Jadi Tempat Ternyaman 'Berlabuh dan Berkampung' Bersama Keluarga di Kota Tarakan

Sederhana namun tetap bermakna, Kota Tarakan memiliki sejumlah tempat yang dapat diandalkan warga pada umumnya dan keluarga pada khususnya, untuk sejenak rehat dari aktivitas, yaitu Taman Berlabuh dan Taman Berkampung.

oleh stella maris diperbarui 30 Nov 2023, 13:56 WIB
Diterbitkan 30 Nov 2023, 13:47 WIB
Taman Berkampung di Kota Tarakan.
Taman Berkampung di Kota Tarakan.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kota Tarakan berupaya menjadikan masyarakat di kotanya hidup lebih sejahtera. Beberapa upaya yang dilakukan Pemkot Tarakan yang berhasil direalisasikan, di antaranya mendukung para pelaku usaha hingga membenahi infrastruktur dan ruang publik, hingga hadirlah Taman Berlabuh dan Taman Berkampung. 

Dua tempat itu kini menjadi tempat paling nyaman bagi masyarakat di Kota Tarakan untuk libur kecil-kecilan bersama keluarga atau kerabat. Taman Berlabuh misalnya, menjadi spot paling nyaman untuk menikmati senja. 

Taman Berlabuh di Kota Tarakan.
Taman Berlabuh di Kota Tarakan.

Angin yang berhembus, spot untuk selfie, ditambah kudapan yang mengenyangkan tersedia di dalam area Taman Berlabuh. Tentunya deretan hal tersebut menjadi pendukung yang utama untuk menikmati senja. Sederhana namun tetap bermakna. 

Lalu ada Taman Berkampung yang selalu ramai dikunjungi masyarakat Kota Tarakan. Di malam hari, kawasan wisata berkampung menawarkan berbagai permainan untuk anak-anak dan lengkap dengan sajian kuliner yang dipastikan menggugah selera. Kebahagiaan anak dan keluarga dapat diabadikan di Taman Berkampung. 

Taman Berkampung di Kota Tarakan
Taman Berkampung di Kota Tarakan.

Jika di atas adalah gambaran dari masyarakat Kota Tarakan sebagai pengunjung, ada juga penuturan dari para pelaku usaha di Bumi Paguntaka. Erni misalnya yang berjualan di Taman Berlabuh yang mengaku sangat bersyukur dengan adanya kawasan wisata berlabuh. 

"Alhamdulilah program pemerintah (berjualan di area Taman Berlabuh) sangat berdampak langsung. Alhamdulillah, ramai dan lebih dari cukup karena sebelum dibangun taman ini, saya berjualan di pinggir jalan. Saya hampir menyerah karena dulu jualan nasi hanya laku 1-2 piring. Akhirnya dibangun taman ini, saya mulai semangat kembali dan pemasukan di sini lumayan ramai," kata Erni. 

Taman Berkampung di Kota Tarakan.
Taman Berkampung di Kota Tarakan.

Sama halnya dengan Fitria yang merantau dari Madura sejak 2022 bersama sang kakak ke Kota Tarakan. Fitria membantu sang kakak berjualan di area wisata berkampung. 

"Di sini saya hanya berdua dengan abang saya. Di sini saya betah, lingkungannya asyik dan di Taman Berkampung ini ada bermacam-macam camilan, ada permainan mobil-mobilan dan mainan anak-anak. Tempatnya luas banget. Pas waktu pandemi saya berjualan di luar lingkungan taman, tapi setelah pandemi, dibuat dengan luas di taman ini oleh pemerintah," kata Fitria. 

 

(*)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya