajaan seperti yang mereka harapkan.

Mengenai cara kerajaan dalam melakukan sesuatu, “Tidak ada keluh kesah,” kata Hardman kepada People. "Ini seperti, 'Inilah pilihan Anda, dan bisakah kami mendapatkan jawabannya pada hari Jumat?'"

Di permukaan, Raja Charles III mengikuti rambu-rambu yang sama yang telah menghiasi jalan kerajaan selama beberapa dekade. Seiring dengan melanjutkan tradisi Balmoral tahunan, raja juga mengadakan Natal di Sandringham seperti yang dilakukan ibunya dan melanjutkan acara kerajaan seperti Trooping the Color dan upacara kuno Order of the Garter.

Dia dan Ratu Camilla berangkat ke Prancis pada 20 September 2023 untuk kunjungan kenegaraan. Meskipun hal itu mungkin tidak terdeteksi di bawah kemegahan dan arak-arakan, orang dalam mengatakan ada suasana berbeda pada acara kerajaan. 


Kekhawatiran Perdamaian Antara Raja Charles III dan Pangeran Harry

Pangeran Charles dan Pangeran Harry
Pangeran Charles dan Pangeran Harry. foto: MEGA (dok.Instagram @radaronline/https://www.instagram.com/p/CQg4HooMAeD/Henry)

Ratu Elizabeth, yang mencerminkan generasinya, menyapa masyarakat dari jarak jauh dan menggunakan sarung tangan, sementara Raja Charles mengambil pendekatan yang tidak terlalu formal.

“Kemampuannya untuk berinteraksi dengan semua orang merupakan nilai tambah yang nyata. Ini telah membuktikan bahwa dia adalah orang yang tepat untuk saat yang tepat,” kata penulis kerajaan Ingrid Seward secara eksklusif kepada ORANG. Sumber di istana menambahkan, “Dia selalu ramah terhadap orang-orang dan penasaran dengan kehidupan mereka.”

Sebelumnya sempat diberitakan bahwa Meghan Markle "khawatir" saudara iparnya, Kate Middleton akan ikut campur dalam dugaan pertemuan perdamaian Pangeran Harry dan Raja Charles III minggu depan, menurut sebuah laporan. Pangeran Harry diketahui akan tampil di acara amal tahunan WellChild di London, yang telah ia hadiri selama 15 tahun, pada 7 September 2023 sebelum terbang ke Jerman untuk menghadiri Invictus Games.

Melansir NY Post, Rabu, 30 Agustus 2023, Meghan diperkirakan tidak akan bergabung menghadiri pertemuan dengan Raja. Tetapi, istri Harry dikabarkan khawatir Putri Wales akan terlibat dalam pembicaraan tersebut, kata seorang sumber pada Heat Magazine.

 

[Bintang] Pewaris Kerajaan Inggris
Infografis pewaris Kerajaan Inggris. (DI: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya