Pernah Dibersihkan Pandawara dan Warga, Pantai Teluk Labuan Pandeglang Kembali Dipenuhi Sampah

Pantai Teluk Labuan Pandeglang pernah dijuluki pantai terkotor di Indonesia dan sempat viral karena dibersihkan ramai-ramai oleh kelompok peduli lingkungan, Pandawa Group dan masyarakat.

oleh Henry diperbarui 23 Apr 2024, 06:30 WIB
Diterbitkan 23 Apr 2024, 06:30 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin, 22  April 2024
Menparekraf Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin, 22 April 2024.  (Liputan6.com/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi Pantai Teluk Labuan, Pandeglang, Banten kembali ramai dibahas di media sosial. Sayangnya, kali ini karena kondisi pantai yang memprihatinkan akibat kembali dipenuhi sampah.

Pantai yang pernah dijuluki pantai terkotor di Indonesia dan sempat viral karena dibersihkan ramai-ramai oleh kelompok peduli lingkungan, Pandawara Group dan masyarakat itu kini kondisinya kembali seperti semula.

Kabar ini menjadi ramai di media sosial setelah akun Instagram @infoPandeglang membagikan video terbaru yang menunjukkan kondisi Pantai Teluk Labuan yang kembali dipenuhi oleh sampah. Dalam video yang diunggah pada Minggu, 21 April 2024, terlihat tumpukan sampah terutama sampah plastik yang menumpuk di sepanjang bibir pantai.

"Masih ingat gak tahun lalu ramai dibicarakan sebagai pantai terkotor di Indonesia oleh Pandawara Group. Berikut situasi terkini di Pantai Teluk Labuan Pandeglang," tulis keterangan unggahan tersebut.

Reaksi dari warganet pun bermacam-macam. Banyak yang menyatakan keprihatinan mereka atas kondisi pantai yang kembali kotor meskipun telah dilakukan upaya pembersihan. Sejumlah warganet bahkan menyayangkan kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan pantai tersebut.

Kondiis itu pun tak lepas dari sorotan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Ini mungkin ada pengaruh cuaca dan lifestyle warga setempat. Untuk itu kami mengimba agar semua pihak baik pemerintah, pemda, masyarakat dan semua pihak menjaga kebersihan dan keindahan pantai Teluk Labuan ini," kata kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalan Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar secara hybrid di Jakarta, Senin (22/4/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menjaga Keindahan Pantai Teluk Labuan

Pernah Dibersihkan Pandawara dan Warga, Pantai Teluk Labuan Pandeglang Kembali Dipenuhi Sampah
Pernah Dibersihkan Pandawara dan Warga, Pantai Teluk Labuan Pandeglang Kembali Dipenuhi Sampah.  foto: (dok.Instagram @infopandeglang/https://www.instagram.com/p/C6AepMPSH9i/Henry)

 

"Mari kita beri apresiasi pada Pandawa Group yang telah berinisiatif dan memobilisasi para stakeholders termasuk masyarakat untuk membersihkan pantai dari timbunan sampah. Tapi tentunya kita tidak boleh hanya berharap pada Pandawara untuk membersihkan pantai, ini jadi tanggung jawab kita semua," tambahnya.

Sandiaga Uno berharap, semua pihak bisa menjaga keindahan pantai Teluk Labuan di Pandeglang. Keberadaan pantai Teluk Labuan awalnya diungkap oleh Pandawara Group melalui video mereka di media sosial.

Saat itu mereka prihatin dengan kondisi pantai yang dipenuhi dengan sampah. Saking banyaknya sampah, pamtai itu langsung disebut oleh warganet sebagai pantai terkotor di Indonesia.

Kondisi itu yang membuat Pandawara dan masyarakat yang peduli membersihkan sampah yang ada di pantai Teluk Labuan pada Selasa, 22 Mei 2023.Pantai itu kemudian bersih lagi dan membuat warga sekitar bahagia.

Saat itu, kondisi Pantai Teluk Labuan tampak berbeda drastis. Dari semula pantai penuh gundukan sampah hingga sebatas pundak manusia kemudian berubah terutama bibir pantai yang tampak bersih.

 


Tumpukan Sampah Plastik di Pantai

5 Potret Perbedaan Pantai Teluk Labuan Pandeglang Usai Dibersihkan Pandawara Group
Pantai terkotor di Indonesia berubah (Sumber: Instagram/pandawaragroup)

 

"Inilah perubahan kondisi pantai terburuk dan terkotor nomor satu Indonesia saat ini," ungkap salah satu anggota Pandawara dalam video yang dikutip pada Selasa, 13 Juni 2023.

Video melampirkan potongan-potongan gambar saat pantai itu belum dibersihkan. Pantai itu penuh dengan tumpukan sampah plastik yang beragam rupa, mulai dari kantong kresek hingga botol plastik sekali pakai.

"Dan alhamdulilah bisa dilihat kondisi sekarang sudah memakai paving block karena kondisi sebelumnya memang memprihatinkan ya," tambah anggota Pandawara yang lain.  Menurut mereka upaya yang telah dilakukan masyarakat dan pemerintah telah membuat Pantai Teluk Labuan jauh lebih baik.

Masyarakat setempat juga telah bisa melihat progresnya, meski masih sedikit ada sampah yang terlihat setidaknya mereka telah berusaha. "Karena untuk mencapai perubahan ke titik sempurna kita butuh waktu dan proses dan untuk biayanya cukup besar," sambung anggota Pandawara lainnya. Menurut mereka, perubahan yang ada saat ini memang belum mencapai titik sempurna.

 


Harapan Pandawara

5 Potret Perbedaan Pantai Teluk Labuan Pandeglang Usai Dibersihkan Pandawara Group
Pantai terkotor di Indonesia berubah (Sumber: Instagram/pandawaragroup)

 

Dengan pantai yang bersih tak hanya lingkungan menjadi sehat, pantai terlihat lebih indah sehingga bisa dijadikan tempat wisata. Bahkan jika bisa mendatangkan wisatawan, tempat tersebut bisa menciptakan ekonomi kreatif bagi masyarakat. Pandawara Group pun berharap Pantai Teluk Labuan bisa menjadi pantai dengan perubahan terbaik di Indonesia.

Aksi yang dilakukan Pandawara Group tak lepas dari pujian warganet. Mereka tak menyangka dari aksi tersebut menyulap pantai yang tadinya sangat kotor menjadi jauh lebih indah.

"Keren banget! Ga fokus nyari siapa yang salah tapi langsung ngajak kerja bersama. Berkah selalu untuk semua yang terlibat," tulis seorang warganet.

"Yang kusuka dari tim ini, mereka nggak pernah memojokkan/menyalahkan orang lain. Menyampaikan ajakan dengan baik, bahasanya baik, dan ekspresi muka yang selalu tersenyum/ceria. Best team! salu!," sambung warganet lainnya.

Sayangnya, setelah hampir setahun dari aksi positif itu, unggahan di media sosial kini menginformasikan kondisi pantai yang kembali dipenuhi sampah.

Bahaya Sampah Plastik di Laut
Infografis bahaya sampah plastik di laut. (dok. TKN PSL)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya